Kamis, 07 Februari 2019

Langkah-Langkah Cara Membuat Bingkai di Word

Program Microsoft Office Word tak terbatas untuk mengetik semata. Memanfaatkan fasilitas yang dimilikinya, pengguna dapat membuat berbagai hal seperti menambahkan Watermark pada artikel, atau mempermanis penampilan tulisan menggunakan bingkai. Fitur bingkai tersebut bahkan dapat juga dipakai untuk mendesain frame untuk kartu undangan. Simak langkah-langkah membuat hiasan bingkai di Ms. Word.



1. Cara Membuat Style Borders

Model tepian Ini cukup simpel yaitu berupa garis putus-putus, gerigi, hitam putih dan bentuk-bentuk yang hampir sejenis. Untuk membuat Style Borders langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Buka dokumen Word yang hendak dipercantik tepiannya dengan bingkai. Klik pada menu Design kemudian klik opsi Page Borders. Sehingga otomatis akan keluar banyak pilihan borders. Pilih salah satu model Style Borders yang dikehendaki, kemudian klik pada pilihan tersebut. Maka langsung frame akan tersemat di sekeliling dokumen Word tadi.

2. Cara Membuat Arts Borders

Arts Borders sesuai namanya tentu memiliki tampilan yang lebih cantik dan keren misalnya pola-pola bergambar pohon cemara, buah, hati, ukiran, batik dan sebagainya. Nah untuk Art Borders ini dapat juga diaplikasikan untuk hiasan tepian kartu undangan. Pertama, buka dokumen Word yang akan ditambahkan tepian indah. Klik menu Design kemudian klik Page Borders. Klik pada Arts Borders untuk menampilkan model-model tepian yang cantik-cantik. Pilih salah satu Art Borders yang disukai dengan mengkliknya. Dengan sendirinya, frame yang dipilih tersemat di sekeliling tepian teks Word tersebut.

3. Cara Mengedit Borders

Borders yang sudah dibuat tadi bisa dengan mudah diedit mulai dari mengubah ketebalan, lay out frame, atau menambahkan efek 3D yang sangat keren. Pengguna pun dapat dengan mudah mengganti warna bingkai menurut keinginannya. Buka dokumen Word yang tadinya sudah ditambahkan bingkai. Lantas klik pada Design dan klik Page Borders. Bila ingin merubah warna bingkai, klik saja pada opsi Color dan klik pada salah warna yang tersedia. Untuk mempertebal bingkai, caranya adalah klik opsi Width kemudian tentukan ketebalan bingkai yang dikehendaki. Sementara jika hendak menyisipkan efek 3D, klik menu 3D di sebelah kiri. Beberapa menu menarik lain yang juga bisa digunakan seperti efek shadow, box, atau efek custom. Efek custom seperti menambahkan bingkai cuma di sebelah samping kiri saja, atau kanan saja, sesuai keinginan caranya dengan klik simbol yang tertera di kotak preview. Klik OK untuk mengaplikasikannya.

4. Cara Menerapkan Border hanya untuk Halaman Tertentu Saja

Apabila pengguna cuma akan menerapkan frame untuk satu halaman tertentu, caranya adalah sebagai berikut. Buka dokumen tulisan Word yang hendak ditambahkan border. Seperti biasa, klik pada Design kemudian klik pada Page Borders. Kemudian lihat di opsi Apply to dengan beberapa pilihan meliputi Whole Document (menerapkan untuk semua halaman), This Section (cuma untuk halaman yang sedang dibuka), This Section – First Page Only (cuma untuk halaman pertama), dan This Section – All except First Page (seluruh halaman selain halaman pertama). Pengguna bisa memilih sesuai keinginan dengan mengkliknya. Maka otomatis pilihan tersebut diterapkan ke halaman yang dimaksud.

5. Cara Menghapus Borders

Di samping cara membuat bingkai di Word, pengguna pun dapat dengan mudah menghilangkan borders tersebut. Prosedurnya adalah sebagai berikut. Buka dokumen Word yang telah ditambahkan bingkai. Selanjutnya pengguna dapat mengklik menu Design dilanjut dengan klik menu Page borders. Sesudah itu klik opsi None yang terletak di sebelah kiri, selanjutnya klik. Maka dengan sendirinya, border akan hilang dari dokumen Word tersebut.

Ternyata cara membuat bingkai di Word sangat gampang, sederhana, dan cepat. Silahkan dicoba di komputer atau laptop. Anda bisa berkreasi membuat tampilan dokumen Word Anda makin cantik dan unik dengan tambahan bingkai di sekelilingnya. Nah, selamat mencoba!