Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp Mudah Dilakukan Sendiri

Banyak orang yang sudah puas dengan hasil pemotretan dari Hp pintar atau smartphone. Teknologi kamera smartphone memang sudah sangat maju dan hampir menyusul teknologi yang dibawa kamera profesional. Banyak foto yang diunggah di jejaring sosial Instagram yang berasal dari kamera Hp. Memotret obyek menggunakan Hp memang praktis dan tak repot. Lebih-lebih jika Hp yang digunakan mempunyai kemampuan kamera terbaik di kelasnya.



Akan tetapi Anda harus tahu jika smartphone berkamera terbaik tidak serta-merta memberikan foto berkualitas baik. Boleh jadi hasil jepretan menurun disebabkan kurang baiknya perawatan lensa kamera Hp yang digunakan. Banyak ponsel saat ini yang memberikan hasil foto yang terlihat buram kendati sangat bagus saat Hp masih baru. Apabila kejadian tersebut juga Anda alami, pemicunya boleh jadi lensa kotor atau ada goresan. Akibatnya kualitas foto pun jelek. Karena itu sangat penting untuk membersihkan lensa kamera Hp agar selalu kinclong. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil dalam membersihkan lensa kamera Hp.

1. Gunakan odol

Saat terlihat lensa kamera Hp kotor atau bahkan tergores, Anda bisa menanganinya dengan memakai odol. Usapkan sedikit odol di permukaan lensa kamera. Sesudah itu gosok pelan-pelan sampai kotoran atau goresan di lensa hilang. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pasta gigi ke lensa. Cukup tempelkan cotton bud berpasta gigi tersebut kemudian putar searah jarum jam. Biarkan beberapa saat baru kemudian bersihkan sisa odol yang menempel memakai sedikit air. Gunakan pula kain lembut dari jenis microfiber untuk menyeka sisa odol.

2. Gunakan minyak kayu putih

Bila lensa kamera Hp terlihat tumpukan debu, salah satu caranya adalah membersihkan menggunakan minyak kayu putih. Minyak yang satu ini lumayan efektif dalam menghalau debu yang tertumpuk di lensa HP. Biasakan untuk tidak meletakkan ponsel di sembarang tempat. Lensa Hp berdebu, cara membersihkannya yaitu menggunakan tisu yang sebelumnya sudah ditetesi dengan minyak kayu putih. Gosokkan tisu ke permukaan lensa. Biasanya debu yang melekat di lensa kamera lebih mudah terlepas.

3. Lensa berembun

Lensa kamera berembun di permukaannya sebab ditempatkan pada ruang lembap. Saat hasil foto kamera tak maksimal namun lensa terlihat baik, boleh jadi penyebabnya adalah embun di permukaan lensa. Cara menanganinya, copot baterai lebih dulu dengan sebelumnya matikan Hp.. Sesudah itu, keringkan HP menggunakan hair drier. Hadapkan hair drier ke Hp agar embun-embun yang menempel menguap dan hilang.

4. Tutup lensa pun perlu diganti

Ketika lensa kamera ponsel tergores dan penggunaan odol tak memberikan hasil sesuai harapan dengan hasil foto yang tetap terlihat buram, saatnya tutup lensa yang tergores itu diganti. Caranya, pakailah silet untuk mencongkelnya dengan hati-hati. Sebelum itu dilakukan, Anda harus membeli dulu tutup lensa. Namun jika tak ada anggaran dapat diakali sementara dengan selotip bening.

Itulah cara-cara membersihkan lensa kamera HP yang dapat dilakukan sendiri. Mudah-mudahan cara tersebut berguna sehingga foto-foto yang Anda jepret dari ponsel tetap terlihat bagus dan bening tanpa noda buram. Tentu saja langkah pencegahan adalah pilihan terbaik untuk menjaga lensa kamera tetap bersih.

Beberapa hal harus diperhatikan seperti : mencegah adanya benturan langsung di lensa kamera Hp, jangan membawa Hp di dalam kantong celana sebab berisiko tertekan dan tergesek sehingga mengenai bagian lensa, jangan meletakkan ponsel di sembarang tempat utamanya di permukaan yang tak rata sebab bisa mengakibatkan goresan di bagian lensa, jangan menempatkan Hp atau HP di ruangan lembab sebab dapat menyebabkan permukaan lensa berembun, pasang silicon atau motomo untuk melindungi lensa kamera dan bagian belakang Hp.