Cara Mengecek Alamat IP Address Komputer dan Jaringan

Saat komputer atau laptop terkoneksi ke jaringan, pengguna akan diberikan suatu address atau alamat yang dinamakan IP (Internet Protocol Address). Manakala Anda menyambungkan komputer ke jaringan baik lokal atau internet, komputer tersebut mempunyai IP internal untuk menandai alamat di jaringan lokal atau IP eksternal untuk alamat koneksi internet. Sebagian pengguna komputer mungkin masih belum paham cara menampilkan IP Address komputer mereka. Karena itu berikut beberapa cara melihat IP Address komputer.



IP Address adalah serangkaian angka biner mulai 32 bit hingga 128 bit yang difungsikan untuk alamat identifikasi dari tiap komputer host dalam jaringan internet. Bilangan 32 bit difungsikan sebagai alamat IP Address versi IPv4 sementara bilangan 128 bit dipakai sebagai IP Address versi IPv6 untuk menandakan alamat komputer di jaringan internet berbasis TCP/IP.

1. Cara mengecek IP Public memanfaatkan search engine

Untuk metode ini digunakan mesin pencari Google, Ask, Bing, dan juga DuckDuckGo. Buka salah satu mesin pencari tadi lalu ketikkan di kotak pencarian : “what is my IP” kemudian klik tombol enter. Hasilnya adalah alamat IP Public komputer yang anda gunakan misalnya : 199.27.79.192. IP Public dari komputer Anda disajikan dari hasil pencarian teratas, meski adakalanya juga ditunjukkan dalam kolom tersendiri. Untuk layanan Ask, cara melihat IP Address yaitu dalam kotak “More Answers”.

2. Cara mengecek IP Public dari menu Router Settings

Cara melihat IP Address juga dapat dilakukan dengan mengeceknya dari perangkat router yang digunakan. Prosedurnya, dari browser komputer akses halaman konfigurasi router dengan mengetikkan alamat akses yang biasanya sudah tertera di perangkat. Umumnya data IP Public ada di menu "Router status, Internet, atau WAN". Sebelah bawah halaman itu tercantum data “Internet Port” atau “Internet IP Address” yang merupakan alamat IP Address perangkat router tersebut. Perangkat yang terhubung ke router tersebut juga menggunakan IP Address itu. Di halaman tersebut juga tertera alamat IP komputer lain yang terhubung ke router tersebut jika ada.

3. Cara mengecek IP Public dari Command Prompt

Cara mengetahui IP Address komputer dari fitur Command Prompt agak ribet. Untuk Windows 7, mula-mula tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan "cmd" (tanpa tanda petik) dalam kolom Search dan tekan tombol enter. Jendela Command Prompt dengan warna hitam akan terbuka. Untuk Windows 8 dan yang lebih baru, tekan tombol Windows + X pada keyboard kemudian klik Command Prompt di daftar menu. Selanjutnya ketikkan "ipconfig" (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. Jendela Command Prompt langsung memberikan berbagai data terkait  jaringan termasuk alamat IP komputer.

4. Cara mengecek IP Public dari Network Connections

Masuk ke menu Network Connections di komputer dengan tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan cpl lalu tekan enter. Pada koneksi aktif di komputer, klik kanan kemudian klik Status. Klik pada Network Connection Details kemudian klik Details untuk melihat data IP Address komputer yang digunakan.

5. Cara mengecek Privat IP untuk Linux

Masuk Terminal dari Utilities Folder atau tekan tombol Ctrl + Alt + T berbarengan. Ketikkan salah satu dari perintah konfigurasi IP berikut ini :

sudo ip addr show - pengguna harus mengetikkan password administrator sesudah menginput perintah tadi
/sbin/ifconfig - pengguna tak perlu password administrator untuk hak akses perintah tersebut

Tiap perintah tadi akan memberikan detil koneksi yang terkoneksi ke komputer. Lihat koneksi yang digunakan. Bila komputer terkoneksi lewat Ethernet, koneksi biasanya dengan nama eth0 sementara kalau komputer terkoneksi menggunakan internet nirkabel, biasanya nama jaringannya adalah wlan0.

Ternyata ada  beragam cara mengecek IP Address. Data alamat IP Address internal dan eksternal biasanya berguna untuk keperluan koneksi jaringan apabila terjadi gangguan. Selamat mencoba!