Cara Membuat Google Form

Lembar form atau formulir adalah salah satu komponen paling serbaguna di internet. Apakah Anda memerlukan form kontak atau halaman checkout, survei atau direktori siswa, form adalah semua yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan informasi tersebut. Dengan Google Form, hanya perlu beberapa menit untuk membuatnya secara gratis. Google Forms bersama dengan Docs, Sheets, dan Slides adalah bagian dari rangkaian aplikasi online Google untuk membantu pengguna menyelesaikan lebih banyak hal di browser secara gratis. Berikut cara membuat Google Form langkah demi langkah.



Google Form adalah salah satu cara paling sederhana untuk menyimpan data secara langsung ke spreadsheet, dan ini adalah pendamping terbaik untuk spreadsheet Google Sheets. Google Form menjadi alat pembuat form dengan fitur lengkap yang gratis cukup menggunakan akun Google. Anda dapat menambahkan jenis pertanyaan standar, drag and drop  pertanyaan dalam urutan yang Anda suka, sesuaikan formulir dengan foto atau tema warna, dan kumpulkan respons dalam Formulir atau simpan ke lembar kerja Google Sheets. Mari kita mulai dengan membuat formulir kontak cepat sehingga Anda dapat melihat betapa mudahnya menggunakan Google Form ini.

1. Membuat form Google pertama kali

Buka docs.google.com/forms, lalu pilih template atau mulai dengan formulir kosong. Ada juga tautan ke form Google di Documents, Spreadsheet, dan Slide: klik File > New> Form untuk memulai formulir kosong baru. Atau, di Google Sheets, klik Tools -> Create a Form untuk memulai formulir baru kosong yang secara otomatis ditautkan ke spreadsheet itu. Form akan mengisi bagian tengah layar, dengan ruang untuk judul dan deskripsi diikuti oleh bidang formulir. Klik bidang formulir untuk mengeditnya dan menambahkan pertanyaan. Gunakan kotak dropdown di sebelah bidang untuk memilih jenis bidang, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya. Google Form menawarkan beberapa opsi pengaturan. Toolbar mengambang di sebelah kanan memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak bidang formulir. Di menu kanan atas Anda dapat mengubah skema warna formulir, melihat pratinjau formulir, menggunakan tombol Kirim untuk berbagi formulir, dan mengakses opsi tambahan lainnya, termasuk menginstal add-on untuk Formulir. Beralih dari tab Pertanyaan ke tab Respons di editor formulir Anda untuk melihat respons saat ini ke formulir Anda dan menautkannya ke spreadsheet. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan pertanyaan dan mengirimkan formulir, jadi mari kita lihat opsi formulir dan apa yang dapat Anda lakukan dengan masing-masing.

2. Mengisi field Google Form

Form Google mencakup 12 jenis bidang: 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto, dan video. Cukup klik ikon + di bilah sisi kanan untuk menambahkan pertanyaan baru, atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir Anda. Setiap bidang menyertakan tombol salin untuk menduplikasi bidang, untuk cara sederhana menambahkan pertanyaan serupa ke formulir Anda. Ada juga tombol hapus, opsi untuk membuat bidang yang diperlukan, dan menu dengan opsi tambahan di sisi kanan. Anda dapat mengganti jenis pertanyaan kapan saja, namun perlu dicatat bahwa pengaturan dan pertanyaan bidang Anda akan diatur ulang jika Anda beralih dari beberapa pilihan, kotak centang, atau menu ke jenis pertanyaan lainnya. Dan, untuk dengan cepat mengisi pertanyaan di bidang, cukup tekan enter untuk mulai menambahkan yang lain. Beberapa yang harus diisi adalah :

- Judul dan Deskripsi, bidang judul dan deskripsi ditambahkan secara otomatis ke setiap formulir dan bidang.
- Jawaban singkat, bidang ini sangat cocok untuk meminta jawaban singkat seperti : nama, alamat email, nilai, dan banyak lagi. Anda mendapatkan satu baris teks untuk menjawab pertanyaan, meskipun nantinya pengisi form dapat memasukkan teks sebanyak yang mereka inginkan.
- Paragraf, sama seperti bidang jawaban pendek, ini adalah bidang untuk teks berbentuk panjang ketika Anda menginginkan umpan balik terperinci atau catatan yang lebih panjang dalam jawabannya.
- Pilihan Ganda, kolom default untuk pertanyaan baru dalam form Google, pilihan ganda memungkinkan Anda membuat daftar opsi dan meminta pengguna memilih satu. Anda dapat memiliki form lompatan ke bagian lain berdasarkan pada jawaban atau memiliki opsi jawaban diacak untuk mencegah bias.
- Kotak centang, mirip dengan pilihan ganda, bidang ini memungkinkan Anda membuat daftar jawaban dan meminta pengguna memilih sebanyak yang mereka inginkan.
- Dropdown, sama persis dengan bidang pilihan ganda dengan opsi ini jawabannya ada di menu yang berguna untuk membuat bentuk formulir tetap ringkas ketika ada banyak pilihan jawaban.
- Skala Linear, bidang yang memungkinkan orang memilih angka dalam rentang, skala linier memungkinkan Anda mengatur skala dari 0 atau 1 hingga 2-10 dengan label untuk opsi terendah dan tertinggi.
- Kotak Pilihan Ganda, ini mungkin bidang yang paling membingungkan, karena bidang ini ditampilkan dalam daftar dan bukan di kotak saat akan muncul kepada pembaca. Pada dasarnya, Anda menambahkan pertanyaan sebagai baris, dan opsi tentangnya sebagai kolom. Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin baris dan kolom yang Anda inginkan, tetapi perlu dicatat bahwa pembaca harus menggulir ke kanan untuk melihat lebih dari 6 kolom di browser desktop atau hanya 3 kolom di ponsel. Anda mungkin ingin menjaga pratinjau formulir tetap terbuka saat menyiapkan pertanyaan kisi, cukup ketuk ikon mata di kanan atas, dan segarkan halaman itu untuk melihat perubahannya.
- Tanggal, ingin meminta tanggal atau waktu tertentu, mungkin untuk menjadwalkan acara atau mencatat aktivitas? Bidang tanggal dapat meminta tanggal dan bulan dan, opsional, tahun dan waktu juga. Perhatikan bahwa format tanggal akan ditampilkan dalam format default untuk lokasi Anda. Jika Akun Google Anda disetel ke lokal Bahasa Inggris AS, tanggal akan diformat sebagai MM / DD / YYYY; Akun Inggris akan menunjukkan tanggal sebagai DD / MM / YYYY.
- Waktu, memungkinkan Anda meminta lama waktu dalam jam, menit, dan (opsional) detik, untuk cara mencatat berapa lama suatu kegiatan.