Langkah-Langkah Cara Membuat Stiker LINE

Anda mungkin pernah mendengar tentang aplikasi chat LINE yang sangat populer atau malah sudah memilikinya di ponsel Anda. Jika tidak, ini mirip dengan WhatsApp dan aplikasi pesan instan lainnya yang mungkin Anda miliki di ponsel pintar Anda. Sampai saat ini, LINE terus meraih kepopulerannya dengan makin banyaknya mereka yang menggunakannya. LINE pun terkenal karena berbagai stiker lucu yang ditawarkan untuk memberi warna obrolan yang dilakukan pengguna. Menariknya lagi, pengguna pun bisa berkreasi sendiri membuat stiker LINE dan memperoleh uang karenanya. Bagaimana cara membuat stiker LINE?



Anda mungkin ingin belajar bagaimana dapat membuat stiker LINE sendiri dan menghasilkan uang darinya. Berikut beberapa tips dan langkah dasar cara membuat stiker LINE yang dapat Anda ikuti :

1. Cara Mendaftar

Setiap pengguna aplikasi LINE bisa mendaftar untuk ikut serta membuat stiker LINE. Bukan pengguna juga dapat mendaftar. Silahkan masuk ke situs resmi Creator LINE di : https://creator.line.me/en/. Perlu untuk diperhatikan mengenai E-Mail yang ingin Anda daftarkan karena fiturnya tidak memiliki fungsi "ingat saya", jadi Anda harus mengetikkan E-Mail setiap saat ketika login. Jangan gunakan alamat E-Mail yang panjang jika memungkinkan.

2. Pengaturan Akun

- Business Type : Pilih Individual

- Company Name : nama alias Anda juga bisa digunakan.

Address : disarankan untuk menggunakan alamat asli Anda.

3. Rekening Bank

LINE akan mengirimi Anda uang hanya melalui Paypal. Jadi, Anda tentu saja memerlukan akun Paypal. Tetapi poin yang perlu Anda pastikan adalah bahwa Anda memiliki akun tipe "Premium" (Gratis), karena Anda akan menerima uang.

4. Formulir Aplikasi untuk Konvensi Pajak Penghasilan

Pertama, Anda harus menyerahkan formulir aplikasi untuk konvensi pajak penghasilan (Income Tax Convention). Formulir ini adalah untuk mentransfer pajak dari penghasilan Anda ke negara tempat tinggal Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah mencetak 2 formulir, layar pengambilan informasi akun Anda dan mengirimkannya ke Jepang. Anda perlu membayar sendiri tetapi itu adalah apa yang Anda anggap sebagai "investasi". Proses ini mungkin memakan waktu agak lama untuk memperbarui status Anda menjadi "Submitted", tetapi itu tidak akan berpengaruh pada proses penjualan stiker Anda. Banyak Creator yang memiliki stiker sendiri yang dijual selama beberapa hari atau seminggu sebelum diperbarui statusnya menjadi "Submitted".

5. Gambar stiker Anda

Untuk memulai berkreasi membuat stiker LINE, pedoman lengkapnya bisa anda baca dari link berikut https://creator.line.me/en/guideline/. Intinya Anda memerlukan 40 gambar berbeda dalam file PNG dengan BG transparan (kecuali jika Anda memiliki BG berwarna), masing-masing berukuran 370 px x 320 px dengan minimum 72 dpi. Setiap gambar harus menggunakan 10 px margin di keempat sisi. Jadi gambar Anda harus di dalam (10p x-360p x) x (10 px-310 px). Anda memerlukan 2 gambar tambahan untuk main dan tab. Ini bisa menjadi gambar yang sama dengan yang Anda miliki untuk set 40 gambar tadi.

6. Kirim stiker Anda

Isi Detail Stiker Anda dalam bahasa yang Anda pahami. Setidaknya dalam bahasa Inggris. Untuk area "Copyright atau Hak Cipta", itu akan ditampilkan di bagian bawah toko stiker ketika sedang dijual. Anda bisa menggunakan apa saja di sini misalnya "© Burhan Gallery". Lalu unggah stiker Anda, dan Anda siap Submit.

7. Tunggu Persetujuan Status

Setelah menyelesaikan 40 + 2 gambar, Anda bisa langsung mengirimkannya. Butuh waktu sekitar 2 bulan untuk ditinjau dan disetujui. Mungkin akan lebih lama lagi bagi beberapa Creator lain. Anda dapat mengembalikan status “waiting for review”, tetapi perlu diingat bahwa Anda harus kembali mengantri ketika mengirim lagi. Jika Stiker Anda ditolak karena pelanggaran, Anda harus kembali antri yang tentunya butuh waktu yang lebih lama lagi.

Jadi tadi adalah dasar-dasar cara membuat stiker LINE Anda sendiri. Bila memang stiker Anda sudah disetujui dan siap dijual, trik-trik menjual pun harus diketahui. Dengan begitu stiker Anda akan cepat dikenal pengguna dan pundi-pundi uang pun akan mengalir ke akun Paypal Anda. Selamat mencoba!