5 Aplikasi Hotspot Terbaik untuk Membangun Jaringan Wifi dari Laptop/PC

Dalam kehidupan manusia dewasa ini segala aktifitasnya tak bisa dipisahkan dari internet. Kebanyakan orang memerlukan akses internet untuk berbagai keperluan mulai dari mencari informasi untuk anak sekolah, mengerjakan tugas kantor, menikmati hiburan atau sekedar bersosialisasi di jejaring sosial. Salah satu sumber akses internet yang banyak dijumpai adalah WiFi. Menggunakan akses WiFi, pengguna bisa selalu terkoneksi ke internet. Makin banyak area umum yang kini dilengkapi fasilitas Wifi publik yang gratis untuk digunakan.

Bila di rumah belum tersedia fasilitas Wifi, Anda bisa membuatnya sendiri hanya dari laptop atau komputer. Tak sesulit membuat jaringan ethernet di rumah, Anda hanya membutuhkan aplikasi hotspot terbaik untuk mewujudkannya. Aplikasi hotspot untuk laptop atau PC akan memudahkan Anda menciptakan hotspot di rumah tanpa ribet. Meski ada banyak aplikasi hotspot untuk PC yang tersedia namun Anda sebaiknya mempertimbangkan rekomendasinya berikut ini :



1. Connectify

Connectify menjadi pilihan pertama aplikasi yang dapat Anda jalankan di komputer atau laptop tanpa kesulitasn. Dengan tampilan antar muka yang simpel yang akan memudahkan pengguna yang ingin membuat sebuah titik hotspot di rumah tanpa bantuan orang lain. Fitur yang dimiliki Connectify ada banyak diantaranya bisa mengkoneksikan internet via kabel atau modem di jaringan 3G maupun 4G. Pengguna pun bisa membuat konfigurasi SSID Hotspot sehingga hanya mereka yang memiliki password saja yang bisa mengaksesnya. Aplikasi Connectify dapat digunakan secara gratis namun cuma untuk memancarkan WiFi dalam waktu setengah jam saja. Sementara Connectify yang versi berbayar bisa dipakai pengguna selamanya. Untuk menggunakan Connectify silahkan mengunduh aplikasinya dari situs resminya di http://connectify.me/.

2. MaryFi

Inilah aplikasi hotspot terbaik yang datang dengan ukuran file yang kecil sehingga tak akan membebani kinerja PC atau laptop Anda. Aplikasi Maryfi menawarkan fitur untuk membangun jaringan WiFi di PC atau laptop. Kelebihannya bukan hanya itu, MaryFi pun handal untuk fungsi repeater atau meningkatkan kekuatan sinyal jaringan WiFi di area yang lemah penerimaannya. Dengan Maryfi pun pengguna bisa mengatur dan memilih perangkat apa saja yang boleh terkoneksi ke jaringan WiFi dengan tujuan membatasi penggunaan bandwidth sekaligus juga keamanan jaringan. Segera saja unduh MaryFi untuk mencobanya dengan mengikuti tautan berikut ini http://www.maryfi.com/download.php.

3. Baidu WiFi Hotspot

Sebuah aplikasi buatan raksasa search engine asal China yang cukup mudah digunakan membangun jaringan WiFi sendiri dari komputer / laptop. Aplikasi Baidu WiFi Hotspot cukup lengkap dalam hal fitur misalnya fitur untuk memindai adapter WiFi secara otomatis, track table, blacklist, dan freeware. Mengaktifkan fitur blacklist maka pengguna bisa menentukan perangkat yang boleh dan tak boleh tersambung ke jaringan WiFi yang dibuat. Aplikasi yang berjalan di komputer dengan OS Windows ini bisa diunduh di situs resmi mereka secara gratis di http://www.pcfaster.com/en/lp/wifiPopularize.php?from=nav

4. MyPublicWiFi

MyPublicWiFi juga termasuk freeware atau aplikasi gratis dengan fungsi membuat sebuah jaringan hotspot dari komputer atau laptop. MyPublicWiFi menghadirkan interface yang terlihat sederhana yang gampang dipahami penggunanya. Selain fungsi hotspot, software ini pun memiliki fitur firewall yang mana pengguna dapat mengatur perangkat yang dapat tersambung ke jaringan WiFi dan mana yang tidak. Pengguna pun dapat melihat aktifitas pemakai jaringan wifi dalam hal ini situs yang dikunjungi. MyPublicWiFi tersedia untuk didownload dari tautan berikut http://www.mypublicwifi.com/publicwifi/en/index.html.

5. Sevengate

Pilihan terakhir aplikasi hotspot terbaik untuk komputer atau laptop yang tersedia gratis. Sevengate adalah sebuah aplikasi yang cukup hebat untuk digunakan membangun jaringan WiFi sederhana sendiri di rumah. Menggunakan software ini, Anda dapat berbagi file, membentuk private network dan juga membangun LAN Game. Sevengate datang bebas dari background service yang biasanya akan memberatkan kerja memori di laptop/komputer. Data dan file yang tersimpan di komputer pun akan tetap aman. Ingin mencoba Sevengate? Anda bisa mengunduhnya dari sini https://archive.codeplex.com/?p=seventhgate.

Belajar membuat jaringan Wifi sendiri secara sederhana menggunakan komputer atau laptop di rumah sebaiknya memang dikuasai. Prosesnya tak rumit sebagaimana membuat jaringan Wifi profesional. Yang anda butuhkan hanya aplikasi hotspot yang sesuai. Anda bisa memilih salah satu aplikasi hotspot terbaik di atas untuk memulainya.