Begini Cara Mudah Melacak No HP Operator Dalam Negeri dengan Akurat

Akhir-akhir ini sedang ramai penipuan dari ponsel seperti yang beberapa waktu lalu terjadi "mama minta pulsa" atau mengabarkan bahwa salah satu anggota keluarga mengalami kecelakaan dan minta transfer uang untuk biaya pengobatan. Karena itu sangat penting untuk mengetahui dan memastikan orang yang menelepon, atau mengirimkan pesan. Salah satu kiatnya adalah melacak lokasi nomor HP tersebut. Bagaimana cara melacak No Hp tanpa ribet dan bisa dilakukan cepat?



1. Melacak No Hp Indosat

Provider Indosat menawarkan fitur dalam melacak No seluler yang dimilikinya yaitu kartu IM3, Mentari, maupun Matrix. Fitur pelacakan ini pastinya lebih valid sebab pengguna nomor seluler tersebut akan dideteksi sesuai lokasi BTS. Cara melacak No Hp Indosat  yakni lewat menu UMB dan juga mengirimkan SMS. Menggunakan menu UMB, caranya yaitu dial ke nomor *777*6*6# sehingga menampilkan beberapa menu berikut :

   - Lokasi Keluarga: Cari Lokasi, Daftar Baru, Ganti Nama, Hapus
   - Lokasi Belanja: Mal, Resto Café, Alfamart
   - Lokasi Lainnya: Apotek, Masjid, Rumah Sakit, SPBU, Bengkel, Kantor Polisi, Galeri Indosat, ATM

Sementara untuk cara melacak lewat SMS yakni dengan mengetikkan : LACAK<spasi>No. Indosat lalu dikirimkan ke nomor 9111.

2. Melacak No Hp XL

XL Axiata sebagai salah satu operator kenamaan di Indonesia pun menawarkan fasilitas sejenis yaitu LBS (Location Based Services). Menggunakan kemampuan tersebut Anda bisa melacak posisi teman, keluarga, pasangan, dan siapa saja dengan mudah. Pengguna akan dibebankan biaya Rp 1000 untuk setiap SMS. Coba ketikkan SMS dengan format : CARI <spasi> No. HP, selanjutnya kirimkan ke nomor 9455. Dapt juga dengan dial ke kode UMB yaitu : *123*573*1*1#. Pihak XL pun menawarkan fitur blokir No seluler orang lain sehingga tak dapat melacak lokasi nomor HP kita. Cukup dengan mengetikkan BLOCK<spasi>No. HP, lalu kirimkan ke 9455.  Fitur blokir tersebut pun dikenakan biaya Rp 1000/MS.

3. Melacak dengan HLR

HLR kepanjangan dari Home Location Register adalah mekanisme penomoran nomor seluler GSM. Sistem penomoran tersebut sebagaimana penggunaan kode area, yang membedakan adalah HLR cuma menampilkan kota dimana kartu perdana itu dijual dan tidak lokasi nomor itu berada. Kendati demikian, pencarian HLR ini paling tidak bisa menginformasikan lokasi nomor HP itu pertama kali diaktifkan. Pencarian HLR pun akan menginfokan provider seluler yang digunakan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah, masuk ke website ceebydith.com lalu ketikkan nomor HP yang hendak dicek posisi HLR. Pengguna cuma dapat menginput nomor HP provider Indonesia saja. Selanjutnya klik tombol Cari. Lokasi HLR akan ditampilkan dalam bentuk koordinat GPS dari Google Maps.

4. Melacak dengan dondeEsta Family Locator

Cara melacak nomor HP berikutnya yaitu dengan aplikasi dondeEsta Family Locator. Tool ini bisa difungsikan di smartphone atau tablet Android. Aplikasi ini sendiri tak dimaksudkan untuk melacak orang lain namun melacak nomor seluler anggota keluarga saja. dondeEsta Family Locator bermanfaat untuk para orang tua yang hendak memantau keberadaan anak mereka secara remote. Aplikasi ini ditawarkan gratis di Play Store dengan sejumlah fitur seperti : melacak keberadaan anak Anda lagi di sekolah atau di tempat lain, mengirimkan pemberitahuan tatkala anak Anda sampai di sekolah, mengirimkan pemberitahuan saat anak Anda tak di sekolah kala jam belajar, mengirimkan pesan saat anak Anda belum pulang ketika jam pulang telah tiba, mengirimkan pemberitahuan saat anak Anda ingin dijemput, menampilkan navigasi menuju lokasi anak Anda, melacak ponsel saat hilang.

Itu tadi berbagai cara melacak lokasi nomor HP yang bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Bila ingin melacak dengan lebih akurat, coba gunakan fasilitas yang diberikan oleh Indosat atau XL sesuai prosedur di atas. Selamat mencoba!