Cara Menggunakan Aplikasi BCA Mobile

Sekarang adalah eranya peralatan modern dan canggih yang diaplikasikan di berbagai sektor kegiatan manusia. Salah satunya menyentuh dunia perbankan dengan hadirnya layanan Mobile Banking. Fasilitas terbaru dari bank tersebut akan memudahkan para nasabah saat beraktifitas perbankan tanpa perlu pergi ke bank. Bank swasta nasional terbesar di Indonesia, bank BCA juga menawarkan Mobile Banking yang disebut BCA Mobile. Bagaimana cara menggunakan Mobile Banking BCA?



BCA Mobile terdiri dari m-BCA, KlikBCA, dan InfoBCA. M-BCA adalah layanan yang bisa dinikmati setiap nasabah namun mereka harus melakukan pendaftaran terlebih dulu untuk mengaktifkannya. Untuk pendaftaran, cukup datang ke bank BCA terdekat dengan membawa KTP asli, buku tabungan dan juga smartphone yang akan digunakan untuk m-BCA. Untuk menggunakan fasilitas Mobile Banking BCA pertama kali, nasabah harus memasang aplikasi BCAMobile dan membuat kode akses yang terdiri dari 6 digit perpaduan angka dan huruf. Aplikasi BCA Mobile tersedia di Play Store dari tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bca&hl=en. Pihak bank BCA akan memproses pendaftaran dan mengaktifkan layanan ini untuk nasabah. Beberapa kelebihan dari m-BCA yaitu :

1. Tidak ada perubahan kartu SIM

Transaksi m-BCA tersedia melalui semua operator GSM, termasuk Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Axis, dan Tri

2. Biaya transaksi rendah

Kurangi biaya yang tidak perlu menggunakan koneksi internet GPRS / EDGE / 3G / WIFI

3. Penyimpanan Data Pembayaran

Fitur penyimpanan m-BCA memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi berulang tanpa harus memasukkan data lagi.

4. Transfer Data

m-BCA menyimpan aktivitas transfer nasabah baik ketika mengirim dana antar rekening BCA atau ke bank lain.

5. Praktis dan mudah digunakan

Kode perbankan tidak diperlukan untuk transaksi pembayaran dan transfer.

Buka aplikasi BCAmobile, kemudian ketuk menu m-BCA. Pesan akan muncul untuk mengetikkan kode akses yang tadi dibuat, selanjutnya ketuk tombol login. Laman yang terbuka akan menampilkan lima menu terdiri dari m-info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, dan m-Admin. Menu m-info berisi fasilitas untuk mengetahui informasi mengenai nomor rekening yang dimiliki, misalnya ketuk Info Saldo untuk mengecek jumlah saldo tabungan yang dimiliki. Sebuah pesan akan muncul untuk mengetikkan PIN m-BCA yaitu PIN ATM BCA  yang dimiliki.

Aplikasi Mobile Banking BCA pun bisa digunakan untuk mentransfer dana dari rekening yang terdaftar. Transfer bisa ke nomor rekening BCA lain dan juga ke bank lain. Dari aplikasi BCAmobile, ketuk menu m-Transfer. Ketikkan nomor rekening tujuan transfer atau daftarkan dengan memilih menu “Daftar Transfer.” Bila akan mentransfer dana ke nomor rekening bank lain, ketuk “Antar Bank” atau bila ke nomor rekening BCA lain, ketuk Antar Rekening. Ketuk tombol Send di sudut kanan atas layar. Setiap pendaftaran nomor rekening tujuan transfer, nasabah akan dikenakan biaya Rp.1.500.

Fasilitas lain yang juga bisa dimanfaatkan nasabah dari layanan Mobile Banking BCA ini adalah melakukan berbagai bentuk pembayaran seperti cicilan kartu kredit BCA, premi asuransi, PAM, listrik, telepon, langganan internet, angsuran kredit dan sebagainya. Fitur yang bisa digunakan dalam hal ini adalah m-payment. Di menu m-payment ini nasabah bisa memilih salah satu dari fasilitas pembayaran yang diinginkan. Untuk setiap pembayaran melalui Mobile Banking BCA ini nasabah pun harus menginput PIN m-BCA. Sementara bila nasabah ingin membeli pulsa Hape, menu yang digunakan adalah m-commerce. Kemudian dari laman tersebut ketuk Voucher Isi Ulang dan pilih kartu seluler yang digunakan, dan nominal pulsa. Masukkan kode PIN m-BCA lalu ketuk Send.

Kelengkapan fitur Mobil Banking BCA dari aplikasi m-BCA adalah sebagai berikut :

- Fasilitas Blokir dengan masuk ke menu m-Admin lalu ketuk Blokir Kartu ATM
- Fasilitas Pemblokiran Kartu Kredit BCA dengan masuk menu m-Admin lalu ketuk Blokir Kartu Kredit
- Fasilitas fitur Aktivasi Kartu Kredit BCA dengan masuk menu m-Admin lalu ketuk Aktivasi Kartu Kredit
- Fasilitas PIN Kartu Kredit BCA untuk membuat atau mengubah fasilitas dengan masuk menu m-Admin lalu ketuk Buat / Ubah PIN.
- Fasilitas Fitur Cardless Transaction dengan menu Penarikan Tunai yaitu memilih menu Penarikan Tunai.