AppLock, App Pengunci Aplikasi Android Handal yang Gratis dan Powerful

Tak usah dikatakan lagi jika smartphone Android yang Anda gunakan harus dilindungi kata sandi. Sebagian besar model menawarkan berbagai opsi keamanan mulai dari kode sandi empat digit sederhana hingga pengenalan wajah menggunakan kamera yang ada di dalamnya. Namun tingkat keamanan tersebut hanya berfungsi saat ponsel Anda tidak digunakan. Jika penjambret merenggutnya ketika Anda sedang nelpon, misalnya, orang jahat tadi akan memiliki akses ke semua hal di ponsel mulai dari aplikasi, email dan informasi pribadi lain. Anda butuh app pengunci aplikasi!



Meski ada banyak app pengunci aplikasi namun sangat direkomendasikan menggunakan AppLock. Aplikasi ini menawarkan lapisan keamanan tambahan dengan melindungi aplikasi dan pengaturan Android dengan password atau bentuk lain. Ini berarti Anda dapat mencegah email atau daftar kontak Anda digunakan oleh siapa pun, bahkan jika mereka memiliki akses penuh ke ponsel Anda. Dan, tentu saja, ini juga cara yang berguna untuk menjaga aplikasi dan setting di luar jangkauan siapa saja yang mungkin memiliki akses ke ponsel Anda termasuk anak-anak. Berikut langkah-langkah menggunakan AppLock

Langkah 1: Pasang AppLock

Versi dasar aplikasi AppLock bisa diunduh gratis dari Google Play Store dari link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.domobile.applock. Aplikasi ini membutuhkan mensyaratkan Android 2.2 atau yang lebih baru, sehingga membuatnya kompatibel dengan sebagian besar smartphone Android yang ada saat ini.

Langkah 2: Setel kode sandi aplikasi

Anda akan diminta untuk menetapkan dan mengonfirmasi kode sandi saat pertama kali Anda meluncurkan AppLock. Anda kemudian harus memasukkannya setiap kali Anda meluncurkan aplikasi untuk mengubah pengaturannya. Kode akses yang sama juga digunakan untuk membuka kunci aplikasi apa pun yang Anda kunci. Anda akan dimintai alamat ‘email keamanan’ selama pengaturan awal ini juga. Ini berguna untuk pemulihan kode sandi jika Anda lupa passcode utama Anda.

Langkah 3: Mencegah AppLock agar tidak di-uninstal

Layar AppLock utama hanyalah daftar aplikasi dan pengaturan dengan tombol on / off di samping masing-masing. Semua diatur ke non aktif secara default, jadi cukup ketuk salah satu toggles untuk mengubahnya menjadi Aktif. Mulai dengan mengatur Install/Uninstall > Settings > On untuk mencegah AppLock dicopot oleh seseorang yang memiliki akses ke ponsel Anda.

Langkah 4: Kunci aplikasi yang Anda pilih

Aplikasi Android apa pun yang terpasang dapat dikunci cukup gulir daftar ke bawah untuk menemukannya. Jika aplikasi yang baru saja dipasang tidak terdaftar, ketuk Refresh untuk memperbarui daftar. Kapan pun Anda meluncurkan aplikasi yang terkunci, Anda akan dimintai kata sandi sebelum Anda dapat menggunakannya. Anda harus memasukkan kata sandi tersebut lagi, bahkan jika Anda meninggalkan aplikasi untuk beberapa saat dan kembali mengaksesnya.

Langkah 5: Buat profil

AppLock juga memungkinkan Anda untuk membuat profil untuk konfigurasi aplikasi berbeda yang akan dikunci. Ketuk tombol ‘bulan dan bintang’ di bagian kiri bawah layar utama dan Anda akan melihat dua profil default - Unlock all dan Guest. Unlock All akan mengembalikan AppLock ke status tidak terkunci bawaannya, sementara Guest akan mengunci hanya Google Play Store dan Gmail, dan mencegah AppLock tidak dihapus. Ketuk salah satu profil untuk mengaktifkannya. Ketuk ikon bulan dan bintang dengan tanda ‘+’ di sebelahnya dan konfigurasi AppLock saat ini disimpan sebagai profil baru. Ketuk ikon pensil di bagian kanan bawah layar untuk memberi profil baru nama dan ikon centang di kanan atas untuk menyimpan profil saat Anda selesai membuat perubahan.

Langkah 6: Menyimpan foto dan video di brankas yang aman

Ketuk ikon di kiri atas layar AppLock untuk melihat fitur lainnya. Photo Vault dan Video Vault memungkinkan Anda menyembunyikan foto dan video sehingga hanya terlihat di AppLock dan tidak di aplikasi Android lainnya. Ketuk salah satu dari dua opsi ini, lalu ketuk ikon ‘+’ di bagian bawah layar yang muncul untuk menambahkan foto atau video ke brankas pribadi.

Langkah 7: Siapkan Time Lock atau Location Lock

Fitur lain yang patut diinvestigasi adalah Time Lock. Ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan profil pada waktu tertentu, seperti saat Anda cenderung tertidur. Anda dapat mengatur Time Lock sebagai satu-off, atau sebagai pengulangan kunci pada satu atau beberapa hari dalam seminggu. Jika Anda mengunci aplikasi apa pun pada waktu tertentu, jangan lupa untuk membuat Time Lock pelengkap untuk membuka kunci nanti. Fitur Location Lock berfungsi dengan cara yang sama, tetapi menggunakan koneksi hotspot wi-fi dan pemutusan koneksi sebagai pemicu. Sebagai hasilnya, Anda dapat mengunci semua aplikasi ketika Anda meninggalkan jaringan wi-fi rumah Anda, misalnya, dan mengaktifkannya kembali semua saat Anda mulai bekerja dan ponsel Anda terhubung ke wi-fi di kantor Anda.