Cara Membuat Kode QR di Ponsel Android Hanya dengan Beberapa Ketukan

Pada artikel ini, kita akan belajar cara membuat QR Code di Android. Quick Response Code (disingkat QR Code) adalah barcode tipe matriks 2-dimensi yang digunakan untuk menyimpan data. Ini lebih populer karena kapasitas penyimpanannya dan keterbacaan yang cepat. Berikut 4 pilihan andal aplikasi pembuat kode QR di Android :



1. QR Code Generator & Scanner

QR Code Generator & Scanner adalah aplikasi yang sangat sederhana dan berguna yang membantu Anda membuat gambar Bar-code kustom Anda sendiri. Anda dapat menggunakan gambar kode batang ini untuk iklan, untuk berbagi informasi, untuk menjadi bagian dari dunia modern. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama yaitu generator dan scanner. Ada lagi fitur baru untuk memindai gambar dengan mengunggah dari galeri. Aplikasi ini menyediakan banyak jenis kategori kode qr seperti profil pribadi, profil bisnis, kontak, pesan, teks bebas, surat, situs web, profil perusahaan, dll. Cukup pilih salah satu dari kategori tersebut dan isi kolom yang diperlukan untuk menghasilkan gambar Kode QR dan berbagi dengan teman-teman Anda. QR Code Generator & Scanner tersedia untuk diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appstudio.android.qrcodegenerator&hl=en_US.

2. QR Code Generator

Aplikasi dengan nama yang hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. QR Code Generator adalah alat sederhana dan nyaman yang akan membantu Anda membuat gambar QR Code yang ditampilkan di layar. Beberapa jenis konten didukungnya termasuk Teks, Url, Email, Nomor ponsel, Kontak, Geolokasi dan SMS. Cara menggunakannya pun mudah, pertama pilih tipe QR Code yang diinginkan, masukkan kontennya, lalu pilih model, atau pilih gambar lain sebagai latar belakang. Tekan tombol 'generate' untuk membuat gambar QR Code. Dalam mode background, pindahkan gambar QR code ke posisi yang sesuai, selesai. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ykart.tool.qrcodegen&hl=en_US.

3. Barcode Generator

Anda dapat membuat kode QR untuk berbagai keperluan dengan 11 tipe yang bisa dipilih. Beberapa tipe QR Code yang bisa dibuat antara lain : QR code generator (Denso Barcode, QRCode, Quick Response Code, JIS X 0510, ISO/IEC18004); DataMatrix generator (ECC200, Data Matrix); Aztec Code generator (ANSI/AIM BC13 ITS/97/002); Code 39 generator (ANSI/AIM Code 39, Uniform Symbology Specification Code 39, USS Code 39, USS 39, Code 3/9, Code 3 of 9, USD-3, LOGMARS, Alpha39, Code 39 Extended, Code 39 Full ASCII); dan masih banyak lagi. Aplikasi Barcode Generator untuk Android buatan pengembang Aeiou ini bisa didownload dari : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blogspot.aeioulabs.barcode&hl=en_US.

4. QR Reader & Generator PRO

Aplikasi membuat QR Code ini sesuai namanya yang menambahkan PRO artinya ia berbayar. Namun dengan hanya Rp.7.500 untuk membelinya Anda sudah bisa menikmati seluruh fitur canggih dari aplikasi yang satu ini. QR Code Reader ini adalah frame code dan barcode reader terbaik untuk Android. Setiap jenis frame code reader dan barcode ini sangat mudah digunakan. Beberapa fitur QR Reader & Generator PRO ini antara lain : desain frame yang cantik dan minimalis,  membaca QR Code secara instan, mudah digunakan, senter untuk membaca dalam kondisi visibilitas yang buruk, riwayat penelusuran, membuat kode QR dan kode batang, merekam barcode, dan tak ada iklan yang muncul. QR Reader ini dapat memindai dan membaca semua jenis kode batang / kode bingkai 1-dimensi dan 2-dimensi termasuk teks, url, ISBN, produk, kontak, kalender, email, lokasi, Wi-Fi, dan banyak format lainnya. Setelah memindai pengguna disajikan dengan hanya opsi yang relevan untuk frame code atau jenis barcode dan pengguna dapat melakukan langkah yang sesuai.
Aplikasi QR Code Reader adalah pembaca kode one frame atau pemindai barcode yang Anda butuhkan. Tersedia untuk diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=barcodeqrpro.andover.qrbar.

Cara membuat kode QR di ponsel Android ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Yang Anda butuhkan hanya menginstal aplikasinya lalu ikuti langkah-langkah dari instruksi yang diberikan. Nah, selamat mencoba!