Mengatasi Mac Address Mikrotik Tidak Muncul Di Win Box

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address sebab mac address mikrotik tidak muncul di winbox -

Untuk mengkonfigurasi routerboard mikrotik yang ketika ini banyak dipakai ialah memakai software winbox. Winbox merupakan sebuah utility yang dipakai untuk melaksanakan konfigurasi secara remote ke server mikrotik dalam mode GUI (Graphical User Interface).

Dengan memakai winbox maka untuk melaksanakan konfigurasi mikrotik anda tinggal melaksanakan klik dan klik saja tidak perlu harus repot-repot mengetikan perintah mikrotik yang cukup rumit.

Untuk melaksanakan konfigurasi mikrotik memakai winbox, langkah pertama yang harus dilakukan ialah menghubungkan mikrotik ke komputer dan ke jaringan internet memakai kabel jaringan, sehabis itu gres mikrotik bisa dikonfigurasi melalui winbox yang terinstal di komputer.

Jika mikrotik sudah terhubung dengan baik dengan komputer, maka ketika winbox di buka secara otomatis, winbox akan bisa mendeteksi MAC Address default yang dipakai oleh mikrotik, melalui mac address tersebut anda bisa login dan melaksanakan konfirugasi mikrotik melalui winbox.

Ada satu permasalahan yang sering ditemukan ketika ingin melaksanakan konfigurasi routerboard mikrotik melalui winbox, Win box tidak sanggup mendeteksi Mac address mikrotik yang bersangkutan, sehingga walaupun routerboard mikrotik sudah terhubung dengan baik, Mac address mikrotik tersebut tidak muncul.

Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa mac address dari mikrotik tidak bisa terdeteksi oleh winbox, bisa sebab dilema kabel yang kurang baik, mikrotik dalam keadaan rusak/ crash dan lain sebagainya.

Namun bila bukan dikarenakan dilema tersebut, penyebabnya bisa jadi sebab di komputer anda yang anda gunakan untuk konfigurasi mikrotik melalui winbox  terinstal softare virtualisasi, menyerupai contohnya virtual box, vm ware dan semacamnya.

Software virtual menyerupai winbox, vm ware dan semacamnya biasanya akan sekaligus mengaktifkan driver virtual (virtual network adapter).

Makara menurut pengalaman saya virtual network adapter dari aplikasi virtual box atau VMWare sanggup memblokir winbox dengan microtik sehingga si winbox tidak akan sanggup mendeteksi macaddress microtik.

Bagaimana Cara mengatasinya?

Untuk mengatasinya bahwasanya anda tidak perlu mengunistal softare virtual tersebut, tapi cukup menonaktifkan virtual network driver di komputer anda.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Di komputer anda silahkan masuk ke Control Panel\Network and Internet\Network Connections

2.  Cari Network driver milik software virtualisasi. Sebagai referensi menyerupai di komputer saya, sebab saya menginstal virtual box, maka ada 1 network driver virtual dengan nama Virtual box host only adapter yang harus saya nonaktifkan / disable,

Untuk menonaktifkannya cukup klik kanan pada nama virtual driver kemudian pilih disable, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address sebab mac address mikrotik tidak  Mengatasi Mac Address Mikrotik Tidak Muncul Di Win Box
Pastiwan network driver virtual tersebut dalam keadaan disable atau non-aktif.

3. Silahkan aktifkan kembali Winbox yang anda gunakan
Untuk WinBox versi 3.11, silahkan klik pada tab  Neightbor untuk memastikan bahwa Macaddress sudah sanggup terdeteksi. Jika koneksi benar, maka anda akan melihat daftar mac address menyerupai pada gambar di bawah ini:

Cara mengatasi Tidak bisa login mikrotik via mac address sebab mac address mikrotik tidak  Mengatasi Mac Address Mikrotik Tidak Muncul Di Win Box


 Jika Mac Address muncul, anda bisa memakai mac address tersebut untuk login ke winbox untuk melaksanakan konfigurasi mikrotik.

Demikian artikel sederhana wacana cara Mengatasi Mac Address Mikrotik tidak muncul di Win Box, agar bermanfaat.