Sangat Mudah, Begini Cara Uninstall Crossbrowse di PC

CrossBrowser adalah program yang mungkin tidak diinginkan (potentially unwanted program) yang mengklaim menawarkan fungsionalitas browser Internet biasa. Walaupun CrossBrowser tampaknya merupakan aplikasi yang sah, perlu diketahui bahwa itu dikategorikan sebagai adware. Para pengembang CrossBrowse menggunakan metode pemasaran perangkat lunak yang menipu yang disebut 'bundling' (pemasangan diam-diam dari program tambahan bersama dengan perangkat lunak yang dipilih) untuk dipasang di peramban Internet tanpa izin pengguna.



Setelah berhasil melakukan infiltrasi, CrossBrowser melacak aktivitas penjelajahan internet pengguna dan menghasilkan iklan online yang mengganggu. CrossBrowser mengumpulkan berbagai informasi perangkat lunak dan perangkat keras seperti alamat Protokol Internet (IP), jenis dan data peramban (URL yang dikunjungi, halaman yang dilihat, permintaan pencarian, cookie, dll.), Sistem operasi, waktu dan tanggal, dan perincian lain yang mungkin akan diidentifikasi secara pribadi. Perilaku ini dapat menyebabkan masalah privasi serius atau pencurian identitas. Selain itu, iklan yang dihasilkan oleh aplikasi jahat ini termasuk banner, pop-up, interstitial, dan iklan dalam teks. Sangat mungkin bahwa iklan ini akan mengarah pada infeksi adware atau malware lebih lanjut, dan karena itu, Anda sangat disarankan untuk menghapus instalasi aplikasi yang mungkin tidak diinginkan ini dari browser Internet Anda. Anda harus tahu cara uninstall Crossbrowse yang menginfeksi komputer Anda.

Ada banyak aplikasi jahat yang mirip dengan CrossBrowser. Beberapa contohnya adalah BoBrowser, Fun For me, dan SoftwareRefresher. Tidak satu pun dari aplikasi ini yang berguna bagi pengguna sebab tujuan utamanya hanya untuk menghasilkan pendapatan dengan menampilkan iklan yang mengganggu dan berbagi data yang dikumpulkan dengan pihak ketiga. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar adware didistribusikan melalui program kecil yang disebut 'pengelola unduhan' pada situs web unduhan freeware seperti download.com, softonic.com, dan soft32.com. Situs web ini menggunakan pengelola unduhan untuk menguangkan layanan dan lalu lintas gratis mereka dengan menawarkan pemasangan program tambahan bersama dengan perangkat lunak yang dipilih.

Pemasangan aplikasi jahat ini dapat dihindari dengan mengamati dengan cermat setiap langkah prosedur pengunduhan perangkat lunak gratis dan mengklik 'Decline' saat ada tawaran pemasangan program tambahan apa pun. Selain itu, semua perangkat lunak yang diunduh dari Internet harus diinstal menggunakan opsi instalasi 'Advanced' atau 'Custom', alih-alih 'Quick' atau 'Typical'. Langkah tersebut akan mengungkapkan detil aplikasi yang dibundel dan memungkinkan Anda untuk memilih keluar. Jika Anda telah menginstal CrossBrowser, ikon Google Chrome Anda telah dihapus dari Desktop, dan Anda akan menjumpai iklan online yang mengganggu. Cek prosedur cara uninstall Crossbrowse berikut ini :

1. Untuk pengguna Windows 7, klik Start (Logo Windows di sudut kiri bawah desktop Anda), pilih Control Panel. Temukan Program dan klik Uninstall a program. Sementara untuk pengguna Windows XP, klik Start, pilih Setting dan klik Control Panel. Temukan Crossbrowse dan klik Add atau Hapus Program. Untuk pengguna Windows 10 dan Windows 8: klik kanan di sudut kiri bawah layar, di menu Quick Access pilih Control Panel. Di jendela yang terbuka pilih Programs and Features.

2. Setelah menghapus instalasi program yang mungkin tidak diinginkan yang menyebabkan iklan CrossBrowser, pindai komputer Anda untuk mengetahui komponen yang tidak diinginkan yang tersisa atau kemungkinan infeksi malware. Untuk memindai komputer Anda, gunakan perangkat lunak penghapus malware yang disarankan misalnnya SH Remover.

CrossBrowser tidak hanya menginstal plug-in browser di Internet Explorer, Google Chrome, atau Mozilla Firefox, namun dibundel dengan adware lain. Karena itu, Anda disarankan untuk menghapus semua add-on browser yang mungkin tidak diinginkan dari browser Internet Anda. Menghapus add-on berbahaya dari Internet Explorer, klik ikon "roda gigi" (di sudut kanan atas Internet Explorer), pilih "Manage Add-on". Cari ekstensi peramban mencurigakan yang baru saja diinstal, pilih entri ini dan klik "Remove". Jika Anda terus mengalami masalah dengan penghapusan adware crossbrowse, reset pengaturan Internet Explorer Anda ke default.

Untuk pengguna Windows XP: Klik Start, klik Run, di jendela yang terbuka ketik inetcpl.cpl Di jendela yang terbuka klik tab Advanced, lalu klik Reset. Pengguna Windows Vista dan Windows 7: Klik logo Windows, di kotak pencarian Star ketik inetcpl.cpl dan klik enter. Di jendela yang terbuka, klik tab Advanced, lalu klik Reset. Lalu untuk pengguna Windows 8: Buka Internet Explorer dan klik ikon roda gigi. Pilih Opsi Internet. Di jendela yang terbuka, pilih tab Advanced. Klik tombol Reset. Konfirmasikan bahwa Anda ingin mengatur ulang pengaturan Internet Explorer ke default dengan mengklik tombol Reset.

Untuk menghapus ekstensi jahat dari Google Chrome: Klik ikon menu Chrome (di sudut kanan atas Google Chrome), pilih "Tools" dan klik "Extensions". Temukan: semua add-on browser mencurigakan yang baru saja diinstal, pilih entri ini dan klik ikon tempat sampah. Jika Anda terus mengalami masalah dengan uninstall crossbrowse, setel ulang pengaturan browser Google Chrome Anda. Klik ikon menu Chrome (di sudut kanan atas Google Chrome) dan pilih Pengaturan. Gulir ke bawah ke bagian bawah layar. Klik tautan Advanced…. Setelah menggulir ke bagian bawah layar, klik tombol Reset (Kembalikan pengaturan ke pengaturan awal). Di jendela yang terbuka, konfirmasikan bahwa Anda ingin mengatur ulang pengaturan Google Chrome ke default dengan mengklik tombol Reset.