3 Cara Mudah Menyambungkan Laptop ke TV

Mungkin Anda ingin menunjukkan kepada teman Anda video lucu yang membuat Anda terbahak-bahak tadi malam. Atau mungkin Anda ingin melakukan streaming pertandingan sepak bola, tetapi tak mau duduk membungkuk di sekitar laptop atau smartphone. Solusinya, Anda dapat dengan mudah menghubungkan laptop ke TV secara nirkabel atau dengan kabel. Cek tutorial cara menghubungkan laptop ke TV atau ke perangkat lain dengan prosedur yang mudah.



1. Cara menghubungkan ponsel atau laptop ke TV secara nirkabel

Jika Anda benci koneksi kabel yang terkesan ruwet, akan lebih mudah dan lebih murah menghubungkan laptop ke TV secara nirkabel. Misalnya, jika TV layar datar Anda memiliki fitur streaming media DLNA maka Anda dapat menampilkan film, foto, dan file media lainnya secara langsung ke layar TV tanpa perlu perangkat tambahan. Cukup temukan aplikasi yang tepat di TV Anda untuk menerima konten.

Anda membutuhkan aplikasi yang tepat untuk laptop atau ponsel yang memungkinkan Anda mengirim atau streaming konten menggunakan DLNA. Namun ada solusi sederhana yang tidak secanggih AllCast for iOS and Android yang memungkinkan Anda menampilkan media yang disimpan secara lokal serta media yang dihosting di server DLNA lokal lainnya, atau di cloud melalui layanan yang didukung (termasuk Dropbox, Google Drive, dan Instagram). Jika Anda ingin streaming media, maka ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan solusi server media lengkap seperti Kodi. Sebagai pemain open-source yang menawarkan kemampuan server media dasar, Kodi kompatibel dengan hampir semua layanan streaming yang ada.

Anda juga dapat menggunakan VPN untuk mengenkripsi koneksi Anda dan streaming konten dari mana saja di dunia. ExpressVPN, misalnya, menawarkan aplikasi untuk komputer Mac, PC, dan Linux dan mencakup lebih dari 140 lokasi VPN yang berbeda. Aplikasi lain seperti Plex (https://plex.tv/) atau Emby (http://emby.media/) yang menempatkan server media depan dan tengah. Instal komponen server desktop untuk mengalirkan konten dari laptop Anda, atau membeli aplikasi seluler yang sesuai jika Anda ingin menggunakannya dengan ponsel atau tablet.

2. Gunakan Smart Box

Anda tidak perlu smart TV untuk menampilkan konten di laptop atau smartphone ke TV. Yang Anda butuhkan hanya membeli Smart Box. Ada dua pilihan utama di sini, yang keduanya dicolokkan ke TV Anda melalui port HDMI. Pertama, jika Anda secara eksklusif terikat dengan ekosistem Apple, maka Apple TV 4K memungkinkan Anda untuk melakukan streaming media serta menampilkan konten layar di laptop MacBook atau ponsel iOS  ke layar TV besar. Smart Box lainnya adalah Chromecast Google yang lebih murah dan berfungsi di berbagai perangkat yang lebih luas seperti Windows, Linux, dan Android, serta Mac dan iOS. Anda dapat mengalirkan konten dari ponsel atau laptop menggunakan berbagai aplikasi yang didukung termasuk aplikasi Emby dan Plex.

Chromecast berfungsi di laptop melalui browser web Chrome dan add-in Google Cast. Setelah dipasang, klik tombol Cast di sebelah kanan bilah alamat (atau pilih Cast dari menu) untuk memilih apa yang akan ditampilkan dan di mana untuk mentransmisikannya. Anda dapat melakukannya dengan mengakses antarmuka web berbasis server melalui tab Current di 127.0.0.1:32400/web/. Setiap media yang Anda putar kembali di tab ini kemudian akan muncul di TV Anda. Klik tombol bawah di sebelah kanan 'Cast this tab to…' dan Anda akan melihat dua opsi lebih lanjut:  'Cast this tab (optimise for audio)' untuk memutar musik melalui TV, sementara 'Cast screen / window (experimental) )' untuk menampilkan semua atau sebagian dari layar laptop Anda ke layar TV. Setelah dipilih, Anda dapat memilih untuk menampilkan jendela aplikasi yang dipilih atau seluruh desktop Anda di layar TV.

3. Menghubungkan laptop secara fisik ke TV layar datar

Mungkin Anda tidak memiliki masalah dengan tampilan kabel yang berseliweran. Jika demikian, semua TV layar datar menawarkan setidaknya satu port HDMI, seperti halnya hampir semua laptop non-Apple yang diproduksi delapan tahun terakhir. HDMI merupakan solusi paling pas menghubungkan laptop ke TV. Port HDMI ini mendukung baik audio dan video (HD dan seterusnya). Yang Anda butuhkan hanya kabel HDMI untuk menghubungkan keduanya.