5 Aplikasi Andalan Penghemat Data Internet di Android

Tak terhitung orang yang ikhlas mengeluarkan uang sampai ratusan ribu rupiah per bulan hanya demi mengaktifkan paket internet. Kian banyak saja orang yang tergantung dari internet yang aktif di ponsel mereka. Nyaris berbagai aplikasi smartphone mengkonsumsi data mulai dari aplikasi browser, chat, jejaring sosial hingga streaming memakan kuota data yang tak sedikit. Bagi mereka yang sedang berhemat, memasang aplikasi penghemat kuota internet di Android berikut ini adalah langkah tepat.



1. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi penghemat data, Internet Speed Meter Lite akan membantu pengguna mengendalikan pemakaian internet supaya tak berlebihan. Pengguna dapat menentukan aplikasi yang mesti mengurangi pemakaian data dan mana yang tidak. Pengguna pun akan mendapatkan report pemakaian paket internet tiap bulan. Tidak usah risau dengan besaran daya baterai yang terbatas sebab aplikasi yang satu ini pun memfasilitasi penghematan penggunaan baterai. Temukan aplikasinya dengan mengunjungi link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.internet.speed.meter.lite&hl=in.

2. Samsung Max

Inilah aplikasi penghemat data paling simpel dan mudah digunakan. Tool yang satu ini akan langsung melakukan kompresi data saat pengguna mengaktifkan jaringan internet di ponsel mereka. Aplikasi akan segera menjalankan sesi routing seluruh aplikasi yang terpasang di smartphone guna mengurangi penggunaan kuota Samsung Max bisa melakukan kompresi foto, halaman web dan juga video. Samsung Max kemudian memperlihatkan aplikasi mana saa yang rakus data sehingga pengguna pun dapat langsung memblokirnya.

3. Google Chrome

Ini bukan aplikasi khusus penghemat kuota namun Google Chrome merupakan aplikasi browser dengan kelengkapan fungsi penghemat data. Sehingga pengguna dapat memangkas pemakaian data saat berselancar di Google Chrome. Apabila Anda kerap browsing di internet, tentu Google Chrome merupakan alternatif tepat supaya pemakaian data menjadi ramah di kantong. Tinggal jalankan Google Chrome, lantas ketuk simbol tiga garis lurus, dan ketuk menu Settings > Advanced >Data Saver lalu seret tombol menjadi On agar fungsi penghematan data aktif.

4. Opera Mini

Bila pengguna memiliki soal bandwith yang terbatas ditambah jaringan internet yang tak stabil, Opera Mini adalah solusinya. Aplikasi peramban yang satu ini bisa melakukan kompresi data sekaligus menggenjot kecepatan akses. Menggunakan aplikasi ini, user tinggal memilih mode kompresi data “High” atau “Extreme” untuk mengendalikan kegiatan berselancar di Opera Mini. Opera Mini segera memangkas konsumsi data yang caranya yaitu membatasi kualitas gambar, text wrap, protokol, dan beberapa point lain. Sebagaimana Google Chrome, pengguna dapat mengunduh Opera Mini gratis dari Play Store dari tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opera.mini.native&hl=in.

5. 3G Watchdog

Tersedia lagi sebuah aplikasi penghemat data, 3G Watchdog yang bisa diandalkan. Menggunakan 3G Watchdog, pengguna akan diberikan tampilan tiga warna berlainan guna menunjukkan kapasitas kuota internet yang tengah digunakan. Untuk warna hijau berarti paket internet masih berada dalam level aman, lalu ada warna kuning yang berarti peringatan paket data mulai berkurang banyak, kemudian warna merah sebagai pertanda paket internet Anda sebentar lagi habis. Di samping pemanfaatan tiga warna berlainan, 3G Watchdog pun menghadirkan fungsi yang mana pengguna dapat menetapkan sendiri limit pemakaian internet tiap hari, minggu, atau bulanan. Hanya saja aplikasi 3G Watchdog ini tak bisa dipasang di memori SD Card ponsel. Silahkan mengunduh aplikasinya dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=net.rgruet.android.g3watchdog&hl=en.

Saat ini penghematan penggunaan kuota data di ponsel Android sangat penting untuk dilakukan. Untuk diketahui saja, makin banyak aplikasi yang ketika berjalan terus-menerus menyedot kuota data tanpa disadari oleh pengguna. Karena itu jangan sampai tak menggunakan aplikasi penghemat data di ponsel Android Anda mulai sekarang.