3 Cara Blokir No Hp Pengganggu di Ponsel Android

Penelepon yang mengganggu bisa dikategorikan sebegai salah satu kejahatan di dunia modern seperti sekarang ini. Apakah itu penelepon yang menawarkan barang, jasa, asuransi  atau orang-orang iseng yang mungkin tak suka dengan Anda. Memiliki ponsel Android yang setiap saat hanya untuk melayani penelepon pengganggu yang tidak diinginkan tentu sama sekali tidak menyenangkan. Karena itu Anda harus tahu cara blokir no Hp di Android untuk menghentikan sepak terjang mereka.



Di beberapa negara seperti di Inggris, pengguna dapat mendaftar ke Telephone Preference Service yang akan memblokir semua panggilan yang tidak diinginkan. Hanya saja beberapa pelaku yang gigih tetap saja berhasil lolos. Bila itu yang sedang anda alami, apa yang dapat dilakukan di ponsel Android Anda untuk menghentikan kegilaan tersebut? Setidaknya ada tiga opsi utama cara blokir No Hp di Android : menghubungi operator seluler Anda, masuk ke menu Pengaturan ponsel untuk mengaktifkan fitur black list,  atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TrueCaller.

Karena tata letak menu-menu di Android cenderung bervariasi pada merek handset yang berbeda, maka untuk langkah-langkahnya mungkin akan sedikit berbeda. Namun banyak prinsip yang sama berlaku di sebagian besar merek Hp Android tersebut. Jadi, jika Anda tidak melihat merek ponsel Android Anda tercantum, coba gunakan solusi lain yang disediakan. Ada beberapa ponsel yang tidak mengizinkan fitur blokir No Hp secara langsung sehingga pengguna dapat menggunakan solusi aplikasi pihak ketiga.

1. Cara blokir No Hp di ponsel Samsung

Untuk memblokir nomor penelepon pengganggu di ponsel Samsung, buka aplikasi Phone dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Dari menu yang muncul pilih settings, lalu ketuk Block Numbers. Anda dapat memasukkan nomor ponsel pengganggu tersebut di sini untuk memblokirnya. Atau mengaktifkan sakelar block all unknown callers untuk memblokir semua penelepon yang tidak dikenal atau tak masuk dalam daftar kontak.Untuk memblokir nomor dari Riwayat panggilan Anda, ketuk pada lingkaran bundar dengan kepala di sebelah nomor tersebut, lalu ketuk tiga titik di sudut kanan atas halaman dan pilih Block Numbers.

2. Cara blokir No Hp di ponsel LG

Pada ponsel LG Anda harus membuka aplikasi Phone, pilih tab Call logs, lalu ketuk tiga titik di kanan atas dan pilih Call settings. Di bawah menu General pilih 'Call blocking and decline with message'. Pilih nomor yang diblokir, ketuk tanda +, lalu pilih Contacts, Call Log atau New Number. Pilih atau masukkan nomor yang akan diblokir, lalu ketuk Done. Dari Call Log Anda juga dapat memblokir nomor tertentu dengan memilihnya, mengetuk tiga titik di kanan atas dan memilih Block Numbers, Block.

3. Cara blokir No Hp di ponsel HTC

Pada HTC U11, misalnya, Anda dapat memblokir nomor-nomor tertentu dengan membuka aplikasi People dan memilih Manage Contacts dari menu. Pilih Blocked Contacts, lalu ketuk Add untuk menentukan nomor yang akan diblokir. Anda dapat memilih kontak yang ada dan ketuk Save, atau masukkan nomor ponsel baru dan ketuk OK. Anda juga dapat memblokir nomor dari Riwayat panggilan Anda dengan menekan lama dan memilih Block Contact, OK.

4. Cara blokir No Hp dengan aplikasi

Sementara produsen ponsel di atas telah menjadikannya sangat mudah untuk menghindarkan diri Anda dari para marketing atau orang iseng yang mengganggu, beberapa merek ponsel Android mungkin tak memiliki menu untuk memblokir No Hp pengganggu. Untungnya, masih ada solusi pihak ketiga. Jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus di ponsel Anda, seperti Avast, maka Anda akan menemukan fitur pemblokir nomor pengganggu. Kalau tidak, Anda dapat mengunduh aplikasi khusus seperti Truecaller (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller&hl=en_GB) atau Mr Number (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mrnumber.blocker&hl=en_GB), yang menyediakan solusi yang sama dengan yang ada di ponsel yang tercantum di atas.