5 Aplikasi Handal Pengembali Data Yang Terformat di Flashdisk

Sebagai pengguna komputer atau laptop, Anda mungkin pernah secara tidak sengaja flashdisk tanpa membuat backup. Terkadang, bug atau software virus pun dapat merusak flashdisk tersebut. Dalam hal ini, Anda memerlukan perangkat lunak pemulihan data terbaik untuk mengembalikan file-file penting yang sebelumnya tersimpan di flashdisk. Anda dapat memilih solusi gratis atau berbayar sesuai kebutuhan Anda. Berikut cara mengembalikan data yang terformat di flashdisk menggunakan beberapa aplikasi recovery terbaik :



1. Recuva

Tak mengerankan jika Recuva berada di peringkat pertama daftar software recovery data terbaik. Tool pemulihan data ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan file dari hard drive, DVD atau CD, kartu memori, dan drive eksternal lain termasuk flashdisk. Recuva Piriform melakukan kerjanya dengan mencari data yang tidak dirujuk untuk mendapatkan kembali struktur direktori yang hilang serta mengganti nama dua file dengan nama yang sama saat melakukan pemulihan data. Beberapa fitur andalan yang dimiliki Recuva adalah:

- Pemulihan file superior
- Mode pemindaian mendalam tingkat lanjut
- Mengamankan fitur timpa yang menggunakan teknik penghapusan standar industri & militer
- Kemampuan untuk memulihkan file dari file yang rusak atau yang baru diformat
- Antarmuka pengguna yang mudah
- Layar preview sebelum pemulihan akhir
- Gratis atau murah untuk yang berbayar
- Bekerja baik pada sistem FAT dan NTFS
- Dapat digunakan pada Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows yang lebih lama.

Unduh Recuva dari link berikut : https://secure.piriform.com/502/cookie?affiliate=42964&redirectto=http%3a%2f%2fwww.piriform.com%2frecuva%2fdownload.

2. TestDisk

Ini adalah perangkat lunak open source yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan kembali partisi yang hilang dan memperbaiki disk non-boot. Dilengkapi dengan fitur dan sistem pemulihan file yang handal dan cepat. Beberapa fitur yang ditawarkan TestDisk adalah :

- Memungkinkan pengguna untuk memulihkan / membuat kembali sektor boot
- Memperbaiki atau memulihkan tabel partisi yang dihapus selain dapat membatalkan penghapusan file FAT, exFAT, NTFS dan file sistem ext2.
- Tersedia di semua platform seperti Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows yang lebih lama, Linux, BSD, macOS, dan DOS.

Unduh TestDisk dari tautan berikut : http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download

3.  Stellar Data Recovery

Sesuai namanya, Stellar Data Recovery melakukan pekerjaan luar biasa dalam memulihkan data Anda dari PC Windows dan Mac. Jika Anda menyesali keputusan Anda menghapus file terbaru, Stellar Data Recovery hadir untuk membantu Anda dengan cara yang efektif. Stellar juga memiliki banyak tool lain untuk aplikasi rumah dan bisnis. Beberapa fitur unggulan dari software ini seperti :

- Software bebas risiko untuk memulihkan data dari berbagai jenis perangkat penyimpanan seperti kartu memori, ponsel cerdas, drive USB, hard disk, dll.
- Mudah digunakan, cukup unduh, mulai pemindaian, dan Anda dapat memulihkan data yang terformat sebelumnya.
- Dilengkapi beberapa fitur canggih dan pemulihan file drive dengan cepat
- Cocok untuk pengguna pemula dan non-teknis
- Preview file sebelum melakukan upaya pemulihan terakhir
- Platform yang didukung: Windows 10, 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan, macOS.

4. Undelete 360

Dengan tampilan aplikasi Microsoft Office yang khas karena toolbar dengan gaya ribbon-style dan tema warna biru, Undelete 360 ibuat dengan algoritma canggih yang cepat namun efisien yang memungkinkan pengguna untuk membatalkan penghapusan file. Berikut beberapa fitur Undelete 360 :

- Bekerja pada berbagai perangkat seperti kamera digital, kartu memori, smartphone, hard drive komputer, USB, dll.
- Hex Viewer dan dengan kemampuan untuk melihat file sebelum pemulihan.
- Dapat memulihkan file dari berbagai macam tipe seperti DOC, HTML, AVI, MP3, JPEG, JPG, PNG, GIF, dll.
- Platform yang Didukung: Windows 8, 8.1, 7, Vista, XP, dan versi Windows yang lebih lama.

Unduh Undelete 360 dari link berikut : http://www.undelete360.com/

5. PhotoRec:

PhotoRec secara luas diakui sebagai alat pemulihan file yang handal di berbagai perangkat mulai dari kamera digital, hard disk, dan juga flashdisk. Software ini dibuat khusus untuk memulihkan data seperti gambar, video, dokumen, dll. Beberapa fitur PhotoRec yang ditawarkan seperti :

- Kompatibel dengan hampir semua platform utama seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X dll.
- Hadir dengan kemampuan untuk memulihkan lebih dari 440 format file yang berbeda.
- Fitur seperti 'unformat function' dan kemampuan untuk menambahkan jenis file kustom Anda sendiri.
- Mendukung banyak sistem file, termasuk FAT, NTFS, exFAT, ext2 / ext3 / ext4 dan HFS +.

Unduh PhotoRec dari tautan berikut : http://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec

Mendapati data penting terhapus karena tak sengaja memformat flashdisk memang sangat menyakitkan. Namun Anda tak perlu menyesalinya sebab kini tersedia aplikasi pengembali data terformat terbaik yang bisa diandalkan. Coba salah satunya, dan data-data penting anda akan kembali dengan utuh.