3 Pilihan Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline

Kita berhadapan dengan berbagai jenis file setiap hari ketika bekerja dan bahkan saat memainkan game. Beberapa jenis file digunakan untuk memutar audio dan video, sementara lainnya berhubungan dengan berbagai jenis dokumen. Dari semua jenis file dokumen, file PDF adalah salah satu yang paling umum. PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. File PDF sering digunakan untuk e-book, nota tagihan, dan sebagainya.

Dalam berurusan dengan jenis file ini, suatu saat anda tentu butuh mengeditnya. Anda mungkin mengetahui bahwa file PDF dapat diedit dengan mudah, sama seperti file Microsoft Word jika Anda memiliki perangkat lunak editor PDF yang efisien. Apa dikata, ukuran file PDF umumnya lebih besar dibanding ukuran file Word terlebih file hasil scan. Ukuran Mb-nya yang besar pasti akan cepat menguras ruang hardisk atau proses upload yang lama. Solusinya adalah memperkecil ukuran file-nya. Berikut beberapa cara mudah memperkecil ukuran file PDF baik menggunakan layanan online maupun menggunakan software secara offline.



1. Memperkecil ukuran file PDF dengan layanan online

Anda yang tak ingin ribet dengan memasang software di komputer, bisa memperkecil ukuran file PDF dari layanan situs online. Pilihannya seperti layanan dari situs Docupub yang memiliki fitur PDFCompress. Layanannya bisa diakses dari link berikut https://docupub.com/pdfcompress/. PDFCompress adalah layanan web untuk memperkecil file PDF. Hanya saja layanan ini membatasi ukuran file yang akan diperkecil tak melebihi 5MB. Layanan ini menawarkan pengaturan lengkap, diantaranya menentukan resolusi gambar, dan kompabilitas untuk dibuka di program Adobe Acrobat. Anda bisa menggunakan salah satu opsi dari 4 compression level dari yang terendah low, medium, high, dan tertinggi level maximum. Apabila menghendaki output file PDF dengan ukuran terkecil, gunakan saja opsi maximum compression. Di tingkatan kompresi itu, gambar diturunkan kualitasnya sampai 90% untuk mendapatkan ukuran file PDF yang benar-benar ringan.

2. Memperkecil ukuran file dengan PDF Compressor

Pilihan software favorit yang biasa dipakai banyak pengguna untuk mengecilkan file PDF yaitu PDF Compressor. Software ini ditawarkan gratis dan juga berbayar. Free PDF Compressor tersedia untuk diunduh dari tautan berikut http://www.portablefreeware.com/?id=494. Aplikasi ini menyediakan antarmuka simpel yang mudah dijalankan. Pengguna cukup mengunggah file PDF yang hendak dikecilkan, kemudian tentukan kualitas yang diinginkan dan proses kompresi akan langsung dijalankan. Diberikan 3 tingkatan kompresi dari default, fastest, serta maximum. Untuk membuat ukuran file PDF terkecil, Anda harus memilih level maximum, sementara level default akan memberikan hasil tampilan terbaik. Salah satu kelebihan PDF Compressor ini adalah fitur lossless sehingga gambar atau teks yang dikompres tak menurun kualitasnya dengan dramatis.

3. Memperkecil ukuran file PDF dengan Nitro

Nitro adalah software PDF editor terbaik yang tak kalah dengan Acrobat Reader. Disediakan beberapa metode yang dapat dipilih untuk memperkecil file PDF seperti menghapus obyek sampai melakukan kompresi gambar di dalam file. Ada metode tergampang untuk memperkecil ukuran file yaitu melakukan save ulang file PDF dengan langkah-langkah sebagai berikut :

- Buka file PDF yang hendak dikecilkan, kemudian klik File > Print.
- Klik Nitro PDF Creator dari daftar printer, lalu pilih Properties.
- Klik pada opsi Web-ready Conversion Quality, dan klik OK.

Metode berikutnya yang bisa dilakukan yaitu menghilangkan beberapa bagian file yang tak begitu penting. File PDF biasanya terdapat halaman, bookmark, link, dan juga kode javascript. Anda bisa menghapus bagian-bagian yang dianggap kurang penting agar ukuran filenya berkurang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

- Masuk ke file PDF, kemudian klik menu File > Optimize PDF.
- Klik pada Object, kemudian tentukan mana saja bagian file yang hendak dihapus.
- Selanjutnya klik OK dan klik juga tombol Optimize.

Metode lain mengecilkan ukuran file PDF dengan software Nitro yaitu menurunkan kualitas gambar di dalam file. Metode ini bisa diaplikasikan pada sebuah file PDF dimana kualitas gambar tak begitu dipentingkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

- Buka file PDF yang hendak dikecilkan, lalu klik menu File > OptimizePDF
- Tentukan salah satu dari 5 pilihan kualitas gambar yang tersedia, kemudian klik tombol OK dan tombol Optimize.

Memperkecil ukuran file PDF yang memiliki MB besar ternyata tak sulit. Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa metode di atas, mana yang paling mudah untuk Anda. Ukuran file PDF yang kecil akan memudahkan proses loading dan juga cepat saat diunggah secara online. Nah, selamat mencoba!