Mengatasi Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Sangat frustasi jika Anda tak bisa membaca beberapa pesan penting saat aplikasi WhatsApp tidak dibuka. Ketika Anda menghadapi situasi ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa WhatsApp tidak dapat dibuka. Karena itu pada artikel berikut ini akan diberikan sedikit penjelasan hal-hal yang menyebabkan WhatsApp tak bisa dibuka dan cara untuk memperbaikinya.



Cara 1. Perbarui WhatsApp ke versi terbaru

Seperti yang kita semua tahu, pembaruan sebuah aplikasi dirancang untuk memperbaiki beberapa masalah yang terjadi. Begitupun dengan pembaruan aplikasi WhatsApp salah satuya berguna untuk mengatasi masalah yang muncul di versi sebelumnya. Untuk langkah ini silahkan buka Google Play Store. Pilih Aplikasi & game saya di menu. Gulir ke bawah untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang dan temukan aplikasi WhatsApp. Ketuk WhatsApp, lalu ketuk menu UPDATE, jika tersedia.

Cara 2. Force Stop

Anda dapat menavigasi ke Sistem> Aplikasi> Manajer Aplikasi> WhatsApp. Dan kemudian, ketuk pada Force Stop. Selanjutnya, matikan ponsel Anda dan reboot ponsel Anda setelah beberapa detik. Kemudian Anda dapat melihat apakah kini sudah dapat membuka aplikasi WhatsApp.

Cara 3. Periksa jaringan

Dalam kebanyakan kasus, WhatsApp tidak dapat dibuka karena koneksi jaringan yang menurun atau tidak stabil. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk beralih antara internet seluler dan WiFi untuk memastikan aplikasi WhatsApp memang bisa berjalan dengan lancar. Untuk mengubah jaringan di Android, gulir ke bawah menu dari bagian atas layar kemudian alihkan koneksi internet ke Wi-Fi dari data seluler.

Cara 4. Reset Pengaturan Jaringan

Untuk menyetel ulang jaringan di Android, masuk ke menu Pengaturan, lalu Manajemen Umum. Pilih Reset pengaturan jaringan di bagian Reset lalu ketuk tombol RESET SETTINGS. Setelah melakukan langkah tersebut, coba masuk kembali ke aplikasi WhatsApp, biasanya sudah bisa berjalan dengan normal.

Cara 5. Menghapus data di WhatsApp

Jika aplikasi WhatsApp masih saja tidak dapat dibuka, Anda dapat mengatasinya dengan menghapus data WhatsApp kemudian buka lagi. Untuk para pengguna Android, navigasikan ke Aplikasi di menu Pengaturan. Pilih Aplikasi> WhatsApp> Penyimpanan. Ketuk tombol CLEAR DATA. Masuk lagi ke aplikasi WhatsApp.

Cara 6. Hapus Cache dan pastikan penyimpanan yang cukup

Untuk memastikan WhatsApp berjalan dengan lancar, penyimpanan yang cukup sangat penting. Keterbatasan ruang penyimpanan kosong dapat mempengaruhi aplikasi WhatsApp dan menyebabkannya tidak dapat dibuka. Dalam hal ini, Anda sebaiknya membersihkan cache dan membebaskan ruang memori Android Anda. Untuk para pengguna Android, Anda dapat menghapus data cache dari WhatsApp untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah dengan masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Storage & USB, kemudian pilih data dalam cache di penyimpanan internal dan ketuk OK pada pesan pop-up.

Cara 7. Instal ulang WhatsApp

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp mungkin merupakan metode yang efektif untuk menyelesaikan masalah tak bisa dibuka. Untuk pengguna perangkat Android, buka Pengaturan> Aplikasi> Manajer Aplikasi. Kemudian ketuk WhatsApp dari daftar UNDUH. Ketuk "Copot pemasangan". Selanjutnya, unduh WhatsApp dari Play Store, dan coba masuk kembali.Biasanya WhatsApp akan berjalan dengan lancar. Sebelum mencopot pemasangan WhatsApp, Anda sebaiknya mencadangkan data dari WhatsApp agar tidak kehilangan data penting. Untungnya, Anda dapat langsung mencadangkan data dalam menu Pengaturan WhatsApp.

Jika Anda kesulitan membuka aplikasi WhatsApp karena sedang bermasalah, cukup ikuti cara-cara di atas. Anda pasti akan menemukan cara yang pas untuk menyelesaikan WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Nah, selamat mencoba!