Dua Cara Screenshot Samsung Galaxy J Series

Galaxy J adalah seri smartphone berbasis Android yang sangat dinanti-nantikan yang diproduksi oleh Samsung. Seri Galaxy ini sudah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia dengan masuknya berbagai perangkat seperti J2, J3, J5, dan sebagainya. Karena ini adalah seri Galaxy berharga terjangkau dan cukup canggih, tak heran jika banyak konsumen yang memfavoritkannya. Dalam posting ini, akan dibahas cara untuk mengambil tangkapan layar di ponsel cerdas Samsung Anda.



Cara screenshot samsung J series berikut ini khususnya untuk tangkapan layar pada Samsung Galaxy J1, J2, J5 dan J7. Setelah Anda tahu cara melakukannya, ini adalah fitur yang kemungkinan besar akan sering Anda gunakan di ponsel Galaxy Anda. Ini bisa dibilang cara termudah untuk menangkap apa yang terjadi di layar ponsel. Memang ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda melakukan hal tersebut, tetapi begitu anda paham cara melakukannya, Anda mungkin tidak pernah mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk tugas ini.

Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya pada tidak kurang dari empat perangkat yang berbeda, perlu diingat bahwa tata letak tombol untuk ponsel Galaxy  series tersebut adalah sama. Cara screenshot Samsung di ponsel seri Galaxy J adalah sama untuk J1, J2, J5 dan J7.

1. Pertama yang harus dilakukan, siapkan pada tampilan layar apa yang hendak anda screenshot, lalu tekan dan tahan tombol daya dan home secara bersamaan.

2. Jangan biarkan sampai ponsel Anda memberi umpan balik dalam bentuk flash, suara, atau getaran (Tergantung pada pengaturan volume Anda saat itu).

3. Anda akan mendengar suara lampu kilat dan layar akan bergetar karena ponsel Anda akan mengambil tangkapan layar.

4. Untuk melihat hasil yang sudah jadi, cukup tarik ke bawah area notifikasi dengan meletakkan jari Anda di atas layar dan tarik ke bawah. Thumbnail akan terlihat. Tekan untuk membukanya di aplikasi tampilan gambar Anda.

5. Jika Anda mengambil banyak tangkapan layar atau melepas ibu jari dari area notifikasi, Anda dapat menemukan gambar yang baru dibuat di aplikasi galeri Anda. Jika Anda tidak memiliki pintasan ke galeri di layar beranda, buka laci aplikasi dan temukan aplikasi galeri di dalamnya. Folder baru bernama screenshot akan terlihat. Di situlah gambar tangkapan layar Anda akan disimpan.

Bagaimana cara screenshot di Galaxy J5 / J7 / J2 / J3 dengan gerakan menggesek telapak tangan?

Untuk makin memudahkan penggunanya mengambil tangkapan layar di perangkat Galaxy mereka, Samsung pun menghadirkan solusi cerdas. Menggunakan gerakan menggesek telapak tangan, pengguna dapat mengambil screenshot tanpa menekan tombol apa pun. Terlalu sering, pengguna merasa sulit untuk menekan kedua tombol secara bersamaan. Karena itu, dalam teknik ini, yang perlu Anda lakukan adalah menggeser telapak tangan Anda ke satu arah untuk mengambil tangkapan layar. Kontrol gerakan awalnya diperkenalkan di seri Galaxy S dan kemudian diimplementasikan di perangkat seri J juga.

Untuk mempelajari cara screenshot di Samsung J5, J7, J3, dan smartphone sejenis lainnya, ikuti langkah-langkah ini:

1. Pertama, Anda harus mengaktifkan fitur Palm Swipe Gesture. Untuk melakukannya, buka Settings > Motions and Gestures lalu turn on pada opsi “palm swipe to capture”.

2. Jika Anda menggunakan versi Android yang lebih lama, maka Anda perlu masuk ke Settings > Advanced dan pilih opsi  “Palm swipe to capture”. Ketuk dan nyalakan fitur.

3. Bagus! Sekarang Anda dapat menangkap screenshot di perangkat Samsung Anda hanya dengan menggesekkan telapak tangan Anda ke satu arah. Cukup buka layar yang ingin Anda tangkap dan geser telapak tangan Anda dari satu sisi ke sisi lain dengan tanpa menyentuh layar. Setelah gerakan selesai, ponsel Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar di perangkat Anda. Anda akan mendengar suara lampu kilat dan layar akan berkedip, menunjukkan bahwa tangkapan layar telah diambil.