Senin, 07 Januari 2019

Cek 3 Cara Mengambil Screenshot di Ponsel OPPO

muhammad hakum
Mengambil gambar apa saja yang ada di layar ponsel adalah fitur yang berguna jika Anda ingin berbagi sesuatu dengan teman dan keluarga atau menyimpannya untuk referensi Anda sendiri. Apa pun jenis smartphone OPPO yang Anda miliki, mengambil tangkapan layar bisa dilakukan dengan cepat dan simpel. Cara screenshot OPPO semudah membalikkan telapak tangan. Berikut langkah-langkahnya yang berlaku untuk semua tipe smartphone OPPO.

Ada tiga cara berbeda untuk membuat screenshot atau tangkapan layar Android di ponsel OPPO Anda. Pilihannya adalah : menggunakan fitur tangkapan layar universal Android, menggunakan fungsi gesekan unik OPPO, dan menggunakan aplikasi tangkapan layar pihak ketiga. Ayo cari tahu cara mengambil tangkapan layar menggunakan ketiga metode di bawah ini, sehingga Anda dapat memilih opsi yang paling mudah :



1. Cara Screenshot OPPO menggunakan tombol softkey Android

Jika Anda pernah menggunakan ponsel Android sebelumnya, mungkin sudah tahu cara mengambil tangkapan layar di Android ini. Sebagian besar ponsel Android modern memiliki fitur tangkapan layar universal menggunakan tombol softkey yang sama di berbagai merek dan model. Apakah Anda menggunakan OPPO F1, R9 atau model lain, prosesnya sama. Untuk mengambil tangkapan layar di OPPO : Siapkan apa yang ingin Anda screenshot, tekan dan tahan tombol power + volume turun secara bersamaan. Tangkapan layar akan dijepret dan disimpan di galeri ponsel Anda. Saat Anda mengambil screenshot, animasi dan suara akan mengonfirmasi bahwa foto telah disimpan di perangkat Anda. Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu di mana Anda dapat menemukan, mengedit, atau berbagi gambar di galeri. Pemberitahuan ini dapat diubah sesuai kehendak Anda. Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari seluruh halaman: tekan dan tahan tombol power + volume secara bersamaan

2. Cara Screenshot OPPO menggunakan fitur swipe

Jika Anda menggunakan smartphone OPPO seri baru seperti OPPO F5, A73, R11 atau R15, ada cara mudah lain untuk mengambil screenshot yaitu menggunakan gerakan khusus. Secara sederhana langkah-langkahnya adalah : Siapkan apa yang ingin Anda screenshot di layar, geser ke bawah layar menggunakan tiga jari maka screenshot akan diambil dan disimpan ke galeri ponsel.

3. Cara Screenshot OPPO menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan fungsi tangkapan layar bawaan ponsel, Anda juga dapat mengunduh aplikasi tangkapan layar. Terkadang aplikasi Screenshot ini memiliki fitur tambahan yang memungkinkan Anda memotong gambar yang diambil, mengambil gambar yang lebih panjang, atau merekam apa yang ada di layar Anda sebagai video. Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, baca instruksinya untuk mengetahui cara mengambil tangkapan layar di OPPO.

Terkadang, Anda mungkin ingin mengambil lebih dari gambar diam. Smartphone OPPO seri yang lebih baru termasuk OPPO R11s, R15 dan R15 Pro juga dapat mengambil screencast, jika Anda ingin merekam video dari apa yang terjadi di layar Anda. Untuk merekam layar, Anda memerlukan aplikasi perekam layar. Aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play store. Anda dapat memulai dan menghentikan rekaman menggunakan aplikasi dan mengedit video jika perlu menggunakan editor video ponsel Anda.

Setiap kali Anda mengambil tangkapan layar di Android maka akan masuk ke galeri perangkat Anda. Folder bernama 'screenshot' secara otomatis dibuat ketika Anda mengambil tangkapan layar. Butuh beberapa kali latihan untuk membiasakan mengambil screenshot di Android. Jika Anda menggunakan metode tombol Softkey Android, maka Anda perlu menekan kedua tombol pada saat yang bersamaan dan menekannya terus selama setengah detik. Jika Anda menekan salah satu tombol terlalu cepat, Anda dapat mematikan tampilan atau menyebabkan slider volume muncul di tangkapan layar Anda.

Anda akan mendengar suara dan menerima pemberitahuan ketika tangkapan layar berhasil diambil.
Jika Anda mengalami masalah ketika menggunakan tombol softkey Android, cobalah untuk menggunakan cara menggulir layar ke bawah dengan tiga jari. Anda juga dapat mengunduh aplikasi tangkapan layar untuk proses tersebut.