Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop Windows dan Linux

Berinternet kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja berkat kehadiran smartphone, laptop dan juga layanan hotspot di berbagai lokasi publik. Layanan hotspot tersebut kebanyakan gratis meski untuk menggunakannya, user harus mengetikkan password. Seperti wifi gratis di kafe atau sekolah, pengguna harus tahu dulu password wifi tersebut agar bisa mengaksesnya. Password wifi bisa ditanyakan ke pemilik hotspot atau admin. Namun adakalanya kita lupa dengan password wifi meski sudah pernah menggunakan layanan tersebut di waktu lalu.Lalu bagaimana cara mengetahui password wifi yang lupa?



Bagi para pengguna laptop yang sering memanfaatkan hotspot gratis, sangat mudah untuk menemukan password WiFi menggunakan beberapa perintah cmd. Perintah ini berfungsi bahkan ketika Anda sedang offline atau Anda terhubung ke beberapa jaringan WiFi lainnya. Dengan menggunakan perintah ini, kita dapat lebih mengoptimalkan jaringan WiFi seperti mengaktifkan pengacakan mac, mengubah jenis radio WiFi, dll.

Setiap kali kita terhubung ke jaringan WiFi dan memasukkan password untuk terhubung ke jaringan tersebut, kita sebenarnya sudah membuat profil WLAN dari jaringan WiFi itu. Profil itu disimpan di dalam laptop bersama dengan data penting lainnya dari profil WiFi. Alih-alih menggunakan GUI, kita juga dapat mencari password WiFi menggunakan cmd. Langkah-langkah berikut ini bekerja bahkan ketika Anda benar-benar offline atau Anda tidak terhubung ke wifi tertentu yang Anda cari kata sandinya. Cara mengetahui password WiFi menggunakan cmd :

1. Dari laptop,buka jendela command prompt dan jalankan sebagai administrator.

2. Pada langkah selanjutnya, kita ingin tahu tentang semua profil yang disimpan di laptop kita. Jadi, ketik perintah berikut di cmd : netsh wlan show profile. Perintah ini akan menampilkan semua profil WiFi yang pernah kita akses.

3. Ketik perintah berikut untuk melihat password jaringan WiFi apa pun : netsh wlan show profile WiFi-name key=clear

4. Di bawah security setting, di key content, kita melihat password WiFi dari jaringan itu.

Selain mengetahui password, kita juga dapat menggunakan data tersebut untuk lebih mengoptimalkan WiFi yang kita miliki. Misalnya, Di bawah informasi profil, kita dapat melihat fitur pengacakan mac yang dinonaktifkan. Kita dapat mengaktifkan fitur pengacakan mac untuk menghindari pelacakan lokasi Anda berdasarkan alamat MAC perangkat.

Berikut cara mengaktifkan pengacakan mac pada laptop yang menjalankan sistem operasi Windows 10  :

1. Buka setting dan klik ‘Network & internet’

2. Pilih 'WiFi' di sebelah kiri dan klik pada opsi Advanced.

3. Aktifkan fitur ‘‘Random Hardware Address". Jika perangkat keras nirkabel kita tidak mendukung fitur ini, bagian "Random Hardware Addresses" tidak akan muncul sama sekali di menu setting.

Juga, di bawah setting konektivitas, pada radio type, kita dapat melihat seluruh daftar. Gangguan saluran (Channel interference ) bisa menjadi alasan lain mengapa akses WiFi begitu lambat. Jadi, kita mungkin juga bisa mengubah setting radio type untuk kecepatan akses yang lebih baik. Sejauh menyangkut radio type, kita juga dapat mengubahnya di router untuk koneksi yang lebih baik.

Jika kita pernah mencoba memasang sistem operasi, misalnya, Ubuntu Linux, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi WiFi persis di awal pengaturan. Ini akan membantu setting untuk mengambil pembaruan terbaru dan memberi kita sistem operasi yang siap digunakan setelah instalasi. Setelah kita memasukkan password WiFi, sistem Linux akan menyimpannya dan memastikan bahwa kita tidak perlu memasukkan password lagi dan lagi. Hal yang sama juga diminta di smartphone Android. Jadi, jika kita bukan orang yang pertama kali mengetikkan password jaringan WiFi, kadang kita terlupa dengan kata sandi tersebut.

Cara mengetahui password wifi di laptop dengan sistem operasi Linux adalah sebagai berikut :

1. Buka jendela Terminal Window baru.

2. Sekarang jalankan perintah berikut di terminal untuk mencari di mana detail koneksi jaringan disimpan : cd/etc/NetworkManager/system-connections
3. Dengan perintah ls, daftarkan semua jaringan yang disimpan di mesin Ubuntu : ls
4. Sekarang dengan bantuan perintah cat diikuti dengan nama jaringan, kita dapat melihat detail wifi yang disimpan. Di bawah bagian, WiFi-Security, kita dapat menemukan password yang akan diawali dengan "psk =". Jangan lupa untuk mengganti dengan nama jaringan Wifi yang hendak dicari pasword-nya (misalnya :sukamedia : sudo cat sukamedia.