7 Cara Mengatasi Wi-Fi Limited Access

Bagi mereka yang sering mengakses internet lewat saluran Wifi kadangkala mengalami masalah Limited Wi-Fi Access. Problem ini dapat dialami oleh pengguna Wi-Fi pribadi di rumah atau pengakses hotspot gratis dengan berbagi bandwith dengan banyak pengguna lainnya. Koneksi Wi-Fi dengan status Limited Access seringnya tak bisa untuk aktifitas internet mulai dari berselancar, chatting, streaming, dan lainnya. Biang keladi masalah ini adalah bandwith yang dibatasi oleh server atau admin Wi-Fi.



Misalnya admin pengelola hotspot cuma memperbolehkan maksimal 10 pengguna yang bisa mengakses internet tersebut. Sehingga setelah tercapai 10 pengakses maka orang lain yang mencoba menyambung hotspot akan menjumpai status Limited Access. Pengguna pribadi pun bisa terkena masalah sama. Akan tetapi untuk pemicunya tidak dari kapasitas bandwith namun IP Address yang dipakai bentrok yang akibatnya mengalami masalah. Terus bagaimana cara mengatasi WiFi limited access? Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan yaitu :

1. Mengganti alamat IP Address

Dengan mengubah IP Address dari PC yang sedang digunakan yang prosedurnya adalah sebagai berikut :

- Buka Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center
- Pilih ‘Connections’ dengan tulisan: Wireless Network Connection diikuti nama Wi-Fi yang digunakan.
- Klik pada nama Wi-Fi itu.
- Klik pada ‘Properties’ lalu klik ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)’.
- Klik ‘Properties’ kemudian ketikkan IP Address dari operator internet yang dipakai lalu klik tombol ‘OK’.

2. Limited Wifi Access Di Komputer Windows 8.1

Prosedur yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

- Klik kanan ‘Start’, kemudian ‘Command Prompt (Admin)’. Berikutnya pada layar akan tampil jendela UAC, klik tombol ‘Yes’
- Selanjutnya ketikkan kode berikut :

netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled

- Tekan ‘Enter’ di keyboard, lalu ketikkan : netsh int tcp show global
- Reboot komputer kemudian koneksikan lagi dengan Wi-Fi tersebut.

3. Mengaktifkan FIPS di Windows 8.1

Buka Control Panel > Network and Sharing Center > klik pada Wireless Network Connection dimana terdapat nama Wi-Fi yang digunakan > Wireless Properties > Security > Advance Setting. Checklist pada ‘Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network’. Lalu koneksikan lagi PC dengan Wi-Fi, bilamana notifikasi Limited Access sudah tak ada yang digantikan Connected itu artinya tersambung.

4. Menonaktifkan Bonjour Service

Bonjour adalah salah satu service di Windows 7 yang adakalanya malah menimbulkan error koneksi WiFi. Untuk itu buka Starts > Accessories > Run lalu ketikkan di kotak search : services.msc. Klik dua kali ‘Bonjour Service’ dan klik pada opsi ‘Stop’. Set jadi ‘Disable’ kemudian klik ‘OK’.

5. Cara mengatasi Wifi Limited Access di Komputer Windows 10

Buka Control Panel > All Control Panel Items > System kemudian pilih Device Manager di toolbar kiri bawah. Klik pada Network Adapters kemudian klik pada koneksi Wi-Fi yang digunakan. Klik kanan Wi-Fi tersebut kemudian klik Update Driver Software.  Klik pada ‘Browse my computer for driver software’ lalu ‘Let me pick from a list of device drivers on my computer’. Lanjut dengan klik Browse > Have Disk kemudian coba satu persatu dari daftar yang ada.

6, Merestart Router

Langkah merestart router cukup praktis untuk mengatasi Wi-Fi Limited Access. Matikan router lalu biarkan beberapa menit lalu hidupkan lagi. Kini router sudah bisa berfungsi dengan normal.

7. Merestart Komputer

Kasus Limited Wi-Fi Access tak mesti bersumber dari jaringan yang dipakai. Gangguan tersebut pun dapat dipicu karena komputer yang digunakan menanggung beban kerja yang berat. Kecuali itu, bisa saja ada setingan network yang keliru yang akibatnya memicu gangguan tersebut. Untuk itu lakukan restart komputer kemudian koneksikan lagi dengan Wi-Fi yang dipakai.

Cek bahwa Anda memperoleh sinyal WiFi dengan kekuatan stabil. Bila sinyal WiFi tak stabil maka bisa memicu Limited Access tersebut. Namun bila ternyata masalah masih saja muncul, saatnya untuk menghubungi layanan konsumen dari operator internet yang digunakan sebab bisa saja hal itu dipicu masalah internal jaringan. Silahkan dicoba!