Mudahnya Mengaktifkan Fitur Bluetooth di Laptop, Ketahui Cara-Caranya Berikut Ini

Bluetooth adalah opsi untuk terkoneksi dengan perangkat lain. Melalui Bluetooth ini Anda dapat menghubungkan ponsel, mouse, headset, printer, keyboard, tablet, dan perangkat Bluetooth lain dengan laptop atau PC yang mendukung Bluetooth. Anda dapat mentransfer file secara bolak-balik, menggunakan mouse atau keyboard sebagai perangkat input nirkabel, atau menggunakan headset nirkabel untuk input dan output audio. Pendek kata Bluetooth dapat melakukan banyak hal, tergantung pada jenis perangkat Bluetooth yang Anda miliki.



Bluetooth cukup mudah digunakan, tetapi bisa sedikit membingungkan bagi pengguna baru. Untuk menghubungkan dua perangkat Bluetooth secara bersamaan, satu (atau keduanya) dari perangkat harus dapat dikenali. Proses koneksi Bluetooth awal ini dikenal sebagai "pairing." Banyak laptop sudah dilengkapi dengan dukungan Bluetooth, tetapi mungkin dinonaktifkan secara default untuk menghemat daya baterai. Anda bisa menemukan tombol untuk mengaktifkan Bluetooth di keyboard laptop atau di program yang disertakan oleh produsen laptop. Jika komputer Anda tidak memiliki dukungan Bluetooth, Anda dapat membeli adaptor Bluetooth. Alat ini cukup murah dimana cara memasangnya cukup dicolokkan ke port USB di laptop Anda.

Bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop yang memiliki fitur tersebut? Berikut beberapa alternatif cara mengaktifkan Bluetooth di laptop, pilih yang anda anggap paling mudah :

1. Menekan tombol Fn di keyboard

Kebanyakan sebuah laptop keluaran terkini sudah tersedia fitur bluetooth secara built-in. Pada laptop ini, cara mengaktifkan Bluetooth yaitu cukup dengan klik tombol Fn bersamaan dengan salah satu tombol antara F1 hingga F12. Dari keduabelas tombol F tersebut salah satu biasanya tertera ikon Bluetooth berukuran kecil. Beda merek laptop bisa saja beda letaknya, namun yang pasti anda bisa melihat ikon tersebut. Misalnya saja ikon Bluetooth tersebut berada di tombol F10 maka untuk mengaktifkannya Anda harus menekan secara bersamaan tombol Fn dengan F10. Apabila langkah yang dilakukan tepat, otomatis keluar simbol Bluetooth di taskbar bawah sebelah kanan. Fitur Bluetooth sudah aktif dan dapat mulai dilakukan pairing dengan perangkat lain.

2. Melalui fungsi Device Manager

Untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop juga bisa dilakukan dari fitur Device Manager. Prosedurnya mudah sekali, Anda cukup masuk ke menu device manager. Di jendela device manager itu akan ditampilkan detil seluruh perangkat atau komponen yang terhubung atau digunakan di laptop, salah satunya adalah Bluetooth. Apabila laptop memang memiliki fitur bluetooth akan tetapi belum diaktifkan maka klik kanan pada tulisan Bluetooth tersebut lalu klik pada “enable”. Opsi “disable” artinya untuk menonaktifkan fungsi Bluetooth.

3. Menginstal Driver Bluetooth

Saat Anda mengaktifkan fitur Bluetooth di laptop apakah itu memanfaatkan tombol Fn atau memasang dongle USB bluetooth namun masih belum aktif, boleh jadi sistem operasi di laptop belum diinstal driver Bluetooh. Driver adalah program kecil untuk menghubungkan fungsi Bluetooth dengan sistem operasi laptop. Untuk mengaktifkan Bluetooth, untuk itu install lebih dahulu driver Bluetooth. Penginstalan dapat dilakukan menggunakan CD driver bawaan. Namun apabila tak memiliki CD driver bawaan Anda dapat mengunduh driver Bluetooth dari internet. Sangat penting untuk menggunakan driver Bluetooth yang sesuai dengan tipe Bluetooh bawaan atau dongle USB Bluetooth di laptop.

4. Memasang Dongle USB Bluetooth

Tak setiap laptop membawa fitur Bluetooth secara built-in terutama tipe-tipe laptop lama. Apabila kebetulan laptop Anda tak memiliki fitur Bluetooth secara bawaan dan tak terlihat simbol Bluetooth di salah satu deretan tombol F, Anda harus membeli dongle USB Bluetooth. Dongle USB Bluetooth adalah alat berukuran sebesar flashdisk dengan fungsi utama memancarkan atau menerima sinyal Bluetooth dari perangkat lain. Cara memasangnya ke laptop cukup dengan dicolokkan ke salah satu port USB di laptop. Alat ini biasanya sudah Plug and Play artinya anda tak perlu memasang drivernya terlebih dahulu untuk mengaktifkan fungsinya.

Ada banyak manfaat bila laptop memiliki fitur Bluetooth terutama untuk koneksi dengan perangkat lain. Laptop bisa dihubungkan dengan printer menggunakan fitur Bluetooth sehingga tak perlu ada sambungan menggunakan kabel.  Dengan Bluetooth ini pun laptop bisa memanfaatkan headset atau speaker yang juga memiliki fitur yang sama. Selain kecepatan transfer data yang diberikan, dengan Bluetooth ini pun tak akan ada kabel yang berseliweran di sana sini.

.