Postingan

Mudahnya Cara Download Video di LINE

LINE adalah aplikasi perpesanan yang semakin populer. Sangat populer sehingga memiliki lebih dari 400 juta pengguna terdaftar secara global, per April 2014. Dengan LINE, Anda dapat mengikuti semua jenis akun resmi, dari artis favorit hingga merek yang Anda sukai, untuk mendapatkan berita terbaru atau kupon khusus yang eksklusif untuk pengguna LINE. Ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui mengenai apa saja yang bisa dilakukan dengan LINE.



Di samping fitur obrolan, nelpon sekaligus video chat, aplikasi LINE pun menawarkan fitur home yang mana para pengguna bisa saling share status apakah itu berbentuk pesan, foto dan juga rekaman video. Dari jutaan pengguna tentu banyak video menarik yang membuat pengguna ingin mengoleksinya. Akan tetapi sayang aplikasi LINE tak menyediakan fitur untuk menyimpan video langsung dari Home. Bagaimana cara download video di LINE? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Mula-mula anda mesti memasang aplikasi X-plore File Manager untuk memfasilitasi anda mendownloas video di LINE. Selain aplikasi tersebut, Anda pun dapat memilih aplikasi lain misalnya Root Explorer.

2. Di halaman LINE home, pilih video menarik yang hendak diunduh. Namun sebelumnya jalankan dulu video itu sampai rampung. Sepanjang video tersebut dimainkan tidak boleh sekali-kali menyentuh layar smartphone sebab akan merusak hasil video yang hendak diunduh.

3. Sesudah selesai memutar video, jalankan aplikasi X-plore File Manager kemudian masuk ke folder SD Card/Android/data. Kemudian temukanlah folder jp.naver.line.android/cache/mm/. Harus diketahui jika konten dari folder tersebut hanya berlaku sementara dan akan hilang dalam beberapa menit kemudian.

4. Temukanlah file video terbaru yang dapat ditonton dari tanggal yang tercantum, kemudian rename file itu dengan menyematkan ekstensi .mp4 ke nama file.

5. Sesudah file video LINE diubah namanya terus pindahkan file itu di folder lain. Selesai, kini Anda bisa menikmati video hasil download dari LINE.

Sebenarnya ada banyak tips berguna lain dari aplikasi LINE ini. Misalnya, pengguna bisa melakukan backup dari riwayat chat yang sudah pernah dilakukan. Cara mencadangkan riwayat obrolan LINE sangat mudah. Riwayat chat tidak secara otomatis disimpan di server cloud LINE, jadi jika Anda menghapus aplikasi, Anda akan kehilangan semua riwayat obrolan. Untuk itu sangat penting untuk membuat cadangan riwayat obrolan Anda.

Pertama, masuk ke ruang chat percakapan yang ingin Anda simpan dan ketuk tombol panah bawah di kanan atas lalu pilih Pengaturan chat. Ketuk Cadangan Riwayat Obrolan dan pilih Cadangkan sebagai File Teks, atau Cadangkan Semua. Cadangan Anda akan disimpan di penyimpanan cloud Anda misalnya, Dropbox. Jika Anda memilih cadangan sebagai file teks, Anda tidak dapat mengembalikan riwayat obrolan. Jika Anda memilih Cadangkan Semua, Anda dapat Mengimpor Riwayat Obrolan untuk memulihkannya.

Tips lain yang juga sangat berguna adalah cara melihat dan menyimpan foto yang dibagikan sebelumnya. Anda mungkin telah berbagi beberapa foto melalui aplikasi LINE sebelumnya. Alih-alih menelusuri semua riwayat obrolan Anda untuk mencari foto-foto tersebut, Anda dapat menyimpannya ke Album Obrolan Anda, atau langsung ke perangkat Anda. Caranya,di aplikasi LINE, masuk ke ruang chat yang berisi foto yang hendak disimpan. Ketuk tombol dropdown di kanan atas dan pilih Foto. Ketuk Simpan di bagian bawah, dan centang foto yang ingin Anda simpan. Pilih apakah Anda ingin menyimpannya di album chat LINE atau ke perangkat Anda.

Semoga penjelasan cara download video di LINE di atas bisa bermanfaat. Masih banyak tips-tips penting seputar penggunaan LINE agar lebih maksimal. Oke, selamat mecoba!