Cara Menggunakan Recuva untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Menghapus file secara tidak sengaja tidak menjadi masalah bagi pengguna PC sejak 1995, yaitu ketika Recycle Bin pertama kali muncul di Windows. Namun, fitur berguna tersebut hanya berfungsi jika bin tidak dikosongkan untuk sementara dan tidak ada gunanya sama sekali jika Anda tidak sengaja menyimpan file baru yang akan menimpa file lama. Mengembalikan file yang terhapus di komputer Windows tak hanya mengandalkan Recycle Bin, masih tersedia beberapa cara lain.



Salah satunya adalah menggunakan software Recuva yang diandalkan banyak orang berkat fitur-fitur canggihnya. Berikut cara menggunakan Recuva dan tips penting lain berkenaan dengan proses mengembalikan file yang terhapus. Langkah-langkah berikut perlu dilakukan agar hasilnya bisa maksimal :

Langkah 1: Periksa Recycle Bin

Ketika Anda menghapus file di Windows, itu sebenarnya tidak benar-benar dihapus namun hanya dipindahkan ke Recycle Bin di Desktop. Itu berfungsi seperti folder lain, jadi buka saja Recycle Bin, pilih file yang Anda inginkan dan klik opsi Restore.

Langkah 2: Cegah Recycle Bin agar tidak terlalu sering dikosongkan

Recycle Bin memang memiliki batas kapasitas dan, ketika penuh Windows akan mengosongkannya secara otomatis untuk memberikan tambahan ruang kosong di hard drive. Jadi jika Anda memiliki hard drive besar dengan banyak ruang kosong, pertimbangkan untuk segera meningkatkan kapasitas Recycle Bin. Klik kanan ikon Recycle Bin dan pilih Properties. Saat kotak dialog terbuka, pastikan opsi ‘Custom Size’ dipilih dan ketikkan angka yang lebih besar di kotak sebelahnya. Ini diukur dalam megabyte (MB) dan 1.000 megabyte adalah satu gigabyte (GB). Jumlah sekitar 10% dari kapasitas hard drive Anda adalah pilihan yang pas. Ini berfungsi di semua versi Windows dan ingat bahwa Recycle Bin hanya akan menggunakan jumlah ruang kosong tersebut ketika penuh.

Langkah 3: Kembalikan file menggunakan System Restore

Menyimpan lebih dari satu file berbeda menggunakan nama yang sama biasanya adalah cara termudah untuk kehilangan file tersebut selamanya seperti mengosongkan Recycle Bin. Untungnya, Windows memiliki fitur yang disebut 'shadow copy' yang secara otomatis menyimpan salinan file atau folder jika file tersebut berubah. Sayangnya, ini hanya terjadi ketika Windows Restore Point dibuat. Untuk menggunakan fitur ini, buka jendela dan browse folder yang berisi (atau masih berisi) file atau folder yang ingin Anda pulihkan. Klik kanan file / folder tersebut dan pilih Restore previous versions. Saat kotak dialog terbuka, pilih versi file / folder yang Anda inginkan, jika ada lebih dari satu salinan (lihat kolom ‘Date Modified’), dan klik tombol Restore.

Langkah 4: Periksa System Restore yang sedang berjalan

Jika tidak ada versi file atau folder sebelumnya, Anda kurang beruntung dengan fitur Windows khusus ini. Jika itu masalahnya, ada baiknya memeriksa apakah memang System Restore memang benar-benar diaktifkan untuk pemulihan file di masa mendatang. Buka menu Start, ketik ‘system restore’ ke dalam kotak Pencarian dan klik Create a restore point dalam daftar hasil. Ketika kotak dialog terbuka, klik tombol Configure ... dan pastikan 'Turn on system protection' diaktifkan.

Langkah 5: Pulihkan file yang dihapus dengan Recuva

Jika Anda telah melakukan beberapa langkah di atas dan masih belum dapat memulihkan file Anda yang hilang, jangan khawatir sebab masih ada peluang. Utilitas ‘undelete’ yang dimiliki Recuva memiliki peluang besar untuk memulihkannya, selama Anda tidak sering menggunakan PC Anda dalam waktu dekat ini. Recuva adalah program gratis file recovery yang bisa didapatkan di internet. Namun pastikan untuk tidak memilih penawaran gratis untuk Google Chrome dan Google Toolbar selama instalasi. Cara menggunakan Recuva sangat mudah sebab memang memilki antarmuka yang sederhana. Ketika Recuva berjalan, ikuti instruksi di layar dan itu akan memindai hard drive Anda untuk file yang dapat dipulihkan, lalu daftarkan file-file tersebut di jendela yang juga menunjukkan peluang pemulihan untuk masing-masingnya.