Cara Mempercepat Download di Chrome

Untuk bisnis yang mengandalkan web, kecepatan unduhan adalah bagian penting untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi. Kecepatan unduhan Google Chrome tergantung pada beberapa faktor, termasuk aktivitas jaringan lokal dan kecepatan koneksi yang disediakan oleh penyedia layanan Internet. Beberapa penyesuaian dapat dilakukan dari sisi perangkat lunak pada sistem komputer host untuk meningkatkan kecepatan dan memastikan pengunduhan bisa dilakukan secepat mungkin. Berikut cara mempercepat download di Chrome yang dapat dilakukan pengguna.



Buat Chrome Bersih :

1. Klik menu Chrome (tiga batang saling menumpuk) pada bilah tool browser, pilih "setting" dan kemudian klik tautan ""Show advanced settings".

2. Klik kotak dengan tulisan "Predict network actions to improve page load performance". Pilihan ini akan memberi tahu Chrome untuk mengunduh halaman yang sering dikunjungi berikutnya di latar belakang.

3. Buka menu Chrome, arahkan kursor ke "Tools" dan pilih ""Clear browsing data." Centang kotak yang bertanda "Empty the cache"" dan "Delete cookies and other site and plug-in data" dan kemudian pilih "The beginning of time" dari menu drop-down di bagian atas. Klik "Clear browsing data" untuk mengonfirmasi.

4. Buka menu Chrome, arahkan kursor ke "Tools" dan pilih "Extensions." Klik tombol "Remove from Chrome" di sebelah ekstensi apa pun yang tidak digunakan. Hapus ekstensi apa pun yang mungkin berdampak pada kecepatan unduhan, seperti utilitas yang mengunduh informasi atau terhubung ke server di latar belakang.

5. Buka menu Chrome dan pilih "About Google Chrome" untuk memastikan jika Anda menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak browser tersebut. Dengan menggunakan Chrome versi terbaru maka Anda akan mendapatkan perbaikan bug terbaru dan peningkatan kinerja.

Sebagai aturan umum, pastikan sistem operasi Windows sudah mendapatkan pembaruan terkini dan hanya menjalankan program di latar belakang seminimal mungkin saat mengunduh file. Gunakan Windows Task Manager untuk memantau aplikasi dan proses yang terbuka. Jika Anda mengalami masalah serius dengan kecepatan unduhan Chrome, periksa software anti-virus dan firewall untuk memastikan program tersebut diizinkan untuk membuat koneksi masuk dan keluar. Jalankan pemindaian sistem penuh untuk masalah keamanan seandainya infeksi malware mengganggu Chrome. Menghapus instalasi Chrome dan menginstal ulang perangkat lunak menggunakan versi terbaru dari situs web Google Chrome juga dapat memperbaiki masalah kinerja unduhannya. Google Chrome hanya dapat mengunduh file dan halaman secepat yang dimungkinkan oleh jaringan Internet Anda. Gunakan browser alternatif seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox untuk menentukan kecepatan yang dapat Anda harapkan pada suatu sistem. Situs tes kecepatan internet seperti SpeedTest.net juga dapat berguna untuk tujuan diagnosa.

Gunakan Browser Alternatif Berbasis Chrome :

Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat mempercepat unduhan dengan perangkat lunak akselerasi unduhan (seperti Internet Download Manager). Hanya saja program itu tidak selalu gratis dan tidak selalu berfungsi. Ada cara yang jauh lebih mudah yang benar-benar berfungsi. Browser Chrome yang lambat memproses download memang menyebalkan. Misalnya saja ada salah satu pengguna yang mengunduh file ISO 700 MB di Chrome pada jam 1:52 pagi dan selesai pada jam 2:12 pagi atau dibutuhkan waktu 20 menit. Bagaimana cara mempercepat download di Chrome? Hal berbeda terjadi saat mengunduh menggunakan peramban berbasis Chromium bernama Citrio. Hanya perlu 3 menit untuk mengunduh file sebesar 700 MB atau lebih dari 6 kali lebih cepat dari Google Chrome.

Citrio pada dasarnya adalah browser Chrome dengan ekstensi yang sudah diinstal sebelumnya. Salah satu ekstensi tersebut (yang tidak tersedia secara terpisah untuk Chrome) adalah Download Accelerator. Ini adalah bagian dari Download Manager sehingga Anda tidak perlu melakukan apa pun, kecuali untuk memulai unduhan dan itu akan ditingkatkan secara otomatis. Anda dapat menggunakan Akun Google Anda untuk masuk ke Citrio dan semua ekstensi Chrome, bookmark, dan kata sandi Anda akan ditambahkan ke Citrio. Browser ini sepenuhnya dapat menggantikan Chrome.