4 Hardisk External Terbaik Terbaru 2020 Kapasitas Hingga 8 TB

Kebutuhan penyimpanan data yang makin besar tak bisa dipenuhi hardisk internal di komputer atau laptop. Karena itu pengguna dengan kebutuhan penyimpanan jumbo membutuhkan media lain untuk menempatkan data-data yang dimiliki. Pilihan terbaik adalah hardisk external yang menawarkan kapasitas penyimpanan sangat besar hingga ukuran TB alias Tera Byte. Nah, berikut adalah pilihan harddisk external terbaik dalam hal ukuran, harga, dan kecepatan trnasfer :



1. Western Digital My Passport

My Passport adalah drive yang tidak mahal, tetapi ia menawarkan kinerja luar biasa yang menyaingi pesaing yang lebih murah berkat port USB 3.0 dan pengontrol disk yang sangat baik. Drive ini memungkinkan kecepatan transfer maksimum membaca (read) 174 MBps, dan menulis (write) 168 MBps. Hardisk external terbaik ini tersedia dalam ukuran mulai dari 1 TB hingga 4 TB. Beratnya sedikit lebih dari delapan ons dan ukurannya kira-kira sama dengan paspor yang sebenarnya, menjadikannya salah satu yang terkecil dan teringan yang tersedia. Menggunakan bus-powered artinya kabel tunggal digunakan untuk transfer dan catu daya. Satu lampu biru menyala ketika drive aktif, dan empat kaki karet menjaga agar tetap aman di permukaan apa pun. Western Digital berupaya mengurangi jejak karbonnya dengan menggunakan bahan daur ulang untuk casing.

Fitur-fiturnya dirancang untuk kesederhanaan. My Passport sudah preloaded dengan software WD SmartWare. Ini hadir sebagai dua perangkat terpisah ketika dicolokkan - satu drive dengan ruang penyimpanan eksternal dan satu drive dengan perangkat lunak yang dimuat pabrik. Antarmuka visualnya intuitif dan perangkat lunak internal memungkinkan instalasi dan pengelolaan pengaturan yang mudah. Opsi pencadangan dan pengambilan memungkinkan Anda untuk mengatur cadangan tambahan yang akan dilakukan setiap kali Anda menghubungkan drive ke komputer atau perangkat Anda. File yang dihapus secara tidak sengaja dari My Passport mudah diambil kembali. Hardisk ini menawarkan perlindungan password dan enkripsi data 256-bit.

2. Seagate Backup Plus Hub 6TB STEL6000100

Jika harga tidak menjadi masalah, kami sarankan untuk mempertimbangkan Seagate Backup Plus Hub. Berteknologi SMR (Shingled Magnetic Recording) drive, yang memungkinkan lebih banyak bit fisik memori di ruang yang sama tanpa mengurangi ukuran bit. Drive ini menawarkan banyak kapasitas yaitu tersedia dalam versi 3TB, 4TB, 6TB, dan 8TB. Hardisk external terbaik ini pun cepat dan fleksibel. Kompatibel dengan Windows dan Mac; cukup instal driver NTFS untuk Mac dan Anda dapat menggunakannya secara bergantian antara komputer Windows dan Mac tanpa memformat ulang. Dua port USB 3.0 terintegrasi berkecepatan tinggi di bagian depan memungkinkan Anda mengisi ulang perangkat USB lainnya, dan dengan Seagate Dashboard, Anda dapat menjadwalkan pencadangan otomatis atau sesuai permintaan saat drive terhubung. Meskipun tidak memiliki kipas, namun tak akan menimbulkan panas berlebihan.

3. U32 ShadowUSB Hard Drive

Dengan meningkatnya game yang dapat diunduh, muncul kebutuhan penyimpanan tambahan. Pengguna Xbox One telah menemukan teman sejati dengan hadirnya hardisk external  U32 ShadowUSB Hard Drive, perangkat penghubung USB 3.0 yang memiliki kompatibilitas plug-and-play dengan Xbox One. Cukup colokkan penyimpanan ke port USB di konsol Anda dan Anda memiliki akses ke semua file Anda dalam hitungan detik, atau bawa koleksi game Anda ke rumah teman. Hard drive ini memiliki kapasitas 1TB, cukup untuk menampung lebih dari 650.000 foto, 250.000 lagu, dan lebih dari 500 jam video. Perangkat hitam kecil itu bergaya dan bahkan dilengkapi dengan garansi tiga tahun.

4. LaCie Rugged 2TB Thunderbolt USB-C Portable Hard Drive

Jika Anda mencari hard drive eksternal yang tangguh, ramah-Mac, super cepat yang dapat menangani banyak file, lihatlah hard drive portabel USB-C LaCie Rugged Thunderbolt USB-C. Bumper karet oranye yang khas dan sasis aluminium yang menonjol terlihat sangat solid. Drive LaCie Rugged Thunderbolt menawarkan ketahanan jatuh hingga lima kaki, ketahanan guncangan yang dapat bertahan hingga mobil satu ton, dan ketahanan air dan debu IP54. Anda juga tidak perlu khawatir kehilangan kabel penghubung, karena rangkaian hard drive ini, tersedia dalam kapasitas 2 hingga 5 TB, memiliki kabel USB yang terpasang mulai dari USB-C, USB-C Thunderbolt, Thunderbolt , atau USB 3.0.  Drive LaCie Rugged Thunderbolt juga cepat, hingga 510MB / s dengan versi SSD (dan hingga 130MB / s dengan versi HDD). Gunakan hardisk external terbaik ini di Mac Anda, cadangkan foto, musik, dan media video Anda, atau bawa bersama Anda dalam pemotretan untuk memastikan data Anda selalu dicadangkan dan siap untuk digunakan.

Memilih hardisk external terbaik memang tak bisa sembarangan sebab di dalamnya tersimpan berbagai data penting yang akan menjadi kerugian besar jika sampai tak bisa dibuka. Karena itu Anda perlu mempertimbangkan rekomendasi 4 hardisk external terbaik terbaru 2019 di atas.