Rabu, 06 Februari 2019

Mengatasi Masalah yang Muncul di Asus Zenfone 2

Asus menjadi salah satu produsen ponsel Android yang patut diperhitungkan. Sudah banyak tipe Android yang dikeluarkan perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini. Asus Zenfone 2 menjadi salah satu andalan yang banyak disukai konsumen. Asus Zenfone 2 datang bersama speknya yang tinggi akan tetapi masih dipatok pada harga murah. Ponsel Android ini  mengisi pasar menengah bawah dengan empat varian diantaranya versi ROM 64 GB, dan RAM 4 GB.



Harga Asus Zenfone 2 ditawarkan mulai Rp 2.699.000 untuk varian paling bawah dan Rp 4.499.000 untuk varian tertinggi. Kendati lebih mahal dibanding varian Zenfone pendahulunya, akan tetapi banderol itu dirasa sudah sesuai dengan spesifikasi jeroan yang diberikan. Untuk chipset digunakan Intel Atom Z3560 untuk seri Zenfone 2 ZE550ML dan Intel Atom Z3560/Z3580 untuk seri ZE551ML. Prosesor yang digunakan adalah Quad-core 1.8 GHz/Quad-core 2.3 GHz. Untuk pilihan RAM adalah 2 GB atau 4 GB sementara ROM mulai dari 16 GB, 32 GB atau 64 GB.

Di Indonesia, Asus Zenfone 2 dipasarkan secara resmi oleh 3 distributor yaitu: PT Datascrip, PT Erajaya Swasembada dengan stiker TAM, dan PT Synnex Metrodata Indonesia. Jadi selain dari ketiga penyalur resmi tersebut bisa dipastikan Asus Zenfone 2 yang dibeli adalah tak resmi. Kendati membawa berbagai spesifikasi dan fitur handal, sebagaimana ponsel Android lain, pasti ada saja masalah yang muncul. Berikut beberapa masalah yang mungkin muncul di Asus Zenfone 2 dan cara mengatasinya :

1. Tak dapat membuka aplikasi Play Store

Bila saat membuka Google Play Store lalu keluar pesan “Background data disabled” itu artinya pengguna membatasi akses internet melalui background. Cara menanganinya, masuk  menu Settings, kemudian ketuk Data Usage dan ketuk Apps. Hapus centang untuk pilihan “Restrict background data”

2. Menghapus Word Suggestion di Keyboard

Tersedianya fitur word suggestion untuk keyboard Zenfone 2 akan sangat membantu pengetikan lebih cepat. Akan tetapi apabila belum terbiasa, tentu saja fungsi ini malah akan mengganggu. Untuk itu masuk ke menu Settings, ketuk Language & input kemudian ketuk simbol gerigi pada ASUS Keyboard. Lanjut dengan memilih opsi “Show Word Suggestions dan ketuk “Always Hide”.

3. One Hand Mode

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengoperasikan ponsel dengan satu tangan. Masuk menu Settings lalu ketuk Asus customized settings. Berikutnya berikan tanda tentang untuk pilihan “Quick trigger”. Ketuk dua kali tombol home untuk membuatnya aktif. Ketuk lagi tombol home bila ingin menonaktifkan.

4. Merekam Video menggunakan kamera selfie

Untuk bisa merekam video menggunakan kamera depan, pengguna harus menyetel pengaturan kamera menjadi Auto Mode. Setelah aktif, kini kamera depan sudah bisa digunakan merekam video dengan kualitas yang cukup apik.

5. Kartu microSD tak terdeteksi

Di samping tak terdeteksi, adakalanya kartu microSD di Zenfone 2 pun mengakibatkan bootloop. Penyelesaiannya, coba coba copot kartu microSD itu dan colokkan ke komputer menggunakan Reader card. Lakukan pemformatan kartu MicroSD itu dalam mode NTFS. Sisipkan lagi kartu MicroSD ke slotnya di Zenfone 2 maka akan keluar notifikasi “Blank external storage”, ketuk notifikasi itu. Berikutnya akan keluar notifikasi untuk memformat kartu MicroSD itu, ketuk tombol format. Kini kartu MicroSD sudah bisa terbaca oleh sistem Zenfone 2.

6. Registrasi Serial Number Zenfone 2

Supaya memperoleh garansi dan service maksimal, untuk itu direkomendasikan melakukan registrasi serial number Zenfone 2 yang dimiliki. Prosedurnya, masuk ke aplikasi MyAsus, kemudian buat akun MyAsus baru atau log-in bila sudah punya. Ketuk opsi pendaftaran cepat. Lengkapi seluruh kolom isian sesuai data yang dimiliki. Ketuk pilihan “penggunaan pribadi” kemudian ketuk tombol kirim.

Nah itulah berbagai penyelesaian yang dapat digunakan guna menangani masalah yang mungkin muncul di ponsel Asus Zenfone 2. Boleh jadi masih ada beberapa masalah yang mungkin ditemui pengguna, karena itu ikuti terus update tips dan triknya di situs ini!