5 Opsi Cara Cek Xiaomi Asli, Pilih yang Paling Mudah

Jika Anda tidak membeli perangkat Xiaomi dari situs web resmi Xiaomi dan ingin memeriksa apakah smartphone Xiaomi tersebut palsu atau asli, lanjutkan membaca panduan berikut ini. Perangkat Xiaomi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Smartphone Xiaomi memang ditawarkan dengan harga murah namun membawa spesifikasi yang sangat layak untuk diandalkan. Xiaomi hanya menjual produk mereka di situs resmi sehingga konsumen bisa memastikan jika produk yang diterima asli. Hanya saja untuk yang membeli dari berbagai situs belanja baik lokal maupun luar negeri tak bisa memastikan keaslian produk tersebut.



Sangat penting untuk mengetahui cara cek Xiaomi asli bagi konsumen yang hendak membeli. Memang cukup sulit membedakan perangkat Xiaomi palsu hanya dari penampilan dan konfigurasinya. Oleh karena itu berikut akan diberikan 3 cara cek Xiaomi asli yang dapat diandalkan.  Mengecek keaslian Xiaomi adalah dengan otentikasi produk (product authentication) yaitu mengunjungi situs resmi Xiaomi di https://www.mi.com/verify/#secur_en. Di situs web tersebut, pengguna dapat mengecek Xiaomi asli atau palsu dengan 2 cara:

1. Gunakan kode keamanan 20 digit untuk memeriksa produk Xiaomi

Kode keamanan terletak di bagian belakang kotak paket produk Xiaomi. Gosok lapisan untuk mendapatkan kode keamanan 20 digit dari perangkat Xiaomi yang dibeli. Kemudian masukkan kode keamanan 20 digit untuk memeriksa apakah perangkat tersebut asli atau tidak. Setiap kode keamanan hanya cocok dengan satu produk Xiaomi dan hanya milik Anda. Jika kode keamanan 20 digit tersebut sebelumnya telah dimasukkan oleh orang lain maka produk Xiaomi Anda mungkin tak dibeli dari saluran resmi. Tidak semua produk Xiaomi memiliki kode keamanan sebab ada laporan dari konsumen yang membeli smartphone Xiaomi 5S dari situs resmi Xiaomi, tetapi tidak ada kode keamanan di kotaknya. Ketika dicek dengan nomor IMEI dan S / N di situs resmi Xiaomi hasilnya ponsel tersebut asli.

2. Cek keaslian ponsel Xiaomi dengan nomor IMEI dan S / N

Untuk cara cek Xiaomi asli atau palsu ini, pertama-tama, cari nomor IMEI dari smartphone Xiaomi yang dibeli. Kemudian dapatkan nomor S / N di bagian belakang ponsel / baterai / kotak kemasan. Setelah itu, masukkan nomor IMEI dan S / N (jangan hilangkan karakter "/" nomor S / N keenam) untuk memverifikasi perangkat tersebut.

3. Cek Xiaomi asli dengan aplikasi Mi Verification

Cara cek Xiaomi asli atau tiruan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mi Verification. Pertama-tama, unduh aplikasi Mi Verification di smartphone Xiaomi Anda dari Google Play Store atau dari situs resminya (http://bigota.d.miui.com/antifake/antifake_137.apk). Setelah terpasang, jalankan aplikasinya dan buka mode Performance pada smartphone sesuai dengan instruksi. Buka situs resmi di jd.mi.com dan pindai kode QR untuk memverifikasi perangkat Xiaomi yang dibeli. Lihat hasilnya di halaman web tersebut dan bukan di aplikasi. Hasil identifikasi Xiaomi asli memang hanya ditampilkan di halaman situs resmi tersebut. Jika hasilnya ditampilkan di aplikasi maka bisa dipastikan smartphone Xiaomi yang dibeli itu palsu.

4. Cek Xiaomi asli dari situs MIIT

MIIT atau Ministry of Industry and Information Technology (Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi) adalah lembaga resmi milik otoritas Cina yang bertanggung jawab untuk internet, telekomunikasi, penyiaran, komputer, telepon, dan perangkat elektronik lainnya. Jika pengguna paham beberapa bahasa Cina mereka dapat memverifikasi ponsel mereka. Sebelum memeriksa perangkat, konsumen harus menemukan sertifikat akses jaringan perangkat Anda. Secara umum, sertifikat akses jaringan dipasang di bagian belakang smartphone Xiaomi. Buka situs web MIIT di http://www.tenaa.com.cn/WSFW/flagvalidate.aspx dan masukkan nomor sertifikat dan klik "Next". Kemudian akan muncul model perangkat secara otomatis, yang sama dengan model pada sertifikat akses jaringan. Masukkan nomor scrambling dan IMEI dan klik tombol konfirmasi. Akhirnya, hasil ditampilkan dalam kata-kata merah seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kalimat itu berarti ponsel cerdas Xiaomi asli ("是 真的" jika kalimat itu mengatakan "不是 真的", itu berarti produk palsu.

Di atas adalah metode verifikasi dan cara cek Xiaomi asli yang akan membantu Anda dan juga ribuan konsumen lain mendapatkan perangkat orisinal. Nah, selamat mencoba!