Mengatasi Google Play Service Error di Ponsel Android

Para pengguna Android biasanya mendapatkan akses ke banyak konten canggih melalui Play Store, sebuah toko aplikasi persembahan Google. Dari aplikasi seperti Gmail atau Facebook hingga game seperti Gardenscapes atau Candy Crush, ada banyak hal yang dapat dinikmati. Tentu saja, tidak ada aplikasi di ponsel Android yang bisa diunduh atau diperbarui dengan benar tanpa aplikasi Google Play Service. Google Play Service tak selamanya bisa berjalan dengan mulus, kadang pun mengalami error.



1 Apa itu Google Play Service

Google Play Service adalah aplikasi latar belakang yang tidak akan ditemukan di Play Store, tetapi ini merupakan bagian integral untuk memastikan bahwa ponsel Android bisa mengunduh pembaruan dengan benar. Boleh dikatakan jika Google Play Service merupakan paket application programming interface (API) yang mengelola berbagai aplikasi yang terinstal di Android. Dalam beberapa kasus, Google Play Service Error dan gagal memperbarui secara otomatis atau pengguna mungkin menerima pesan kesalahan ketika mencoba memuat aplikasi atau game. Saat itulah pengguna harus memperbaruinya secara manual, atau menghapus cache sehingga semuanya bisa berfungsi dengan semestinya kembali.

2. Bila Google Play Service Error

Jika pernah melihat notifikasi yang memberitahu bahwa Anda perlu memperbarui Google Play Service, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu. Bagaimanapun, itu tidak akan muncul jika Anda mencarinya di Play Store. Google Play Service adalah layanan latar belakang yang menyediakan fungsionalitas inti untuk memastikan aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel Android bisa berfungsi dengan baik. Pada dasarnya Google Play Service adalah aplikasi yang menjalankan Play Store. Tool ini mengontrol pengunduhan dan pembaruan aplikasi baru, memastikan semuanya berjalan dengan baik. Aplikasi ini sangat penting dan berperan utama dalam penggunaan aplikasi dari Play Store. Jika dinonaktifkan maka Anda akan mengalami semua aplikasi lain berhenti berfungsi dengan benar.

Jika Anda mulai melihat pemberitahuan untuk memperbarui Google Play Service, itu artinya pembaruan yang sangat penting dan harus dilakukan. Tanpanya, beberapa aplikasi mungkin mulai macet, gagal dibuka, atau tidak berfungsi dengan baik. Dalam kebanyakan kasus ketika Anda perlu memperbarui aplikasi, Anda dapat mencarinya di Play Store dan kemudian ketuk tab pembaruan. Namun akan sedikit lebih rumit jika ingin memperbaharui Google Play Service karena aplikasi ini tidak muncul dalam pencarian.

3. Cara Memperbarui Google Play Service

Google Play Service umumnya akan diperbarui di latar belakang tanpa mengharuskan Anda untuk mengawasi atau melakukan banyak hal. Namun, beberapa pembaruan bisa saja mengharuskan Anda untuk memperbarui aplikasi ini secara khusus. Ketika itu terjadi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari Google Play Service dan dengan mengetuknya, Anda akan dibawa ke halaman aplikasi. Dari sini Anda dapat mengetuk pembaruan seperti halnya di aplikasi lain. Jika Anda ingin memeriksa ulang apakah aplikasi Google Play Service memang sudah yang paling baru, Anda dapat melakukannya dari Play Store. Anda hanya perlu membuka tautan aplikasi Google Play Service. Jika ada kotak bertuliskan "nonaktifkan" maka aplikasi Google Play Service tersebut sudah update yang terbaru. Namun jika terbaca perbarui, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuknya!

Dengan berjalannya waktu, Anda mungkin menemui Google Play Service error. Masalah yang paling umum adalah mendapatkan pesan kesalahan bahwa Google Play Services telah berhenti, seringkali setelah aplikasi atau game mogok atau gagal dimuat. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan hanyalah menghapus cache dari dalam menu Pengaturan. Urut-urutannya adalah : buka menu Pengaturan, kemudian ketuk Aplikasi lalu ketuk Google Play Service. Lanjut dengan ketuk tombol 'Force Stop' dan terakhir ketuk tombol 'Hapus Cache'.

Mengingat aplikasi ini melayani berbagai aplikasi lain itu artinya akan membutuhkan daya besar yang menyebabkan baterai boros. Meski begitu, penggunaan baterai tetap bisa dihemat yaitu dengan membuat pengaturan di aplikasi yang memerlukan kerja Google Play Service. Fitur GPS adalah yang menyedot daya baterai paling besar. Saat sebuah aplikasi memerlukan pelacakan lokasi maka akan meminta Google Play Service GPS. GPS cuma terpasang di Google Play Service. Agar bisa lebih mengurangi penggunaan baterai di OS Android 7.0 Nougat ke bawah, masuk ke menu pengaturan, kemudian ketuk Location (lokasi), kemudian ganti ke mode Battery saving. Sementara di Android Oreo, masuk menu Setting, kemudian ketuk Security and location dan pilih mode Battery saving.