5 Launcher Android Terbaik 2020 Gratis, RIngan, Cepat

Kustomisasi Android adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang beralih dari iOS ke Android. Modifikasi tersebut bisa berkisar dari cuma mengubah wallpaper hingga merombak keseluruhan sistem operasi dengan Custom ROM. Dari semua aspek yang dapat dikustom, para pengguna kebanyakan ingin mencoba tema dan launcher baru. Beberapa lainnya melakukan hanya untuk bersenang-senang dengan mengganti launcher bawaan dengan launcher yang lebih menarik yang sesuai dengan keinginan mereka.

Apa pun alasannya, banyak launcher yang tersedia di Google Play Store. Banyak launcher Android top yang dapat mengubah pengalaman Android penggunanya dengan tema baru dan icon package yang sangat unik dan menarik untuk dicoba. Beberapa launcher terbaik berikut ini sangat layak untuk dipasang di smartphone Android kesayangan Anda.



1. Microsoft Launcher

Microsoft Launcher (sebelumnya dikenal sebagai Arrow Launcher) adalah launcher Android yang elegan dan cepat dengan banyak kustomisasi dari Microsoft. Peluncur ini dapat memperbarui wallpaper terbaru dari Bing setiap hari. Homescreen dihiasi dengan panel-panel yang menyerupai “Google Card.” Panel terbaru menunjukkan media yang baru saja dibuka atau kontak yang baru dihubungi. Ada juga opsi untuk menggabungkan kontak dobel jika pengguna memilikinya. Aplikasi ini pun tersedia untuk semua bahasa utama termasuk bahasa Indonesia. Untuk launcher ini dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.launcher.

2. ADW Launcher 2

Launcher ini memiliki kelebihan stabil, cepat, mudah digunakan, dan menawarkan ratusan opsi yang dapat dikostumisasi. Antarmuka hampir terasa seperti Android stock. ADW Launcher 2 mendukung fitur unik untuk mengubah warna antarmuka sesuai dengan wallpaper secara dinamis. Selain itu, ada icon badges, app indexing on app drawer, launcher shortcuts, transition animations dan banyak fitur berguna lainnya. Pengguna dapat membuat dan memodifikasi widget dengan warna mereka sendiri. Apa lagi yang diharapkan? Unduh ADW Launcher 2 dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=org.adw.launcher.

3. Google Now Launcher

Google Now Launcher adalah peluncur internal yang dikembangkan dari Google sendiri. Aplikasi Android ini ditargetkan untuk pengguna perangkat non-pixel yang tidak suka peluncur Android pra-instal. Sebagai gantinya, pengguna bisa memilih pengalaman Android yang lebih menarik dengan Google Now Launcher ini. Tidak seperti peluncur lainnya, launcher Android populer ini akan menambahkan Google Now Card hanya dengan menggesek ke kanan Homescreen. Bilah pencarian Google pun dapat dikustomisasi langsung dari layar Homescreen itu sendiri. Dikombinasikan dengan Apps Drawer yang mulus, saran aplikasi yang terletak di paling atas pun berfungsi dengan efisien. Satu-satunya kekurangan adalah pengguna tidak banyak bisa melakukan kustomisasi. Google Now Launcher dapat diunduh dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.launcher.

4. Pixel Launcher

Pixel launcher adalah peluncur Android lain dari Google. Launcher ini sudah terinstal di perangkat Google Pixel. Jika Anda menyukai nuansa keseluruhan stok Android pada perangkat Pixel, ini adalah peluncur Android yang wajib dimiliki. Meskipun launcher tidak dapat disesuaikan sebagaimana launcher lain namun ia sangat intuitif termasuk terdapatnya App suggestions dan Google Card. Aplikasi peluncur ini juga telah menyertakan pintasan aplikasi internal di mana pengguna dapat langsung melompat pada fungsi tertentu di dalam aplikasi. Jika Anda mencari lay out Android Pie terbaru, coba unduh Pixel Launcher versi terbaru yang menyertakan fitur UI Android Pie.

5. Smart Launcher 3

Smart Launcher 3 adalah peluncur Android ringan dan cepat lainnya yang mengklaim menggunakan AI untuk mencari aplikasi, kontak, dan konten web. Laci aplikasi terdiri dari bilah sisi yang membagi aplikasi berdasarkan kategori. Smart Launcher 3 memiliki fitur “smart turn off” yang secara otomatis mematikan layar ketika ponsel diletakkan. Meskipun dukungan gesture pun tersedia namun terbatas, beda jika pengguna membeli versi pro. Satu kelemahan dari launcher ini adalah munculnya iklan di laci aplikasi untuk versi gratis. Segera unduh launcher cerdas ini untuk perangkat Android Anda di https://play.google.com/store/apps/details?id=ginlemon.flowerfree.

Apakah Anda sudah memilih salah satu dari daftar launcher Android terbaik di atas untuk meningkatkan tampilan dan kinerja Perangkat Anda? Sebelum menginstalnya di ponsel Android, penting untuk mengetahui spesifikasi minimum perangkat bisa menginstal launcher tersebut.