Cara Restart iPhone All Series

Kebanyakan orang mungkin beranggapan jika iPhone adalah komputer yang kuat nan mungil sehingga pas di masukkan saku. Kendati menawarkan segala kecanggihannya, namun tetap sama dengan perangkat lain, kadang-kadang pengguna pun perlu me-restart atau bahkan reset iPhone untuk memperbaiki masalah. Reset bisa berarti : restart dasar, reset komprehensif, atau kadang-kadang bahkan menghapus semua konten dari iPhone untuk memulai kembali dari awal. Lalu bagaimana sih cara restart iPhone itu?



1. Cara restart iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XR

Gunakan cara ini untuk mencoba memecahkan masalah dasar seperti konektivitas seluler atau Wi-Fi yang buruk, crash aplikasi, atau masalah sehari-hari lainnya. Pada model-model iPhone yang lebih baru ini, Apple telah menambahkan fungsi-fungsi baru pada tombol sleep / wake di samping perangkat (dapat digunakan untuk mengaktifkan Siri, memunculkan fitur SOS darurat, dan banyak lagi). Karena itu, proses restart iPhone berikut ini berasal dari proses yang digunakan pada model sebelumnya yang mungkin Anda kenal. Pertama-tama tahan tombol Sleep/ Wake di samping dan volume turun secara bersamaan (volume naik juga berfungsi, tapi itu bisa secara tidak sengaja akan mengambil tangkapan layar, sehingga volume turun akan lebih tepat digunakan). Tunggu hingga Power-Off Slider muncul. Gerakkan slider dari kiri ke kanan untuk mematikan ponsel.

2. Cara restart iPhone model lain

Restart sebagian besar model iPhone lainnya sama dengan menghidupkan atau mematikan iPhone. Inilah yang perlu Anda lakukan: Tahan tombol Sleep / Wake (pada model yang lebih lama ada di bagian atas handset. Pada seri iPhone 6 dan yang lebih baru, ada di sisi kanan) hingga slider shut down muncul di layar. Lepaskan tombol Sleep / Wake. Pindahkan Power-Off Slider dari kiri ke kanan untuk mematikan iPhone. Ketika iPhone sudah dimatikan, tahan lagi tombol Sleep / Wake sampai logo Apple muncul di layar. Ketika itu terjadi, artinya iPhone sudah menyala lagi. Lepaskan tombol dan tunggu iPhone selesai booting.


3. Cara Hard Reset iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XR

Restart iPhone memang menyelesaikan banyak masalah, tetapi itu tidak menyelesaikan semuanya. Dalam beberapa kasus - seperti ketika ponsel benar-benar freeze dan tidak merespon dengan menekan tombol Sleep / Wake maka Anda memerlukan opsi yang lebih kuat yang disebut hard reset. Pada seri iPhone 8, iPhone X, dan iPhone XS atau XR, proses hard reset berbeda secara signifikan dibandingkan dengan model lainnya. Itu karena menekan tombol Sleep / Wake di samping handset sekarang digunakan untuk fitur SOS darurat. Untuk hard reset ikuti langkah-langkah ini. Klik dan lepaskan tombol Volume Naik di samping kiri handset. Klik dan lepaskan tombol Volume Turun. Sekarang tahan tombol Sleep / Wake di samping kanan handset sampai ponsel restart dan logo Apple muncul.

4. Cara Hard Reset iPhone 7 Series

Proses hard reset sedikit berbeda untuk seri iPhone 7. Itu karena tombol Home sudah tidak ada dan digantikan dengan panel Sentuh 3D. Sebagai gantinya, Anda harus menahan tombol volume bawah dan tombol Sleep / Wake secara bersamaan.

5. Cara Hard Reset model iPhone lainnya

Hard Reset akan me-restart ponsel dan juga menyegarkan memori yang dijalankan aplikasi (ini tidak akan menghapus data Anda) dan sebaliknya membantu iPhone memulai dari awal. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak akan memerlukan hard reset, tetapi ketika Anda melakukannya dan Anda memiliki model yang lebih lama, ikuti langkah-langkah berikut ini. Dengan layar ponsel menghadap Anda, tahan tombol Sleep / Wake dan tombol Home di bagian bawah layar secara bersamaan. Saat panel geser daya muncul, jangan lepaskan tombolnya. Terus pegang keduanya sampai Anda melihat layar menjadi gelap. Tunggu hingga logo Apple berwarna perak muncul. Ketika ini terjadi, Anda dapat melepaskannya  dan iPhone kini sudah di-reset.

Bagaimana, mudah kan cara restart iPhone? Salah satu tujuan mengambil langkah ini adalah untuk menyegarkan kinerjanya dan juga mengatasi masalah yang muncul.  Silahkan dicoba!