5 Terbaik Aplikasi Menyetel Senar Gitar untuk Android

Perlu menyetel senar gitar dan Anda ingin melakukannya secara akurat? Jika Anda memiliki ponsel Android dan aplikasi menyetel senar gitar berikut pasti akan sangat membantu. Para pemain gitar handal tentu memiliki solusi penyetelan terpercaya lainnya seperti penyetel clip-on tetapi bagi pemula, aplikasi menyetel senar gitar berikut ini akan sangat berguna. Aplikasi ini pun bermanfaat dalam situasi di mana pemain tidak punya penyetel atau sedang memainkan gitar orang lain.



Sebelum menggunakan aplikasi untuk menyetel, cabut senar yang suaranya kurang pas agar mikrofon ponsel Anda dapat menangkap suaranya. Jika Anda memainkan gitar listrik, bahkan jika Anda tidak terhubung ke amplifier, pegang mikrofon dekat dengan senar dan ini sudah cukup. Berikut 5 aplikasi penyetel senar gitar untuk perangkat Android :

1. Tune Your Guitar

Tune Your Guitar adalah aplikasi sederhana yang memudahkan Anda menyetel dengan cepat di tuning E-A-D-G-B-E standar menggunakan pendengaran telinga. Cukup tekan tombol di bagian bawah layar yang sesuai dengan string yang ingin Anda tune dan aplikasi akan memutar ulang frekuensi suara yang sesuai. Anda juga dapat menekan tombol loop untuk menjaga suara tetap berjalan untuk senar apa pun sampai Anda merasa pas sepenuhnya. Cukup banyak yang ada pada aplikasi ini sesuai dengan tujuannya. Unduh aplikasinya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tormentamusical.TuneYourGuitar.

2. T4A Guitar Tuner

T4A Guitar Tuner memudahkan Anda untuk menyetel gitar dengan antarmuka yang mudah dibedakan dan dinavigasi. Anda dapat mengatur aplikasi ke penyetelan otomatis atau menyetel setiap senar secara manual. Dalam mode manual, aplikasi hanya akan mendengarkan not tertentu yang Anda pilih dan akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan senar yang sesuai. T4A akan memberi tahu Anda frekuensi string yang sedang Anda setel bergetar dan akan menerjemahkannya menjadi seberapa 'tajam' atau 'datar' nada tersebut.
Secara keseluruhan T4A menawarkan set fitur yang memadai dan merupakan alat yang hebat untuk menyetem gitar Anda. Unduh aplikasinya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.t4a.guitartuner.

3. PitchLab Pro

PitchLab Pro adalah aplikasi komprehensif yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman penyetelan. Saat Anda memetik senar gitar maka aplikasi akan merekam nada yang Anda mainkan, frekuensinya dan seberapa dekat dengan frekuensi yang diinginkan. Antarmuka penyetelan memiliki 2 skin yang disebut sebagai mode instrument dan mode stage tuner. Mode stage tuner lebih mudah mengakomodasi pengoperasian aplikasi ini. Pengguna juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan catatan referensi, mengubah temperamen dan memilih skala transposisi di antara opsi lain. PitchLab Pro menawarkan aplikasi yang berguna dari fungsi yang paling dasar hingga yang paling canggih yang dapat Anda temukan. Namun, ada beberapa opsi seperti Pitch Spectrogram yang hanya dapat diakses dengan membeli versi upgrade. Unduh aplikasinya dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.t4a.guitartuner.

4. Guitar Tuner

Guitar Tuner adalah aplikasi tuning gitar dengan banyak fitur untuk memastikan Anda memiliki gitar dengan suara yang pas. Guitar Tuner memberi pengguna opsi penyetelan otomatis atau penyetelan melalui mode manual. Dengan kata lain, aplikasi akan secara otomatis mengenali senar mana yang Anda setel atau Anda dapat secara manual memilih string tertentu yang ingin Anda setel. Guitar Tuner seperti kebanyakan aplikasi lainnya, menampilkan frekuensi senar yang dipetik bergetar, mengidentifikasi not dan memberi tahu pengguna seberapa 'tajam' atau 'flat' not itu. Pendek kata Guitar Tuner menyediakan banyak fitur berguna untuk membuat gitar Anda selaras dan enak didengar. Unduh aplikasinya dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gismart.guitar.tuner.

5. GuitarTuna

Fungsi GuitarTuna cukup bermanfaat dan menawarkan fungsionalitas melebihi kemampuan penyetelannya. Anda dapat memilih agar aplikasi mendeteksi string mana yang Anda coba setel secara otomatis atau Anda dapat secara manual memilih nada yang ingin Anda setel. Ada juga mode kidal yang sangat berguna bagi mereka yang memetik gitar dengan tangan kiri. Yang juga cukup rapi dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memilih konvensi tuner. Selain itu, pengguna memiliki kemampuan untuk meningkatkan akurasi dengan memilih opsi akurasi Pro atau dengan kalibrasi tuner berdasarkan frekuensi yang diperlukan.

Aplikasi menyetel senar gitar untuk Android menawarkan beberapa kemudahan kepada pengguna dan semuanya cukup efektif. Anda hanya perlu memilih satu atau bahkan lebih dari satu berdasarkan set fitur yang Anda inginkan. Tentu saja, ini bukan satu-satunya aplikasi yang memungkinkan Anda menyetel senar gitar, namun setidaknya anda tak perlu bingung memilihnya dari Play Store. Silahkan dicoba!