Ternyata Begini Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Android terkenal dengan kemampuannya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai pengguna, Anda mungkin pernah mencoba untuk mengatur dan mengubah aplikasi default di Android namun tak tahu bagaimana caranya. Google Play Store sekarang memiliki sejumlah aplikasi hebat yang baru diluncurkan setiap saat. Jika Anda menyukai aplikasi baru, Anda harus dapat mengaturnya sebagai default untuk sementara waktu dan kemudian beralih dengan cepat jika Anda ingin mengembalikan ke setelan sebelumnya. Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di Android?



Sebagai contoh, sejumlah pengguna berpendapat jika aplikasi Boomerang for Android lebih baik daripada Gmail sebagai klien email default. Beberapa saat kemudian, aplikasi Mailbox lain diluncurkan dan mereka mungkin ingin menggunakannya sebagai default, hanya untuk melihat seperti apa rasanya. Namun jika mereka tidak menyukainya dan ingin mengembalikan ke default ternyata prosesnya tidaklah sederhana. Pengguna harus menemukan aplikasi default itu, menghapusnya dari pengaturan Android, dan kemudian memilih aplikasi baru ini dan melakukan semuanya lagi ketika mereka ingin kembali. Namun ada pilihan mudah, berikut cara menghapus aplikasi bawaan di Android.

Aplikasi bernama Better Open With adalah pilihan terbaik untuk menghapus aplikasi bawaan dari Android. Seperti halnya AppChooser membersihkan menu Share Anda, aplikasi ini memudahkan untuk menyesuaikan aplikasi default di ponsel Android Anda. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Better Open With dari Play Store di link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aboutmycode.betteropenwith&hl=en.

2. Masuk ke pengaturan lalu masuk ke menu Aplikasi untuk memilih aplikasi default yang ingin dihapus.

3. Gulir ke bawah untuk memilih menu “Launch By Default”. Kemudian ketuk “Clear Defaults”.

4. Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap aplikasi default yang ada. Ini penting dan tidak bisa dilewati. Butuh waktu sekitar 10 menit untuk menyelesaikan semua aplikasi default.

5. Jalankan aplikasi Better Open With. Anda akan melihat daftar berbagai kelompok asosiasi aplikasi : Audio, Audio Stream, Browser, Ebook, Email, Geo Location, Images, PDF, Text Files, Video Files, dan Video Stream.

6. Ketuk semua jenis file dan pilih aplikasi yang ingin Anda asosiasikan dengannya. Misalnya, ketuk Browser dan ketuk Chrome (ikon bintang akan berubah biru) untuk menjadikannya sebagai default Anda. Apa yang Anda lakukan pada dasarnya adalah memberi tahu Android Anda, "Ketika saya mengetuk tautan di mana saja, buka di Chrome." Seperti diketahui, Google Chrome adalah peramban tercepat di Android.

7. Anda dapat memilih berbagai aplikasi untuk berbagai jenis tautan. Misalnya, untuk tautan Twitter, Anda dapat memilih untuk membukanya di Tweetings, salah satu klien Twitter yang dapat dikostumisasi untuk Android. Demikian pula, Anda dapat memilih opsi lain untuk YouTube, Reddit, Wikipedia, Google+, dan Play Store.

8. Tetapkan aplikasi default untuk masing-masing jenis file sebelum Anda keluar. Sekarang, buka jenis file di atas satu demi satu. Kotak dialog akan meminta Anda untuk memilih aplikasi default. Dalam hal ini, pilih Better Open With dan pilih "Always". Dan seperti itu, Anda tidak perlu pergi ke Pengaturan untuk menghapus  aplikasidefault lagi.

9. Anda lihat, saat berikutnya Anda ingin mengatur aplikasi default, Anda hanya perlu masuk ke Better Open With dan memilih aplikasi itu sebagai default di sana. Segera aplikasi default Anda akan berubah dan tidak diperlukan langkah lebih lanjut.

Nah, kini Anda sudah paham cara menghapus aplikasi bawaan di ponsel Android. Anda bisa menyesuaikan aplikasi apa saja yang seharusnya menjadi default sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan dicoba!