Cara Membuat Akun Facebook dan Verifikasi Akun Bisnis

Tak bisa dibantah lagi Facebook adalah situs jejaring sosial paling fenomenal di dunia dengan jumlah pengguna mencapai milyaran orang. Layanan jejaring sosial ini memungkinkan penggunanya saling berbagi momen, saling menyapa atau menemukan teman-teman lama yang sudah bertahun-tahun tak bersua. Hampir setiap orang memiliki akun Facebook termasuk akun Facebook bisnis. Meski cara membuat akun Facebook itu gampang namun sebagian orang tetap saja belum paham.



Proses membuat akun Facebook dimulai dengan mengakses laman Facebook di alamat www.facebook.com/r.php. Dari halaman yang terbuka masukkan nama, email atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan juga jenis kelamin. Kemudian klik tombol Buat Akun. Dan untuk merampungkan pembuatan akun ini pendaftar mesti melakukan konfirmasi email atau nomor ponsel yang tadi dimasukkan. Perlu diingat bahwa akun Facebook hanya dapat dimiliki oleh mereka dengan usia 13 tahun ke atas. Untuk melakukan konfirmasi nomor ponsel, ketikkan kode yang dikirim lewat SMS dalam kotak Konfirmasi yang ada ketika pengguna login. Sementara untuk konfirmasi email, klik link yang disertakan dalam email yang diterima.

Akun Facebook tak mesti untuk keperluan pribadi, bagi para pemilik bisnis atau usaha juga penting memilikinya. Dengan akun Facebook khusus bisnis bisa digunakan sebagai sarana berpromosi kepada pengguna lain dengan target yang spesifik. Hanya saja agar akun ini lebih kredibel penting untuk mendapatkan verifikasi di Facebook. Verifikasi akun itu juga dapat mencegah orang lain menyamar sebagai atau menipu halaman Facebook yang digunakan. Setelah diverifikasi maka akn membuat pengguna Facebook lebih mudah menemukan dan terhubung dengan bisnis tersebut secara online. Mereka dapat melihat bahwa halaman Facebook bisnis tersebut adalah halaman asli dengan tanda centang biru atau abu-abu.

Layanan media sosial tidak memverifikasi semua orang dengan mudah. Pemilik akun harus memiliki alasan yang kuat untuk verifikasi, dan ini mengharuskan mereka untuk memiliki merek yang mapan atau menjadi perwakilan dari bisnis itu sendiri. Jika pengguna yakin bahwa akun mereka memiliki cukup banyak audiens yang mapan untuk dimasukkan ke dalam kiriman untuk verifikasi, mereka bisa mengajukan proses verifikasi. Ada dua bentuk verifikasi Facebook. Satu adalah tanda centang biru dan yang lainnya adalah tanda centang abu-abu. Menerapkan tanda centang yang benar adalah bagian terpenting dari proses verifikasi. Jika pengguna salah mengajukan peruntukan verifikasi maka secara otomatis akan ditolak.

Perbedaannya cukup sederhana, tanda centang biru adalah untuk figur publik, perusahaan media, atau merek besar. Sementara lencana verifikasi abu-abu dirancang khusus untuk bisnis. Jika Anda memiliki bisnis, Anda dapat mengajukan tanda centang abu-abu. Jika Anda memiliki bisnis yang memiliki banyak halaman Facebook untuk lokasi yang berbeda, Anda dapat menambahkan lencana verifikasi abu-abu untuk masing-masingnya. Setelah Anda menentukan bentuk lencana verifikasi yang Anda butuhkan, selanjutnya adalah mengajukan verifikas.

Memulai proses verifikasi sebenarnya cukup mudah. Buka halaman Facebook dan klik pada menu Pengaturan. Selanjutnya, klik pada tab General. Di bawah tab ini, cukup klik pada opsi Verifikasi Halaman. Selanjutnya, cukup klik pada opsi Verifikasi Halaman Ini dan kemudian pilih Mulai. Di sini, Facebook akan memungkinkan Anda memilih opsi untuk verifikasi instan atau terperinci. Untuk verifikasi instan, Facebook akan memberikan nomor bisnis yang Anda daftarkan pada halaman Anda dan memberi Anda kode verifikasi otomatis yang harus Anda masukkan di salah satu kotak. Selanjutnya, Facebook memberi Anda tanda centang yang sesuai untuk bisnis Anda.

Pilihan lainnya adalah menyediakan dokumen untuk verifikasi. Anda harus mengunggah dokumen yang dengan jelas menunjukkan nama dan alamat bisnis Anda. Facebook membutuhkan waktu lama untuk memverifikasi dengan cara ini meski mereka mengatakan persetujuan atau penolakan dapat diketahui dalam waktu 48 jam, tetapi faktanya dapat memakan waktu hingga 45 hari. Sementara jika Anda ingin menerapkan tanda centang biru, halaman Anda harus dalam salah satu kategori berikut: Jurnalis, Merek atau Bisnis Populer, Pejabat pemerintah, Selebriti, Media, dan Hiburan.

Jika Anda perlu mengubah kategori bisnis, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke About> Category. Proses ini sedikit lebih rumit daripada tanda centang abu-abu. Anda harus menulis esai yang meyakinkan tentang mengapa Facebook harus memverifikasi Anda, tetapi di atas itu, Anda harus memastikan bahwa profil Anda benar-benar diisi dimana Anda akan memerlukan biografi yang akurat, foto asli Anda, foto sampul, tautan ke situs web Anda, dan, tentu saja, ID Foto (seperti SIM Anda). Facebook akan membalas Anda dalam dua hingga lima hari dengan persetujuan atau penolakan.