5 Merek MiFi Terbaik untuk Membuat Hotspot Di Rumah

MiFi yang merupakan kepanjangan dari Modem Wifi adalah perangkat praktis untuk internetan di mana saja. Lain dengan router WiFi seperti IndiHome yang membutuhkan koneksi kabel ke jaringan internet maka MiFi ini bersifat portabel. Pelanggan pun tak mesti membayar iuran bulanan namun cukup membeli paket internet layaknya smartpone. Dan memang di dalam MiFi ini terdapat kartu seluler yang digunakan untuk koneksi ke jaringan internet dari provider. Ada banyak MiFi yang ditawarkan, namun sebelum membelinya Anda harus tahu dulu 5 MiFi terbaik yang layak untuk digunakan berikut ini :



1. Smartfren Andromax M2Y

Ditawarkan Rp.300.000 di galeri Smartfren, MiFi Andromax M2Y ini adalah modem paling favorit bagi pengguna internet. Beberapa kelebihannya antara lain dapat terkoneksi dalam waktu bersamaan dengan 32 perangkat. Setting MiFi yang satu cukup mudah, pengguna tinggal mendownload aplikasi M2Y yang tersedia di Play Store maupun Apple Store. Bersifat portable dan bisa dibawa ke mana saja sebab sudah dilengkapi sebuah baterai dengan kapasitas 2.000 mAh yang dijanjikan bisa terus menyala sampai 10 jam untuk melayani hotspot. Andromax M2Y beroperasi di jaringan 4G LTE 2300 MHz milik Smartfren. Selain di Galeri Smartfren, modem ini pun dijual di beberapa lapak situs belanja online macam Bukalapak atau Tokopedia

2. Smartfren Andromax M3Y

MiFi keluaran Smartfren ada beberapa seri, selain M2Y juga Andromax M3Y. Harganya sama yaitu Rp.300 ribu dimana konsumen yang membeli akan juga mendapatkan bonus kuota paket internet hingga beberapa GB. Mesin utama MiFi M3Y ini adalah chipset Qualcomm Snapdragon MDM 9307 yang sangat tangguh dengan performa memuaskan. Pensuplai daya lebih besar dari yang dimiliki M2Y yaitu sebesar 3.000 mAh yang tentu saja akan bertahan menyala lebih lama. Untuk pengaturan Andromax M3Y pun membutuhkan sebuah aplikasi khusus yaitu M3Y yang sudah tersedia untuk diunduh di Play Store bagi pengguna Android.

3. Huawei E5577

MiFi Huawei E5577 ditawarkan dalam paket bundling yang dikeluarkan oleh Bolt. Yang menarik, MiFi juga bisa digunakan dengan kartu seluler dari provider selain Bolt setelah dilakukan unlock sebab beroperasi pada spektrum 4G LTE 1800, 2100 dan 2300 MHz. Hebatnya lagi, Huawei E5577 tak khusus untuk jaringan 4G namun untuk daerah dengan coverage 3G pun bisa menggunakannya. Kecepatan akses yang mampu diberikan MiFi ini cukup mencengangkan yaitu hingga 110 Mbps dan juga bisa diakses hingga 10 perangkat secara bersama-sama.

4. ZTE MF920

Pilihan lain MiFi terbaik untuk akses internet cepat yaitu ZTE MF920. Modem mobile ini beroperasi di jaringan 4G LTE pada kanal 800, 1800, dan 2600 MHz. Kehandalan MiFi ini bisa dibuktikan dari kecepatan unduhan yang ditawarkan yang mencapai 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps. Anda bisa berbagi internet hingga 10 perangkat sekaligus menggunakan MiFi buatan ZTE ini. Dilengkapi dengan baterai 2.000 mAh yang mampu bertahan hingga 6 jam nonstop.

5. Huawei E5673

MiFi ini dipasarkan dalam bentuk kerjasama antara Smartfren dengan Huawei. Huawei E5673 support di jaringan LTE dengan kecepatan download sampai 150 Mbps dan upload sampai 50 Mbps. Harga MiFi ini cukup mahal yaitu Rp.550 ribu dan bisa dibeli di Galeri Smartfren atau pembelian online di situs e-commerce besar tanah air. Bisa menghubungkan maksimal sampai 16 perangkat dalam waktu bersamaan. Hanya saja daya jangkau sinyal Wifi yang pancarkan maksimal cuma 10 meter. Untuk daya baterai juga  terbatas yaitu hanya sebesar 1.500 mAh untuk penggunaan dalam 6 jam.

Membuat koneksi WiFi sendiri di rumah kini sangat mudah dilakukan. Selain berlangganan internet dari IndiHome atau MNC Play, kita pun bisa menggunakan MIFi. Alat dengan bentuk kecil ini sangat praktis digunakan di rumah dan di mana saja untuk memancarkan koneksi internet ke perangkat lain. Pilihan MiFi terbaik dari daftar di atas dapat anda pilih salah satunya untuk digunakan di rumah.