Penyebab Aplikasi Tak Terpasang di Android dan Solusi Mengatasinya

Ponsel Android mencapai puncak ketenarannya berkat berbagai fitur dan aplikasi canggih yang ditawarkan. Google Play Store adalah tempat repositori aplikasi Android terbesar yang digunakan jutaan pengguna. Dengan aplikasi Play Store pengguna bisa menemukan dan memasang aplikasi apa saja yang dibutuhkan. Cara mengunduh dan memasang aplikasi di Play Store pun sangat mudah dan cepat. Tentu tergantung pula dari koneksi internet yang digunakan. Tak selamanya berjalan lancar, adakalanya aplikasi tidak bisa dipasang di ponsel karena berbagai sebab berikut :



1. Insufficient storage space

Artinya kapasitas memori di ponsel sudah penuh. Banyaknya aplikasi dan data yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel akan menyebabkan aplikasi baru tak memiliki cukup ruang untuk dipasang. Karena itu pengguna harus mencopot beberapa aplikasi atau menghapus data tak penting yang tersimpan di ponsel.

2. Corrupted apk or apk file

Yaitu aplikasi yang diunduh tersebut rusak atau corrupt. Itu seringnya dialami saat pengguna mengunduh aplikasi dari sumber lain di luar Play Store. Pengguna sering tertarik dengan tawaran aplikasi di internet sehingga penasaran ingin mengunduh dan memasangnya.

3. Incorrect apk install location

Beberapa aplikasi adakalanya hanya bisa dipasang di memori internal ponsel dan tak bisa dipindahkan ke microSD.

4. Installation on a mounted SD card

Pesan kesalahan tersebut berarti pengguna tak bisa menginstal aplikasi di memori internal dan mesti di kartu microSD.

5. Corrupted storage both SD Card and Memory Phone

Aplikasi Android tidak bisa dipasang di perangkat juga bisa disebabkan memori yang corrupt atau bermasalah. Solusinya bisa dengan mengganti kartu bila masalahnya ada pada kartu MicroSD.

6. Apk signature/certificate clash

Muncul tatkala pengguna mengunduh dan memasang aplikasi tak resmi. Misalnya saat pengguna hendak memasang aplikasi adobe dari sumber tak resmi yang sering ditawarkan di beberapa situs APK.

7. Error

Aplikasi yang error tak akan bisa dipasang di ponsel. Kecuali itu bila sistem operasi Android yang digunakan juga sedang bermasalah pun menyebabkan aplikasi tak bisa dipasang.

Tips dan trik berikut ini dapat dicoba saat pengguna mengalami kendala aplikasi Android tak terpasang di ponsel :

1. Lakukan Restart

Coba Reboot ponsel Android yang digunakan. Matikan ponsel, kemudian cabut baterainya dan biarkan beberapa menit. Selanjutnya pasang kembali baterai dan hidupkan lagi ponsel. Lihat, apakah masalah masih muncul?

2. Copot aplikasi yang tak difungsikan

Periksa aplikasi mana saja yang terpasang di ponsel namun jarang atau malah belum digunakan sama sekali. Langkah ini akan memberikan sedikit ruang kosong di memori untuk ditempati aplikasi baru yang hendak dipasang.

3. Teliti versi aplikasi

Untuk menangani aplikasi tak terpasang juga bisa dengan mengecek last version aplikasi tersebut. Aplikasi sama yang telah terpasang di ponsel pun bisa menyebabkan masalah ini.

4. Aplikasi bebas error

Cek bahwa aplikasi yang hendak dipasang itu bebas dari masalah apapun baik error atau corrupted file.

5. Reset untuk app permissions.

Coba klik setting à apps à all à menu key à reset application permission atau Reset app preferences.

6. App installation location

Ubah ke opsi Biarkan sistem Android memilih lokasi atau tempat penyimpanan untuk aplikasi yang hendak diinstal.

7. Memori Micro SD tak sedang terkoneksi ke komputer atau perangkat lain.

8. Format ulang microSD

Langkah pamungkas bila masih saja aplikasi baru tak bisa dipasang di ponsel adalah melakukan format kartu memori MicroSD yang digunakan. Lakukan pencadangan atau backup data-data penting sebelum format dilakukan.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang tak terpasang di ponsel Android. Pastikan bahwa Anda mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Bila aplikasi tak bisa dipasang biasanya akan ada notifikasi dari Google Play Store mengenai penyebabnya. Selamat mencoba!

Related Post

Previous
Next Post »