Minggu, 10 Mei 2020

Pengertian Muatan Listrik, Energi Listrik dan Rangkaian Listrik

Momod ads.id
Pada artikel kali ini saya mau menjelaskan beberapa pengertian listrik yang mungkin banyak yang kurang paham, misalnya pengertian dari muatan listrik, energi listrik atau rangkaian listrik. Mungkin ada beberapa pengertian diatas yang cukup asing bagi yang masih awam, jadi untuk mengetahuinya silahkan simak pada uraian dibawah ini.

Muatan Listrik

Seperti namanya muatan listrik adalah muatan yang mengandung sifat-sifat  listrik tentunya. Pada dasarnya muatan listrik itu ada 2 yakni muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Muatan listrik positif ini biasa disebut proton, sedangkan muatan listrik negatif disebut dengan elektron. 

Di dalam ilmu kelistrikan diketahui bahwa apabila jumlah muatan listrik positif dan negatifnya sama, maka benda tersebut dalam keadaan yang netral. Perbedaan jumlah muatan listrik ini dapat dipengaruhi oleh alam maupun manusia itu sendiri. Namun saat jumlah muatan listrik berbeda maka akan timbul aliran muatan listrik dan aliran muatan listrik inilah yang biasa disebut dengan gejala kelistrikan.

Dalam gejala kelistrikan itu sendiri terdapat sebuah arus listrik, yaitu pergerakan muatan listrik akibat aliran elektron. Lalu contoh-contoh gejala kelistrikan itu seperti penggaris plastik dapat menarik kertas kecil. 

Nah Bagaimana hal ini bisa terjadi? Awalnya penggaris digosokkan ke rambut, kemudian akan terjadi perpindahan muatan elektron dari rambut ke penggaris plastik yang digosokkan tadi. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan muatan elektron. Dan pada saat penggaris plastik yang kelebihan muatan elektron didekatkan pada kertas kecil, maka muatan elektronnya jadi berpindah menuju kertas kecil. Dan karena perpindahan muatan elektron dari penggaris menuju kertas kecil inilah maka kertas kecil tertarik menuju penggaris mengiringi perpindahan muatan elektron dari penggaris plastik ke kertas kecil.
Contoh lainnya, misalnya saat terjadinya petir. Petir biasa terjadi sebelum guntur. Petir adalah loncatan elektron disertai suara yang keras. Loncatan elektron ini terjadi akibat pergesekan awan yang muatannya berbeda. Loncatan elektron berlangsung dari awan yang mengandung banyak elektron menuju ke awan yang mengandung sedikit elektron.

Sumber Energi Listrik

Apakah sumber energi listrik itu ? Dan apa saja sumber energi listrik itu? Oke mari simak penjelasan berikut ini.
Sumber energi listrik merupakan energi listrik yang telah dihasilkan dari mesin pembangkit listrik yang kemudian disimpan atau digunakan langsung. energi listrik dapat dihasilkan dari energi lain seperti energi dari air (PLTA), energi matahari (Solar Cell) dan masih banyak lagi. Energi listrik bisa kita peroleh dari baterai, aki, pembangkit listrik, dan lainnya. 
Baterai merupakan salah satu sumber energi listrik. Bahan kimia di dalam baterai dapat diubah menjadi energi listrik. Baterai ini dapat digunakan untuk menyalakan senter, menghidupkan hp, menggerakkan mainan, dan lain-lain. Aki juga termasuk sumber energi listrik yang sering digunakan untuk motor, mobil, truk, dan jenis kendaraan lainnya.

Pembangkit listrik merupakan sumber energi listrik yang utama, secara keseluruhan semua energi listrik seperti baterai atau aki ini didapat dari pembangkit listrik. Energi listrik dari pembangkit listrik merupakan sumber energi listrik dalam skala yang besar, energi yang dihasilkannya bisa mencukupi hingga satu desa, bahkan satu kota dan bisa mencukupi lebih luas lagi. 
Listrik PLN merupakan hasil dari pembangkit listrik
Rangkaian Listrik

Apakah rangkaian listrik itu? Rangkaian listrik adalah susunan komponen-komponen elektronik yang dirangkai dengan sumber tegangan. Rangkaian listrik pada umumnya ada tiga macam, yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel dan rangkaian campuran (seri dan paralel).

Rangkaian Seri

Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang komponen elektroniknya disusun secara berurutan. Di dalam rangkaian seri ini arus listrik yang mengalir pada tiap beban semisal lampu akan sama besar.

Keuntungannya adalah cara penyusunan rangkaian instalasinya cenderung lebih mudah, praktis dan sederhana. Sedangkan, kerugiannya adalah hanya ada satu jalur yang dapat dilalui oleh arus sehingga apabila satu komponen lampunya rusak, maka komponen yang lain akan ikut terganggu juga.

Contoh Rangkaian Seri
Lampu yang dirangkai seri

Rangkaian seri selengkapnya baca artikel ini : Pengertian Rangkaian Seri serta ciri-ciri dan contohnya

Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel adalah rangkaian yang komponen elektroniknya disusun secara bersusun atau sejajar. Rangkaian ini juga biasa disebut rangkaian bercabang. Pada rangkaian ini semua komponen mendapat tegangan yang sama besar. 

Keuntungannya adalah banyak jalur yang dapat dilalui oleh arus sehingga apabila salah satu lampu rusak, maka lampu yang lain tidak terganggu. Kerugiannya adalah memerlukan kabel yang lebih panjang untuk menyusun rangkaian ini sehingga mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Contoh Rangkaian Paralel
Lampu yang dirangkai paralel
Rangkaian paralel selengkapnya baca artikel ini : Pengertian Rangkaian Paralel serta ciri-ciri dan contohnya

Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Jadi secara umum, karakteristik dan hukum yang berlaku pada rangkaian ini mengikuti kedua rangkaian diatas.

Contoh Rangkaian Campuran
Baterai dirangkai secara seri, sedangkan lampu adalah rangkaian paralel.
Oke sekian dulu untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.