Aplikasi LINE Tak Bisa Dibuka, Ketahui Sebab-Sebab dan Solusinya

Kecuali Whatsapp, pilihan aplikasi perpesanan lainnya yang juga populer adalah LINE. LINE pun cukup diminati banyak pengguna sebab memiliki banyak kelebihan di dalamnya. Hanya saja, kadang para pengguna menemui satu dua masalah misalnya aplikasi LINE yang tak dapat dijalankan atau mendadak tak berfungsi dengan normal. Bila Anda adalah salah satu pengguna dan menemui dua masalah tersebut, teruskan membaca artikel berikut ini. Berikut beberapa solusi menangani aplikasi LINE yang tak bisa dibuka di smartphone.



1. Aplikasi error

LINE yang tak dapat dijalankan mungkin saja disebabkan aplikasinya yang memang bermasalah. Kejadian itu dapat muncul gara-gara pengguna membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu berbarengan. Error ini dapat diatasi dengan fitur force close yaitu fitur yang akan menutup paksa aplikasi. Pengguna dapat menutup aplikasi LINE yang sedang bermasalah dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > pilih LINE dan sentuh tombol Force Close. Pengguna pun dapat mengetuk tombol Home untuk menutupnya. Berikan jeda beberapa menit sebelum mengulangi membuka lagi aplikasi LINE.

2. Cache aplikasi bermasalah

Sebab mengapa aplikasi LINE tak dapat diakses boleh jadi cache yang penuh sehingga kinerja ponsel melamban sehingga beberapa aplikasi pun bermasalah. Untuk mengatasinya cukup mudah, akses menu Settings atau Pengaturan, kemudian ketuk application manager, ketuk aplikasi LINE dan tekan tombol hapus cache. Setelah itu coba jalankan kembali LINE, biasanya akan berfungsi dengan lancar.

3. Ponsel bermasalah

LINE tak bisa dibuka, kemungkinan lainnya bisa juga karena ponsel error. Kejadian tersebut yang mengakibatkan LINE tiba-tiba mandek. Boleh jadi karena RAM atau memori hampir penuh. Akibatnya sistem ponsel pun menutup aplikasi LINE ketika dijalankan. Untuk itu pengguna perlu mematikan ponsel lebih dulu, biarkan sebentar, baru dihidupkan ulang. Coba masuk lagi ke aplikasi LINE, biasanya akan berjalan dengan normal.

4. Menggunakan LINE versi lama

Apabila pengguna tak menjalankan update, itu artinya ia menggunakan LINE versi lama yang beresiko terjadi masalah. Coba masuk ke aplikasi Play Store dan masuk ke akun untuk memeriksa apakah ada versi terbaru untuk LINE? Segera lakukan update jika memang ada versi terbarunya untuk meniadakan kejadian aplikasi yang tak bisa dibuka.

5. Koneksi internet bermasalah

Aplikasi LINE ngadat mungkin saja karena masalah di jaringan internet yang digunakan. Aplikasi LINE bisa berfungsi jika tersedia akses internet yang andal. Seluruh fungsi di aplikasi cuma dapat digunakan saat jaringan internet tersedia. Coba lakukan disconnect jaringan internet yang digunakan dengan menekan mode Air Plane. Setelah beberapa saat, matikan mode pesawat terbang dan coba masuk kembali ke aplikasi LINE.

6. Kuota internet habis

Saking asyiknya berinternetan dan juga chat sana-sini, banyak pengguna tak menyadari jika kuota internet yang dimiliki habis. Alhasil saat membuka aplikasi LINE ternyata error sebab koneksi otomatis diputus pihak operator. Kadang kuota internet habis tak ada pemberitahuan dari pihak operator yang digunakan sehingga pelanggan pun tak tahu. Karena itu, coba cek kuota internet di ponsel, jika habis maka mau tak mau harus diisi kembali agar internetan lancar kembali.

7. Chat berlebihan

Untuk pengguna LINE yang benar-benar aktif, sering mempunyai sampai ratusan obrolan menumpuk. Bisa saja dari grup atau promosi dari akun Official yang diikuti dan pengguna pun tak punya waktu untuk menghapus chat-chat itu. Kejadian itu pun bisa berpotensi menyebabkan aplikasi LINE tak dapat diakses. Pastinya satu-satunya langkah yang harus diambil yaitu menghapus chat chat yang tak begitu penting. Pengguna dapat menghapus chat yang berisi iklan dari berbagai akun Official. Hindari menumpuk chat di aplikasi LINE atau aplikasi akan error.

Setelah mengetahui mengapa aplikasi LINE tak dapat dibuka, Anda bisa menemukan mana yang memang menjadi sebabnya di ponsel Anda. Jangan sampai komunikasi dengan teman-teman dan kolega terkendala hanya karena aplikasi LINE yang tak dapat dibuka.