Cara Mengatasi Tidak Bisa Live Instagram

Situs jejaring sosial selalu mengeluarkan beberapa fitur terbaru untuk lebih menyenangkan pengguna mereka, dan tidak terkecuali dengan Instagram. Instagram Live adalah fitur terbaru yang sedang menjadi tren yang akan memberikan perasaan dekat dan juga urgensi untuk selalu online setiap saat. Fitur Instagram Live menjadi fitur yang populer bagi segala kalangan pengguna, tetapi itu tidak berarti fitur ini datang tanpa masalah. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa live Instagram yang membuat jengkel.



Mungkin tidak mudah untuk mengetahui mengapa Live Instagram Anda tidak berfungsi, dan ada beberapa cara berbeda untuk menanganinya. Anda mungkin mendapati tidak dapat melihat streaming langsung, atau Anda mungkin tidak dapat memulainya. Berikut beberapa tips berguna memecahkan masalah tidak bisa live Instagram :

1. Restart aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba me-restart aplikasi, yang merupakan cara terbaik untuk menyelesaikan berbagai masalah, dan seringkali menjadi solusi paling sederhana menangani Live tak bisa berjalan. Dianjurkan untuk mematikan seluruh perangkat dan kemudian menyalakannya kembali, karena ini akan memastikan aplikasi Instagram telah ditutup sepenuhnya. Pengguna akan memulai sesi baru ketika membukanya kembali usai perangkat dinyalakan.

2. Cek update terbaru

Jika cara pertama belum menyelesaikan masalah, periksa apakah Instagram telah merilis update terbaru. Bila memang sudah tersedia, silahkan mengunduh dan menginstal, kemudian restart perangkat kembali.

3. Cek di perangkat lain

Jika pengguna memiliki akses ke perangkat lain, mereka bisa mencoba masuk ke aplikasi Instagram dan lihat apakah fitur Live berfungsi. Sama halnya, jika pengguna memiliki banyak akun, gunakan untuk memastikan apakah live yang tidak berfungsi itu hanya masalah satu akun.

4. Instal ulang aplikasi

Jika tidak ada solusi yang berfungsi, pengguna harus mempertimbangkan untuk menginstal ulang aplikasi Instagram dari awal. Untuk melakukannya, hapus dari daftar aplikasi Masuk ke Play Store dan temukan aplikasi Instagram terbaru dan instal ulang.

5. Hubungi pusat bantuan dan dukungan Instagram

Jika tidak ada saran di atas yang membuat fitur Live Instagram berfungsi, maka pengguna mungkin perlu mempertimbangkan untuk menghubungi pusat bantuan dan dukungan Instagram. Mereka akan segera mendiagnosis masalah dan menawarkan solusi, dan mereka juga dapat memberitahukan jika pengguna lain juga mengalami masalah yang sama.

Video Instagram Live adalah bagian dari fitur Stories Instagram. Jadi pengguna akan selalu menemukannya di bagian atas layar saat menggunakan aplikasi Instagram dengan tulisan Live. Pengguna mungkin bertanya-tanya, apa bedanya antara Stories dan Instagram Live? Sebenarnya ada beberapa perbedaan signifikan. Hal pertama adalah bahwa setiap video live dapat bertahan lebih dari 15 detik, yang merupakan hal yang cukup lama. Hal lain, adalah video live ditransmisikan secara real-time. Tapi seperti halnya Stories, Instagram Live juga tersedia untuk semua pengguna Instagram.

Cara menggunakan Instagram Live pun sangat mirip dengan Stories Instagram. Ketuk ikon kamera, di sudut kiri atas, seperti yang Anda lakukan untuk mengunggah Stories Instagram. Kemudian cukup alihkan opsi ke "Live". Ketuk ‘Start Live Video’ dan silahkan beraksi. Pengguna akan melihat semua suka dan komentar (pengguna pun dapat mematikan komentar atau memoderasinya). Pengguna pun akan diberitahu mengenai siapa saja yang bergabung dengan transmisinya dan jumlah total yang melihat. Semua itu akan terlihat tidak hanya untuk pengguna tetapi juga bagi siapa saja yang menonton video live tersebut.

Segala jenis acara baik untuk itu - konser, acara bisnis, lokakarya, beberapa perayaan khusus atau situasi di belakang panggung dapat dibuat siaran live-nya di Instagram. Pengguna pun dapat menggunakannya sebagai semacam media untuk berbicara dengan pengikut atau memberi tahu tentang sesuatu yang baru. Manfaat lain dari Live Instagram juga untuk memperkenalkan produk baru dengan menekankan manfaat yang bisa diperoleh. Instagram Live dapat membantu untuk lebih mendekatkan dengan audiens.