Cara Menggunakan Aplikasi Karaoke Smule Android

Berdendang bagi sebagian orang bisa memperbaiki mood menjadi riang. Apabila lagi capai atau stres, menyanyi karaoke dengan teman-teman adalah kegiatan yang mengasyikkan. Sayangnya kita sering tak memiliki waktu atau sulitnya berkumpul bareng. Alternatifnya adalah menyanyi sendiri dengan mengandalkan aplikasi karaoke di ponsel Android. Saat ini, tersedia sebuah aplikasi karaoke populer yang sangat fenomenal yang disebut Sing! Karaoke by Smule. Sebuah aplikasi untuk menyanyi karaoke dengan banyak pengguna Smule yang lain dari berbagai belahan dunia.



Tentu tak sekedar menyanyi, aplikasi ini pun memiliki fitur menarik yang memungkinkan sesama anggota untuk saling berkenalan kemudian menyanyikan lagu yang sama berdua. Koleksi lagu yang dimiliki Smule pun sangat banyak dari berbagai genre mulai dari pop, rock, sweet, metal maupun klasik dari yang terbaru hingga lagu-lagu lawas nostalgia sudah siap untuk dinyanyikan.

Ada 2 opsi layanan Smule meliputi pengguna VIP dan pengguna gratis. Pengguna VIP yang berbayar mempunyai akses layanan yang lebih beragam diantaranya bisa menggunakan seluruh lagu yang tersedia, dan fitur Vocal FX. Pengguna VIP pun bisa memanfaatkan fitur Open Call ke pengguna lain untuk bernyanyi karaoker bersama. Biaya berlangganannya cukup murah hanya Rp.12 ribu/bulan atau Rp.95 ribu/tahun. Membayar biaya berlangganan pun mudah sebab pengguna bisa menggunakan pulsa Hp di Google Play Store. Berikut cara menggunakan aplikasi karaoke Smule di Android :
Cara Install Smule

1. Pasang aplikasi Sing! Karaoke by Smule dari Google Play Store.

2. Jalankan aplikasinya dan daftar menggunakan akun Facebook atau Gmail atau dengan nomor ponsel. Untuk prosedur registrasi ini pengguna dipersilahkan memilih 4 jenis lagu favorit. Pengguna pun bisa mengaitkan akun Smule ke akun Facebook, Twitter, ataupun Google Plus dengan begitu mereka bisa bergabung dengan teman-teman yang kebetulan juga menggunakan aplikasi ini.

3. Begitu pendaftaran selesai dilakukan, login untuk mulai menggunakannya dimana di layar terdapat tombol mikrofon.

4. Interface aplikasi Smule simpel saja sehingga gampang dimengerti. Di layar depan disediakan 5 macam menu : Feed, Listen, Sing, Notification, dan Profile.

5. Menu Feed menyuguhkan update terbaru teman Smule yang dimiliki. Lalu menu Listen untuk menikmati rekaman dari pengguna Smule lain. Menu Songbook berguna untuk memilih lagu yang hendak didendangkan. Menu Notification berisi pesan notifikasi yang diterima, dan menu Profile untuk masuk ke data diri pengguna.

6. Untuk mulai bernyanyi, masuk ke menu Songbook dan tentukan lagu yang hendak dinyanyikan. Selanjutnya ketuk tombol ‘Sing’ warna biru. Sesudah itu, ketuk kategori ‘Solo’.

7. Nantikan sebentar sampai lagu di-load. Bila tak mau mengaktifkan fitur kamera maka matikan dengan mengetuk “No, thanks.”

8. Bila telah siap bernyanyi, segera ketuk tombol “Start.” Hendaknya pakai headset ketika bernyanyi dan dekatkan mulut Anda ke mikrofon headset sehingga suara bisa terekam dengan baik.

9. Ketika lagu selesai dinyanyikan pengguna akan diarahkan ke halaman review. Pada halaman ini pengguna dapat memanfaatkan fitur vocal match untuk mengubah tempo lagu dan juga menambahkan beberapa efek khusus untuk suara yang lebih baik. Jangan lupa ketuk ‘Save’.

10. Masuk ke halaman Customize, pengguna dapat menambahkan tulisan atau caption dan juga membagikan rekaman lagu ke pengguna lain atau ke akun jejaring sosial yang dimiliki.

Cara menggunakan aplikasi karaoke Smule tak butuh proses yang ribet. Pengguna tak hanya bisa bernyanyi solo atau sendirian, mereka pun bisa berduet atau bernyanyi grup dengan mengajak teman atau anggota keluarga. Masing-masing harus mendownload aplikasinya lebih dulu untuk kemudian bernyanyi bersama-sama. Khusus bagi pengguna iPhone atau iPad, mereka pun dapat merekam aksi karaoke dalam bentuk video menarik yang kemudian dapat dibagikan ke akun jejaring sosial. Oke, Selamat berkaraoke!