4 Aplikasi Chat Teraman untuk Perangkat Android

Jutaan orang bertukar pesan di seluruh dunia setiap hari menggunakan aplikasi chat. Tapi, berapa banyak orang yang tahu apa yang terjadi pada pesan begitu mereka mengirimnya? Apakah sedang dicegat oleh pengguna pihak ketiga? Sebenarnya, kita hidup di zaman pengawasan internet dan pencatatan data. Lembaga atau organisasi tertentu sering menginginkan akses ke komunikasi pribadi misalnya saja upaya peretasan CIA dan upaya FBI untuk mendapatkan akses tidak sah. Peristiwa semacam itu tentu menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna.



Untuk mengatasi masalah tersebut, adakah aplikasi chat yang aman. Aplikasi yang berfokus untuk menjaga privasi pengguna tetap utuh dengan menghadirkan layanan enkripsi end to end di seluruh jalur komunikasi. End to end encryption adalah fitur dimana penyedia layanan tidak menyimpan salinan pesan yang Anda kirim di server mereka, yaitu, hanya orang-orang yang berkomunikasi dengan Anda yang dapat mengakses pesan tersebut. Tidak ada celah di antara keduanya, baik pemerintah maupun pengembang tidak dapat mengaksesnya.

Jadi, jika kerahasiaan sangat penting untuk komunikasi Anda, maka cek daftar aplikasi chat terenkripsi terbaik ini untuk platform Android dan iOS. Aplikasi-aplikasi berikut aman untuk diunduh dan memberikan keamanan maksimal untuk data Anda. Lihat apa saja aplikasi chat teraman yang bisa anda gunakan :

1. Signal Private Messenger

Menjadi salah satu dari beberapa aplikasi chat yang mengklaim mendapat endorsement dari Edward Snowden, Signal Private Messenger sangat bisa diandalkan pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini menggunakan enkripsi end to end yang canggih untuk mengamankan semua pesan yang dibagikan dengan pengguna Signal lainnya. Signal Private Messenger sepenuhnya gratis dan cukup mudah digunakan. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah open source. Karenanya, para ahli dapat dengan bebas memeriksa kode aplikasi untuk setiap kelemahan dalam keamanannya. Ada fitur lain seperti panggilan suara yang sangat terenkripsi, obrolan grup, transfer media, fungsi arsip; dan semua ini tidak memerlukan kode PIN atau kredensial masuk lainnya. Juga, pesan dapat dihancurkan sendiri setelah waktu yang ditentukan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi di komputer Anda dengan plugin browser Chrome baru. Aplikasi ini sangat bagus untuk digunakan dan patut dicoba. Unduh untuk Android di https://play.google.com/store/apps/details?id=org.thoughtcrime.securesms.

2. Telegram

Telegram menghubungkan orang-orang di seluruh dunia melalui jaringan pusat data yang unik. Aplikasi ini diketahui memberikan keamanan terbaik, yang tidak pernah memberikan akses pihak ketiga ke data Anda. Ketika pengguna mengaktifkan fungsi “secrets chats”, pesan dapat dihancurkan sendiri secara otomatis di semua perangkat yang terlibat. Selain itu, jika Anda mau, Anda dapat menetapkan opsi untuk penghancuran diri sendiri akun Anda dalam waktu yang ditentukan. Dengan Telegram, Anda dapat dengan mudah menyinkronkan pesan di berbagai perangkat sekaligus. Aplikasi ini membawa semua fitur penting, seperti mengirim file media, video, dokumen jenis apa pun (.DOC, .MP3, .ZIP, dll.), Atau mengatur bot untuk tugas tertentu. Telegram pun memiliki antarmuka yang sangat minimalis yang membuat aplikasi ini cukup praktis untuk digunakan. Selain itu, aplikasi teks terenkripsi ini sepenuhnya gratis. Itu tidak menampilkan iklan apa pun dan tidak mengenakan biaya berlangganan. Dapatkan untuk Android di https://play.google.com/store/apps/details?id=org.telegram.messenger.

3. Threema

Dengan lebih dari satu juta unduhan, Threema adalah salah satu aplikasi chat aman paling terpercaya untuk Android, iOS, dan Windows phone. Aplikasi ini berbayar dengan biaya US $ 2,99. Ini mengemas semua fitur yang diperlukan untuk menjaga data Anda dari tangan pemerintah, perusahaan, dan peretas. Aplikasi tidak meminta ID email atau nomor telepon saat mendaftar. Alih-alih, ini memberi Anda ID Threema yang unik. Selain pesan teks, Threema memungkinkan enkripsi end to end untuk panggilan suara, obrolan grup, file, dan bahkan pesan status. Pesan yang dikirim dari aplikasi segera dihapus dari server, setelah dikirim. Threema menggunakan library  Networking and Cryptography (NaCl) sumber terbuka tepercaya untuk melindungi komunikasi Anda. Dengan web Threema, Anda juga dapat menggunakan aplikasi dari desktop Anda. Unduh untuk Android di https://play.google.com/store/apps/details?id=ch.threema.app.

4. Wickr Me - Private Messenger

Wickr Me adalah aplikasi chat terenkripsi lain yang mengesankan untuk Android dan iOS. Ini mengenkripsi setiap pesan menggunakan enkripsi end to end yang canggih. Anda dapat mengirim pesan pribadi, yang bisa menghancurkan diri sendiri, foto, video, dan pesan suara ke pengguna Wickr lainnya. Aplikasi ini telah memperkenalkan fitur "Shredder" yang menghapus semua obrolan, konten media yang dibagikan secara permanen dari perangkat Anda. Anda bahkan dapat mengatur "Expiration Timer" ke pesan Anda. Wickr tidak memerlukan nomor telepon atau alamat email saat mendaftar, dan tidak menyimpan metadata apa pun yang terkait dengan komunikasi Anda. Selain semua fitur yang dapat dipercaya ini, aplikasi pesan singkat aman ini sepenuhnya gratis untuk digunakan, dan tidak menampilkan iklan apa pun. Dapatkan di platform Android di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mywickr.wickr2.