Cara Menghapus Semua Foto di Facebook

Foto Facebook mudah dibagikan kepada dunia termasuk juga milik Anda. Pengguna bahkan dapat membuat album tanpa batas hingga dua ratus foto di masing-masing album. Namun mungkin akan tiba suatu hari di mana Anda perlu menghapus sebagian besar, atau semua foto Anda. Meskipun Facebook tidak menawarkan tombol satu klik hapus namun tetap ada cara praktis untuk menghapus gambar Facebook Anda secepat mungkin.



Dalam artikel berikut ini kita akan membahas cara menghapus semua foto di Facebook dengan cepat dan tanpa ribet. Anda yang memiliki akun Facebook dan berencana ingin menghapus semua foto di dalamnya karena alasa privasi, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Nonaktifkan akun Anda

Opsi pertama yang satu ini jelas merupakan cara tercepat untuk menghapus foto di Facebook meski dengan resiko yang besar: Anda akan menghilang dari Facebook bersama dengan semua foto Anda. Profil, timeline, dan foto Anda sebenarnya masih ada sebab sistem Facebook menyimpannya dengan harapan Anda akan mengaktifkan kembali akun Anda. Namun jika Anda tetap memilih metode ini, semua foto di Facebook akan terhapus selamanya. Langkah yang harus dilakukan, klik pada Pengaturan Akun dari menu drop down di kanan atas timeline Anda. Dari sana, pilih tab Keamanan di sebelah kiri (di bawah Umum) dan kemudian Nonaktifkan akun Anda. Pada halaman berikutnya, Facebook menawarkan satu pertanyaan survei tentang mengapa Anda ingin keluar, di mana Anda akan melihat tombol Konfirmasi atau Batalkan. Klik Konfirmasi dan akun anda beserta seluruh foto akan hilang.

2. Menghapus album

Jika Anda lebih suka pendekatan yang tidak terlalu drastis untuk menghapus foto di Facebook dengan cepat dan efisien, pilihan terbaik Anda adalah menghapus Album. Setelah menavigasi ke Foto Anda (ditemukan di timeline, di bawah foto sampul Anda), Anda memiliki tiga opsi: Foto Anda, Foto, dan Album. Pilih Album untuk memunculkan daftar thumbnail dari semua album foto Anda. Kemudian klik pada album tertentu yang ingin Anda hapus. Pada halaman berikutnya, klik pada widget bundar dengan menu pull-down, dan pilih Hapus Album. Ulangi untuk setiap album yang ingin Anda hapus dan, segera, foto Anda akan hilang dari Facebook selamanya kecuali Anda memilih untuk memuatnya kembali di masa mendatang.

3. Menghapus gambar profil dan foto sampul

Dua album yang tidak dapat Anda hapus seperti dijelaskan di atas adalah Gambar Profil dan Foto Sampul. Untuk menghapusnya, Anda harus melakukannya secara individual. Pertama, pilih Gambar Profil atau album Foto Sampul, kemudian arahkan mouse ke foto yang ingin Anda hapus dan klik pensil kecil, yang menampilkan menu pull-down yang cukup familiar. Pilih Hapus Foto Ini, lalu ulangi langkah-langkah tersebut untuk setiap foto di Gambar Profil Anda dan / atau album Foto Sampul.

4. Menghapus gambar yang di-tag

Ketika seseorang memposting gambar dan menandai (tag) Anda di dalamnya, Facebook menautkan foto tersebut ke timeline Anda agar orang lain bisa melihatnya. Anda mungkin tidak ingin memiliki kaitan dengannya, tetapi karena Anda tidak mengunggah gambar, Anda tidak dapat menghapusnya (atau foto orang lain dalam hal ini). Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah melepaskan diri (untag) dari tautan gambar tersebut. Arahkan ke Foto Anda (tepat di bawah Foto Sampul Anda di timeline), pilih Foto Anda untuk menemukan foto yang Anda inginkan tidak ditandai (untag), dan tahan mouse Anda di atasnya. Pilih pensil kecil dan kemudian, dari menu pull-down, pilih Laporkan / Hapus Tag. Pada layar berikutnya, Anda akan memiliki pilihan untuk : I want to untag myself atau I want the photo taken down, which will generate a message to the person who posted the pictures atau saya ingin untag sendiri atau saya ingin foto diambil dengan mengirimkan pesan kepada orang yang memposting gambar (Anda juga bisa menanyakannya sendiri). Ada juga opsi untuk memberi tahu Facebook jika foto ini adalah Kekayaan Intelektual Anda (Intellectual Property).