10 Tips Cara Merawat Kamera DSLR

Punya kamera DSLR artinya kita mesti paham cara merawatnya. Kamera berteknologi canggih ini pun perlu penanganan khusus sehingga bagian lensa terutama akan tetap bersih. Perawatan kamera DSLR pun diambil agar kamera memiliki umur pakai yang lama. Cara merawat kamera DSLR yang benar harus dipelajari sehingga tak terjadi salah penanganan. Ayo, ketahui prosedur merawat kamera DSLR berikut ini.



1. Rawat lensa agar selalu bersih

Bahkan pada saat tak dipakai, lensa kamera DSLR tetap harus dalam posisi bersih. Paling gampang adalah menggunakan cleaning kit. Namun tidak boleh menyemprotkan cairan langsung ke lensa, semprotkan ke lap yang tersedia di cleaning kit secukupnya, kemudian usapkan ke kaca lensa. Tetap memasang lens cover saat kamera tak dipakai. Lens cover akan menjaga bagian lensa dari paparan debu dan juga noda jari penggunanya dan juga benturan.

2. Jangan sampai kena air

Kendati kamera DSLR dinyatakan tahan air dan juga tahan udara lembab namun sebisanya dijaga agar kamera tak terkena air. Kamera DSLR cukup sensitif dengan air sebab dapat merusak modul yang ada di dalamnya. Di samping itu, air pun dapat mengakibatkan embun pada lensa.

3. Selalu gunakan tas bawaan

Pakai tas bawaan yang biasanya disertakan saat pembelian kamera DSLR. Tas khusus ini sudah terpasang pad lembut di bagian dalam yang akan melindungi kamera dari  benturan dan goncangan. Tas ini pun memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan lensa, filter, charger dan komponen lain. Jangan membawa menggunakan tas biasa sebab memang tak dirancang untuk kamera DSLR.

4. Pasang pelindung untuk layar

Sebagaimana smartphone, cara merawat kamera DSLR untuk komponen LCD yaitu dengan menambahkan pelindung sehingga aman dari goresan maupun noda sidik jari dan juga air atau debu. Pelindung layar ini murah namun sering dilupakan kebanyakan fotografer.

5. Bodi kamera harus selalu bersih

Upayakan membersihkan bodi kamera menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih lekas kering dengan sedikit kadar air. Sekarang pun telah banyak dijual cairan pembersih khusus pembersih bodi kamera. Semprotkan cairan khusus itu di kain lembut, kemudian gosok perlahan ke setiap bagian bodi kamera. Pastikan juga membersihkan karet ring zoom dan ring fokus yang sering terlewatkan.

6. Pasang UV filter

Pasang UV filter untuk lensa sebab langkah ini sangatlah penting. UV filter yang menutupi lensa tak akan menurunkan kualitas foto yang dihasilkan. Lapisan filter ini akan menurunkan efek negatif sinar UV pada lensa. Di samping itu adanya lapisan itu pun akan melindunginya dari debu dan kotoran.

7. Pasang Lens Hood

Lens hood berfungsi menghambat cahaya berlebihan mengenai sensor sebab bila itu terus terjadi maka lama-kelamaan akan menurunkan sensitivitas sensor. Harga Lens Hood tak mahal namun memiliki fungsi yang cukup penting.

8. Cek baterai

Baterai bawaan normalnya mempunyai umur kurang-lebih 500 kali siklus charging. Bila itu terlampaui maka kerja baterai akan menurun dan sebaiknya diganti dengan yang baru.
Cara merawat kamera DSLR supaya baterai selalu awet yaitu tak membiarkannya berada dalam tempat yang panas hingga 43 derajat Celcius. Pastikan untuk mengecas baterai bila kamera tak digunakan dalam waktu lama.

9. Pakai strap ketika menjepret

Pastikan untuk selalu mengenakan shoulder strap ketika mengambil foto di mana saja. Tali tersebut bertindak untuk menggantungkan kamera ke leher ketika memotret. Langkah ini untuk antisipasi supaya kamera tak jatuh yang menyebabkannya menjadi rusak. Harga shoulder strap ini pun sangat terjangkau dengan fungsi yang sangat penting.

10. Gunakan Dry Box

Dry box bakal mengamankan kamera dari naik turunnya suhu luar. Kotak penyimpanan kamera ini akan menjaga kamera supaya selalu kering sebab kelembaban akan merusak modul di dalam kamera. Dry box pun berguna untuk menjaga kamera DSLR supaya tak ditumbuhi jamur utamanya di komponen lensa.

Kini Anda sudah paham cara merawat kamera DSLR supaya selalu bersih dan awet. Merawat kamera DSLR boleh dikatakan tak susah, namun yang seringnya diabaikan oleh pemilik.