Rekomendasi 5 Software Presentasi Terbaik Pengganti Powerpoint

Selama ini software yang sering digunakan kebanyakan orang untuk membuat file presentasi adalah Powerpoint. Program buatan Microsoft itu memang sudah tak diragukan lagi kehandalannya dalam menghadirkan file presentasi yang cantik dan interaktif. Anda mungkin juga salah satu yang sering menggunakannya. Jangan terlalu mengandalkan Powerpoint sebab ternyata ada banyak program sejenis yang juga hebat untuk menampilkan presentasi. Software apa saja yang dapat digunakan untuk membuat presentasi selain Powerpoint?



1. Emaze

Adalah tool pembuat presentasi yang cukup simpel berbasis HTML5 yang dapat bekerja dari browser dan bermacam perangkat tak terkecuali Chromebook atau tablet lainnya. Emaze dibuat bagi para pengguna yang hendak menyiapkan presentasi dalam waktu cepat.  Cuma beberapa menit saja sebuah file presentasi sudah bisa dibuat dengan Emaze. Software presentasi ini menyediakan template 2D dan 3D yang terlihat sangat profesional. Bahkan Emaze pun memiliki kemampuan membuat presentasi berformat video. Hasil presentasi dapat dibuka secara online sebab Emaze memang berbasis Cloud yang cukup mudah digunakan. Buat presentasi pertama anda menggunakan Emaza dengan mengaksesnya di https://www.emaze.com/.

2. Prezi

Prezi juga sebuah program yang dapat digunakan membuat, mengedit, dan melihat file presentasi menggunakan perangkat apa saja. Seluruh file presentasi yang selesai dibuat otomatis disimpan di Cloud. Namun begitu Prezi pun dapat berjalan sebagai sebuah program standalone. Prezi menawarkan tool penyunting gambar yang canggih, dan bahkan pengguna pun bisa membuat file presentasi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Sangat cocok digunakan kalangan mahasiswa, dosen, staf kantor maupun pembicara. Prezi bisa digunakan dengan mengakses link berikut https://prezi.com/.

3. Keynote

Keynote adalah aplikasi bawaan dari PC bersistem operasi Mac buatan Apple. Software Keynote cukup inovatif sekaligus juga intuitif. Keynote menawarkan berbagai fitur seperti kemudahan membuat grafik interaktif, melengkapinya dengan refleksi, ataupun menambahkan frame ke gambar. Keynote pun memiliki 30 efek sinematik yang bisa diterapkan ke tulisan maupun gambar dengan penggunaan yang mudah. Pengguna bisa menyunting untuk kemudian menampilkan hasilnya dari iPhone maupun iPad. Untuk pengguna selain Mac, program Keynote tidak gratis, harga lisensinya sebesar 19,99 $ untuk penggunaan selamanya yang bisa didapatkan di https://itunes.apple.com/id/app/keynote/id409183694?mt=12&ls=1.

4. LibreOffice

Pilihan lain software keren yang dapat dijalankan via online untuk membuat file presentasi lengkap dan interaktif. LibreOffice menyajikan berbagai fitur dan tool menarik yang akan menjadikan penyajian presentasi tak monoton. Dukungan pengembang pun terlihat total dengan seringnya diberikan upgrade fitur-fitur terbaru yang sangat menarik dan canggih misalnya saja fitur ePUB Export File.  LibreOffice pun bisa berjalan dengan file Spreadsheet untuk presentasi yang membutuhkan tabel angka yang detil. Langsung saja masuk ke website resmi LibreOffice di https://www.libreoffice.org/discover/new-features/.

5. Slidedog

Adakalanya pengguna kesulitan ketika beralih dari slide ke video player atau ke file PDF.  Menggunakan Slidedog ini pengguna bisa dengan mudah berganti-ganti jenis file saat presentasi di hadapan banyak orang. Slidedog merupakan platform presentasi multimedia yang memungkinkan pengguna berpresentasi dengan lebih baik dan lebih informatif. Di sini pengguna bisa menggabungkan slide Powerpoint, file video, presentasi Prezi, file PDF, maupun halaman web dengan sangat mudah. Unduh program presentasi smart yang satu ini dengan mengunjungi link berikut http://slidedog.com/.

6. Zoho Show

Sebuah layanan online untuk membuat dan menyajikan presentasi secara mudah dan cepat. Zoho Show adalah aplikasi online yang memungkinkan pengguna membuat dan mengakses presentasi melalui browser atau handset yang tersambung ke internet. Menggunakan Zoho Show ini pengguna dapat dengan mudah menambahkan file animasi yang eye-catching dan terlihat sangat keren. Pengguna pun diberikan kemudahan saat akan melakukan impor file berformat .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .odp, dan .sxi. Layanan yang satu ini pun memfasilitasi penggunanya untuk bisa bekerjasama dengan pengguna lain. Malah orang lain pun dapat memberikan komentar dari presentasi yang dibuat. Tertarik dengan layanan yang satu ini? Cek situs resminya di https://www.zoho.com/docs/login.html#serviceurl=/show/new.

Membuat audiens terkesima dan paham dengan presentasi yang anda berikan kini bisa dilakukan dengan mudah. Jangan hanya terpaku dengan program Powerpoint dari Microsoft, rekomendasi 5 software presentasi di atas bisa anda andalkan untuk membuat presentasi yang keren, interaktif sekaligus mudah.