3 Ciri Khas Koperasi BMT Untuk Anda Ketahui

Di indonesia banyak sekali jenis koperasi yang sudah melebarkan sayapnya disetiap penjuru kota tanah air. Koperasi merupakan sarana untuk memajukkan anggota dari segi simpan pinjam dan juga sebagai modal usaha para anggota koperasi. Saat ini banyak sekali warga tanah air yang mengikuti jenis koperasi baik dari kalangan remaja maupun kalangan dewasa. Oleh karena itu, koperasi merupakan sarana yang baik dari semua golongan. Seperti contoh koperasi yang ada di tanah air yaitu koperasi BMT.

Koperasi BMT merupakan sebagai wadah untuk melakukan simpan pinjam dan juga menyediakan modal usaha untuk anggotanya. Koperasi BMT ini sudah hadir di setiap kota yang berada di indonesia. Sebenarnya koperasi BMT ini seperti bank tetapi kebanyakkan orang mengatakan bahwa BMT ini bukan non bank. Di tambah lagi, BMT ini merupakan berbasis syariah. untuk itu, sebelum menjelaskan tentang 4 khas koperasi ini, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dekat tentang koperasi BMT berbasis syariah yang berada di tanah air kita.
 Di indonesia banyak sekali jenis koperasi yang sudah melebarkan sayapnya disetiap penjuru 3 Ciri Khas Koperasi BMT Untuk Anda Ketahui

Mengenal Koperasi BMT Lebih Dalam
Koperasi BMT merupakan koperasi yang mengelola keungan seperti bank tetapi bukan bank. Sistem yang di miliki oleh koperasi ini yaitu sistem regulasi. Dalam sistem regulasi ini, BMT dinaungi oleh dua lembaga yaitu lembaga ekonomi seperti halnya lembaga keuangan mikro dan juga unit simpan pinjam atau yang disebut koperasi. Koperasi BMT ini juga memakai lembaga keuangan sistem syariah.

Di koperasi BMT ini menerapkan konsep yang sesuai dengan literatur di indonesia.koperasi ini memiliki konsep ekonomi syariah dalam keuangan dan juga menerapkan kegiatan yang prinsipnya syariah seperti halnya mengamalkan al-quran. Adapaun konsep lainnya seperti hanya konsep gabungan antara pengumpulan dan penyaluran dana sosial atau disebut baitul maal dan usaha simpan pinjam dan juga pembiayaan yang disebut denga bai at tamwil. Lalu koperasi ini memiliki konsep seperti keuangan dengan sistem syariah tapi bukan bank. Untuk itu, koperasi BMT memiliki ciri yang khas.

4 Ciri Khas Koperasi BMT
Di setiap jenis koperasi apapun pastinya memilki ciri khas masing- masing. Salah satu yang memiliki ciri khas yaitu koperasi BMT ini. Ada empat ciri khas yang di miliki koperasi BMT sebagai berikut.

  1. Karyawan dan juga anggota koperasi BMT harus bersikap dinamis dan juga memiliki pandangan yang produkti. Meskipun ini sistem lembaga keuangan, tetapi para karyawan harus menjemput nasabah baik dalam menjemput sebagai penyetor ataupun sebgai penerima pembiayaan usaha. Ini merupakan tugas sebagai karyawan koperasi BMT.
  2. Kantor koperasi akan tidak selalu dibuka setiap hari karena sebagian karyawan harus bergerak kelapangan untuk menjemput nasabah. Dengan terjun ke lapangan para karyawan juga harus memonitir nasabah dan juga harus datang ke nasabah untuk menyetor.
  3. Koperasi BMT juga selalu mengadakan pengajian rutin secara berkala. Biasanya koperasi BMT ini selalu mengadakan pengajian di madrasah, mushola dan juga masjid. Dan juga ini ditentukan sesuai dengan kegiatan para nasabah dan juga anggota BMT. Setelah pengajian akan dilanjukan dengan agenda tentang diskusi bisnis para nasabah koperasi BMT.
  4. Koperasi ini memiliki manajemen yang profesional dan juga islami.

Demikian pengenalan tentang koperasi dan juga ciri khas koperasi BMT. Semoga dalam penjelasan diatas dapat memberi gambaran terkait koperasi BMT di Indonesia dan menumbuhkan minat Anda dalam mengikuti keanggotaan koperasi.