4 Browser Tercepat 2020 Lintas Platform

Jika Anda mencari browser tercepat terbaik di tahun 2018, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Browser atau peramban berguna untuk mengakses situs dimana pengguna cukup mengetikkan URL di bilah alamat, dan aplikasi ini akan melakukan sisanya untuk menampilkan situs web yang mencakup hal-hal teknis seperti menghubungi server DNS dan mendapatkan alamat IP situs web tersebut. Bukan hanya itu, fungsi browser juga untuk mengakses informasi pada beberapa server pribadi, memutar video lokal yang disimpan di perangkat, pengelola kata sandi, pengelola unduhan, pengunduh torrent, pengisi formulir otomatis, dll.

Para pengguna menginginkan bahwa mereka bisa mendapatkan browser tercepat dan juga kelengkapan ekstensi dan plugin serta mendukung banyak platform perangkat. Tak perlu mencoba satu-satu, cek daftar browser tercepat untuk 2019 yang efisien dan handal :



1. Google Chrome

Platform yang didukung Google Chrome mulai dari : Windows, Linux, macOS, Android, iOS, Chrome OS. Ketika Google pertama kali memperkenalkan Chrome pada tahun 2009, browser ini dengan cepat meraih popularitasnya karena mampu memberikan kecepatan akses saat itu. Chrome pun menjadi browser yang paling banyak digunakan saat ini dengan lebih dari 60% dari seluruh pengguna. Karenanya Google harus selalu menjaga standar menyangkut kecepatan dan menyediakan fitur-fitur berguna. Selain fitur browser dasar seperti manajemen bookmark, ekstensi, tema, mode penyamaran, dll. Satu fitur lain yang cukup menarik yaitu manajemen profile. Fitur ini memungkinkan banyak orang untuk menggunakan browser yang sama tanpa mendapatkan riwayat internet, riwayat unduhan, dan hal-hal lain yang digabungkan. Bagi pengguna yang merasa terganggu oleh iklan, Google akan meluncurkan alat pemblokiran iklan untuk Chrome. Chrome juga memungkinkan pengguna untuk mentransmisi konten ke perangkat berkemampuan Chromecast menggunakan jaringan WiFi mereka. Dengan bantuan ekstensi Chrome seperti VidStream, sangat mudah melakukan streaming film yang disimpan secara lokal ke perangkat Chromecast. Hal lain yang menjadikan Chrome salah satu aplikasi web browser terbaik adalah dukungan lintas perangkat. Peramban web dapat dengan mudah menyinkronkan riwayat internet, tab, bookmark, kata sandi, dll. Di seluruh perangkat jika Anda telah masuk ke akun Google Anda.

2. Mozilla Firefox

Platform yang didukung mulai dari : Windows, Linux, macOS, Android, iOS, dan bahkan BSD. Tahun lalu Firefox membuat gebrakan dengan merilis Firefox 57 alias Quantum. Firefox baru jauh lebih cepat dari versi sebelumnya sehingga menjadi pesaing berat Chrome. Antarmuka Firefox terbaru ini sangat mudah dioperasikan dan banyak fitur baru pun disertakan. Tool screenshot inbuilt adalah salah satu fitur keren yang dimiliki browser tercepat ini dalam mengambil tangkapan layar panjang dari halaman web. Saat menggunakan mode Pribadi, Mozilla Firefox memiliki fitur yang disebut Perlindungan Pelacakan untuk mencegah permintaan dari pelacakan domain. Dengan begitu peramban ini bisa memuat halaman web dengan sangat cepat. Dengan fitur-fitur seperti penonaktifan pelacakan lengkap, pemblokiran di-browser cryptomining, Mozilla menjadi pilihan yang semakin menarik.

3. Microsoft Edge

Platform yang didukung terdiri dari : Windows 10, Xbox One, Android, iOS. Semua orang tahu bahwa Microsoft merilis Edge untuk menyelamatkan browser Internet Explorer yang kalah di pasaran. Dan tampaknya Edge tidak diragukan lagi adalah aplikasi browser web terbaik untuk Windows 10, Android dan juga iOS. Edge memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Anda dapat mengatur tab di samping untuk memberi ruang bagi tab browser baru; satu Hub menyediakan akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dll. Ekstensi bawaan di dalamnya cukup membantu seperti untuk menambahkan note, menyorot sesuatu, menulis, atau menyimpan halaman web di perangkat. Di samping note adalah tombol Share yang dapat digunakan untuk berbagi halaman web langsung melalui email atau aplikasi sosial seperti Skype, Twitter, Facebook, Cortana Reminders, dll. Edge juga dilengkapi dengan mode membaca yang cukup berguna saat membaca artikel di situs web dengan banyak iklan yang mengganggu. Untuk ekstensi Microsoft Edge memiliki 76 macam untuk berbagai keperluan.

4. Opera

Platform yang didukung terdiri dari : Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. Anda mungkin masih ingat saat masih menggunakan feature phone berbasis java dengan  Opera Mini. Inilah browser web tertua yang saat ini masih aktif dikembangkan meski kalah populer dibanding Chrome. Opera kini datang dengan segala kelebihannya sehingga layak disejajarkan dengan Firefox dan bahkan Chrome. Opera baru-baru mengumumkan penambahan fitur baru untuk menghentikan cryptojacking ketika orang menggunakan browser web. Ini adalah fitur yang sangat dibutuhkan karena banyak orang mencoba menemukan cara untuk menambang cryptocurrency tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Versi desktop browser web mencakup beberapa fitur yang biasanya dirancang untuk smartphone seperti mode kompresi data, dan penghemat baterai. Fitur menarik lainnya yang dapat dipamerkan Opera adalah pemblokir iklan, alat tangkapan layar, layanan VPN, konverter mata uang, WhatsApp, Facebook Messenger, VK, Telegram, dll. Anda pun dapat menggunakan Opera untuk mendapatkan berita harian dengan bantuan fitur yang disebut Berita Pribadi di mana Anda dapat menambahkan sumber pilihan Anda.