Cara Cek Kecepatan Internet, Penjelasan Data yang Didapat

Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin memeriksa kecepatan internet broadband Anda. Misalnya untuk memeriksa apakah wi-fi Anda bekerja seefisien mungkin di sekitar rumah Anda. Cara cek kecepatan internet sangat mudah sebab sudah banyak tool yang tersedia untuk itu. Tetapi setelah Anda mengetahui kecepatan internet yang anda gunakan, apa artinya? Dan apa yang dapat Anda lakukan dengan informasi tersebut?



Kecepatan internet diukur dalam megabit per detik (Mpbs). Anda tidak usah bingung dengan megabyte (MB) yang mengacu pada ukuran file digital untuk aplikasi, foto, lagu atau film. Satu megabit terdiri dari 1.000 kilobit, dan kecepatan internet dapat merujuk pada kecepatan unduh atau unggah. Kecepatan unduh penting untuk streaming atau mengunduh konten di internet, sedangkan kecepatan unggahan sangat penting untuk berbagi gambar atau memposting konten di media sosial. Semakin tinggi kecepatannya, semakin cepat Anda akan dapat mengunduh film di situs streaming, mendapatkan musik dari Spotify, atau mengunggah foto dan video ke jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram.

Berbagai jenis aktivitas membutuhkan kecepatan yang berbeda, misalnya streaming acara TV atau film Netflix dalam kualitas standar memerlukan pengunduhan kecepatan 3Mpbs yang direkomendasikan, bila dalam format high definition perlu 5Mpbs dan untuk kualitas 4K / Ultra HD kecepatan pengunduhan yang disarankan adalah 25Mbps. Kecepatan broadband Anda dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Semakin dekat Anda dengan router semakin cepat koneksi Anda. Koneksi Broadband standar menggunakan kabel tembaga untuk lalu lintas datanya.

Apakah situs web sedang down? Kadang-kadang, jika situs web lambat dimuat, mungkin tidak ada hubungannya dengan kecepatan broadband Anda dan semua yang berkaitan dengan kinerja situs itu sendiri. Jika ribuan orang mengunjungi situs itu sekaligus dan situs web tidak dapat menangani lalu lintas yang tidak terduga tersebut maka dapat memperlambat loading dan bahkan gagal memuat. Mungkin juga ada saat-saat ketika masalah teknis menurunkan kecepatan loading situs web. Jika ini terjadi, ada baiknya memeriksa status situs di https://downforeveryoneorjustme.com/ atau coba lagi nanti.

Posisi Hub Anda dapat membuat perbedaan besar pada kinerja wi-fi Anda. Taruh di tengah rumah Anda, jadi dinding yang kurang tebal harus dilewati dan semakin banyak ruang yang akan dijangkau oleh sinyal. Di atas meja atau rak sangat ideal, karena beberapa sinyal tidak dikirim melalui papan lantai. Air menyerap sinyal, jadi hindari meletakkannya di dekat tangki air, di samping TV tidak apa sebab logam dapat memantulkan dan menyebarkan sinyal. Mungkin Anda tergoda untuk menyembunyikan Hub di lemari, namun itu jangan dilakukan sebab akan mengurangi kekuatan sinyal. Hindari meletakkannya di dekat jendela sebab beberapa sinyal akan keluar dan hilang. Jika beberapa perangkat menggunakan koneksi internet yang sama misalnya jika Anda melakukan streaming Netflix di ruang tamu, sementara orang lain sedang bermain Xbox Live di lantai atas maka sinyal akan terpecah dan koneksi akan terasa melambat. Pastikan Anda memutuskan sambungan gadget apa pun dari internet yang tidak perlu online.

Ada dua cara untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan internet di rumah Anda: melalui wi-fi atau menggunakan kabel Ethernet yang menghubungkan langsung ke Hub. Wi-fi adalah yang paling nyaman karena Anda dapat menghubungkan perangkat secara nirkabel di mana pun Anda berada di rumah. Namun, Ethernet kabel lebih cepat dan mungkin menjadi pilihan yang lebih baik daripada wi-fi untuk aktivitas data-intensif seperti mengunduh film. Wired broadband juga memiliki latensi yang lebih rendah - waktu yang diperlukan untuk data dari komputer melakukan perjalanan ke server; dalam kasus-kasus seperti game Xbox Live, latensi yang lebih rendah berarti Anda mendapatkan respons yang lebih cepat saat bermain game online, yang bisa menentukan menang kalah.

Kini saatnya kita membahas cara cek kecepatan internet. Ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah situs Fast.com. Anda hanya perlu mengunjungi Fast.com dan tes kecepatan internet yang Anda gunakan secara otomatis akan dimulai. Jika Anda ingin memeriksa kecepatan koneksi internet sekali lagi, Anda perlu menekan tombol muat ulang dan pengujian pun akan dimulai lagi.