Membahas 7 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Laptop

Kendati tak begitu penting, akan tetapi fitur kamera atau webcam akan membuat laptop menjadi multifungsi. Kebanyakan laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur kamera webcam. Untuk resolusi kamera akan sangat tergantung dari harga laptop tersebut. Sensor kamera di sebuah laptop membawa beberapa fungsi mulai dari memotret, mengabadikan video, dan yang sering dilakukan pengguna adalah video calling lewat aplikasi semacam Skype.

Setiap laptop dengan kamera biasanya sudah dilengkapi aplikasi bawaan. Hanya saja kemampuan aplikasi tersebut biasanya sangat terbatas dan minim fitur. Di samping itu hasil foto dan video yang dibuatnya pun pas-pasan. Karena itu penting mengganti aplikasi bawaan dengan aplikasi kamera untuk laptop terbaik berikut ini :



1. Free Screencast

Adalah aplikasi kamera laptop gratis yang bisa mengambil rekaman video lengkap dengan suara. Video yang dihasilkan pun bisa dalam berbagai format video populer seperti AVI, WMV, MKV, FLV, MP4, MPG, dan banyak lagi. Software yang satu ini pun bisa mengambil gambar seraya merekam video kemudian disimpan dengan format JPG atau BMP. Free Screencast pun memiliki kemampuan merekam aktifitas layar. Fungsi tersebut digunakan saat pengguna hendak membuat video tutorial. Dapatkan aplikasinya dengan mengunjungi situs resmi Free Screencast di http://www.free-screencast.com/.

2. YouCam

Program yang berjalan di laptop dengan sistem operasi Windows ini menawarkan berbagai fitur menarik. Misalnya saja menyediakan 200 efek untuk hasil pemotretan yang unik dan menarik. Kemudian ada fitur HDR dan panorama untuk memproduksi foto dengan kualitas terbaik dengan detil yang terlihat nyata. Di samping untuk keperluan foto selfie, YouCam pun bisa berfungsi untuk merekam video. YouCam bisa diunduh dari link berikut https://filehippo.com/download_youcam/.

3. ManyCam

Software kamera untuk laptop ini sangat menarik dengan menawarkan berbagai alat untuk mengolah dan menambahkan gambar-gambar sticker ke foto. Di samping untuk keperluan memotret, ManyCam pun handal untuk merekam video dengan pilihan resolusi dari 240p, 480p, HD, dan Full HD. ManyCam bisa didapatkan di https://download.manycam.com/.

4. Apowersoft Free Screen Recorder

Satu lagi aplikasi kamera di laptop yang layak untuk digunakan, Apowersoft Free Screen Recorder. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam aktifitas layar atau membuat video dengan format WMV. Pengguna bisa memilih resolusi yang diinginkan sebelum perekaman dimulai. Berbagai format foto atau gambar yang didukung aplikasi ini diantaranya JPG, BMP, PNG, GIF, TIFF, dan masih banyak lagi. Unduh Apowersoft Free Screen Recorder di http://download.cnet.com/Apowersoft-Free-Screen-Recorder/3000-13633_4-75959899.html.

5. Free2X Webcam Recorder

Kecuali untuk memotret, program ini pun memiliki kemampuan merekam video dalam format WMV atau AVI. Tersedia pula menu file manager sebagai pengganti Windows Explorer sehingga pengguna lebih mudah mengelola file foto atau video yang dihasilkan dari aplikasi ini. Fitur lainnya adalah merekam video secara terjadwal yang akan merekam video secara otomatis sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Pengguna bisa melakukan penyetelan kecerahan, kontras, saturasi, ketajaman, gamma, dan sebagainya agar foto yang dihasilkan menjadi lebih cemerlang.  Aplikasi ini bisa didownload di http://download.cnet.com/Free2X-Webcam-Recorder/3000-13633_4-76103687.html.

6. Multi Webcam Video Recorder Free

Multi Webcam Video Recorder Free bisa digunakan untuk merekam video secara bersamaan dari beberapa webcam yang terkoneksi ke laptop. Video-video tadi selanjutnya bisa disimpan menggunakan nama file berbeda. Sembari merekam video pengguna pun bisa memotret snapshot video cukup dengan klik kanan jendela video yang diinginkan kemudian jepret.. Foto snapshot tadi lalu disimpan menggunakan format JPG atau BMP.

7. Weeny Free Video Recorder

Aplikasi kamera di laptop ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga tak akan menyulitkan untuk mengoperasikannya. Aplikasi ini akan merekam video berformat ASF atau WMP lalu disimpan dalam folder yang sama dimana file instalasi diletakkan. Pengguna bisa menghentikan perekaman video hanya dengan menekan tombol ‘End’ di keyboard. Aplikasi yang cukup berguna ini bisa didownload dengan mengunjungi situs resminya di https://www.weenysoft.com/free-video-recorder.html.

Aktifitas mengambil gambar atau merekam video di laptop bisa sangat menyenangkan bila kita menggunakan aplikasi kamera yang handal. Pilihan aplikasi kamera untuk laptop sebagaimana diuraikan di atas sudah mampu memenuhi kebutuhan mengambil foto, merekam video, dan juga merekam aktifitas layar. Pilih salah satunya dan instal di laptop Anda. Selamat mencoba!