Solusi Headset Tak Dikenali Sistem Laptop

Apakah Anda pernah menyambungkan headphone ke laptop dan siap untuk menikmati musik favorit atau menonton film secara pribadi. Namun Anda mendapat pesan "Windows 10 won’t recognize headphones" atau Windows 10 tidak mengenali headphone. Ini bisa membuat frustrasi dan menjengkelkan. Namun, ada berbagai solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Ketahui cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop berikut ini.



Solusi 1: Nonaktifkan deteksi jack panel depan

Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk menyelesaikan masalah 'Windows 10 tidak mengenali headphone'. Jika Anda menginstal perangkat lunak Realtek di komputer atau laptop, ikuti langkah ini dengan menonaktifkan deteksi jack headphone. Coba lagi mencolokkan headphone Anda untuk melihat apakah solusi ini cocok. Jika menonaktifkan deteksi jack panel depan tidak memperbaiki masalah ‘Windows 10 tetap tidak mengenali headphone’, coba solusi berikutnya.

Solusi 2: Ubah format suara default

Alasan lain mengapa headphone Anda mungkin tidak dikenali oleh Windows 10 adalah format audio. Jika parameter ini tidak diatur dengan benar, maka Anda mungkin memiliki masalah yang sama berulang kali. Berikut cara mengubah format sound default:

- Klik kanan Start
- Klik Control Panel
- Klik Hardware dan Sound
- Pilih Sound
- Di bawah Playback, klik dua kali pada Playback Default Device
- Beralih ke tab Advanced
- Ubah format sound default dari menu drop down
- Coba pasang lagi headphone Anda untuk memeriksa apakah solusi ini memperbaiki masalah 'Windows 10 tidak mengenali headphone'.

Solusi 3: Atur headphone sebagai perangkat pemutar default

Jika mengubah format sound default tidak berhasil, coba atur headphone Anda sebagai perangkat pemutaran default menggunakan langkah-langkah berikut ini:

- Klik kanan tombol Start
- Klik pada Control Panel
- Pilih Hardware and Sound
- Klik Sound
- Di bawah Playback, klik kanan dan pilih Show Disabled devices
- Dari daftar headphone, klik kanan pada nama perangkat headphone Anda
- Pilih Enable
- Klik Set as Default
- Klik Terapkan
- Setelah Anda mengikuti semua langkah tersebut, pasang kembali headphone Anda dan periksa apakah cara ini berfungsi.

Solusi 4: Perbarui driver audio / sound

Anda dapat memperbarui driver audio / sound dengan dua cara:

- Menggunakan utility tool

Kadang-kadang masalah ini dapat disebabkan oleh driver audio atau sound yang sudah lama atau tidak kompatibel. Dalam hal ini, Anda perlu memperbarui driver dengan menggunakan unduhan driver asli, kemudian perbarui utility yang dapat memindai drive Anda dan menemukan yang salah dalam waktu singkat. Setelah ini selesai, utility akan secara otomatis mengunduh dan menginstal versi terbaik untuk laptop Anda. Setelah Anda mengunduh utility, ambil langkah-langkah berikut untuk memperbarui driver audio / sound Anda dan menyelesaikan masalah 'Windows 10 tidak mengenali headphone'. Pindai komputer Anda dengan utility tool, lalu klik scan untuk melakukan pemindaian penuh. Langkah ini akan mengungkapkan daftar semua driver yang sudah lama, tidak kompatibel, rusak, atau hilang termasuk driver audio / sound. Perbarui driver audio / sound dengan mengklik Repair. Sistem akan secara otomatis mengunduh dan menginstal kecocokan terbaik untuk driver audio / sound di laptop. Anda juga dapat memperbarui semua driver bermasalah lainnya. Ingatlah untuk membuat cadangan driver sebelum menginstal pembaruan baru untuk mencegah crash. Terakhir reboot komputer Anda untuk melakukan pembaruan driver audio / sound.

- Memperbarui driver secara otomatis

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya. Mengunduh driver secara manual adalah proses yang berisiko karena bisa saja menginstal driver yang salah, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi yang serius. Cara yang lebih aman dan lebih mudah untuk memperbarui driver pada komputer Windows adalah memanfaatkan program updatee otomatis seperti TweakBit Driver Updater. Driver Updater secara otomatis mengidentifikasi setiap perangkat di komputer Anda dan mencocokkannya dengan versi driver terbaru dari database online yang sangat banyak. Driver kemudian dapat diperbarui dalam batch atau satu per satu, tanpa mengharuskan pengguna untuk membuat keputusan yang rumit dalam proses tersebut. Inilah cara kerjanya: Unduh dan instal program TweakBit Driver Updater. Setelah diinstal, program akan mulai memindai laptop untuk driver yang sudah usang secara otomatis. Driver Updater akan memeriksa versi driver yang terinstal dari database cloud untuk versi terbaru dan merekomendasikan pembaruan yang tepat. Yang perlu Anda lakukan hanya menunggu pemindaian selesai.